Home News local 10 Manfaat Dzikir Dan Doa Dalam Sehari-hari yang harus diketahui

10 Manfaat Dzikir Dan Doa Dalam Sehari-hari yang harus diketahui

112
0

Safari Dakwah – Sebagai manusia yang beriman tentu harus memiliki rasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Dalam menjalani kehidupan ini, tentu harus berkelakuan yang baik. Ahlak yang baik harus tetap ditingkatkan bagaimanapun juga. Manusia merupakan perencana yang baik, namun segala keputusan diberikan oleh Allah. Karena itu, ada baiknya untuk anda dapat melakukan amalan dzikir baik berupa dzikir dan doa dalam sehari-hari. Berikut manfaat dzikir dan doa dalam keseharian yang perlu anda ketahui.

Dzikir dan doa merupakan amalan baik yang harus dilakukan oleh semua orang. Mengapa demikian? Jika anda menginginkan hal baik pula maka berbuatlah hal-hal yang baik. Dengan begitu, anda akan menjadi lebih baik dalam menjalani aktivita sehari-hari. Selain itu, manusia sendiri merupakan gudang dari salah. Allah selalu memberikan kemudahan pada umatnya yang ingin bertaubat secara bersungguh-sungguh. Berdoalah hanya kepada Allah untuk segala hal yang baik pada kehidupan. Simak selengkapnya mengenai manfaat dzikir dan doa terlengkap.

Beberapa Manfaat Dzikir Dan Doa Lengkap

Banyak sekali manfaat dari dzikir dan doa untuk sehari-hari. Manfaat yang ada tentu sangat berguna untuk mengembangkan kualitas diri.  Simak dibawah ini manfaat doa dalam kehidupan sehari-hari.

1. Diberikan keridhaan

Semua manusia membutuhkan ridha dari Allah untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Jika tidak, bisa jadi kegiatan yang dijalani akan berakibat buruk. Tentu, hanya orang-orang yang baik dan aktivitas yang baik pula akan di ridha’i oleh Allah. Mendatangkan keridhaan Allah sendiri dapat dengan melaukan dzikir dan doa secara rutin. Lakukan hal tersebut dengan niat dan prosedur yang benar. Allah selalu memberikan kemudahan pada seluruh manusia yang memang mengikuti aturannya. Jangan biarkan diri anda terjatuh dalam lobang kenikmatan duniawi.

2. Menambah rizki

Alangkah baiknya, untuk selalu dapat bersyukur pada setiap kesempatan yang ada. Rasa brsyukur ini dapat dilakukan dengan melakukan dzikir dan doa pada setiap waktu. Semua manusia tentu menginginkan rizki yang melimpah dan membuat dirinya menjadi lebih bermakna. Buatlah hal yang bermanfaat untuk anda jalani dalam sehari-hari. Rizki yang ada akan diberikan secara langsung oleh Allah jika dikehendaki. Maka, cara terbaik untuk meminta rizki yaitu dengan berdoa dan berdzikir dengan benar.

3. Menghilangkan kegundahan hati

Hati merupakan salah satu bagian dari jiwa yang sangat mudah akan terkena goresan. Goresan yang membuat luka pada hati tentu sukar untuk dihilangkan. Manusia memang memiliki batasan untuk rasa sabar yang ada. Karena itu, alangkah baiknya untuk memperbaiki diri dengan tetap menghilangkan gundah dalam hati. Caranya yaitu dengan melakukan dzikir dan doa setiap anda memiliki waktu luang. Hal ini sangat baik untuk membuat diri menjadi lebih sabar dan selalu mengingat akan Allah SWT. Dengan hal ini, maka akan lebih sadar bahwa manusia memang harus memaafkan satu sama lainnya.

4. Mengusir syaitan

Kita semua tahu bahwa dalam menjalani kehidupan ini terdapat beragam makhluk. Makhluk yang baik dan buruk memang sangat mempengaruhi hati manusia. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan syaiton buruk yaitu dengan membaca doa dan dzikir pada setiap kesempatan. Syaitan yang mendengar bacaan dzikir serta doa akan merasakan panas dan tidak mudah untuk mendekat. Jadi, bagi anda yang memang ingin diri untuk terhindar dari syaitan maka wajib untuk melakukan amalan-amalan yang baik. Manfaat dzikir tentu sangat banyak bagi kehidupan.

5. Mendekatkan diri kepada Allah

Banyak cara yang dapat digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah termasuk dengan melakukan dzikir dan membaca doa. Melakukan dzikir pada beberapa waktu yang ditentukan memang terbukti sangat mujarab agar doanya dijabah. Terlebih, bagi yang gemar untuk melakukan shalat pada malam hari maka wajib untuk melakukannya setelah shalat. Terbukti doa yang dipanjatkan sangat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

6. Menghilangkan kesedihan

Kesedihan kerap hadir pada setiap hati umat manusia. Berbagai macam faktor yang ada memang membuat diri menjadi sedih dengan lebih cepat. Untuk meredakan kesedihan ini idak cukup hanya bersenang-senang saja. Mungkin, dengan bersenang-senang anda akan menghilangkan kesedihan namun hanya sedikit saja. Cara yang tepat yaitu dengan membaca doa dan dzikir secara rutin. Kegundahan dalam ahti akan menjadi lebih mudah dihilangkan dan tidak akan kembali lagi. Tentu, hal ini menjadi prioritas yang lebih diunggulkan lagi.

7. Menambah rasa percaya diri

Sudah pasti anda pernah melihat seseorang sebelum melakukan kegiatan ataupun aktivitasnya akan membaca doa terlebih dahulu. Ternyata, manfaat doa sendiri sangat baik untuk menambah rasa percaya diri pada setiap orang. Mereka yang membaca doa akan merasa lebih nyaman dan kuat untuk menghadapi hal tersebut. Tidak jarang, banyak sekali ide dan inovasi terbaru yang dikeluarkan dari adanya rasa percara diri tersebut. Allah selalu membekali hal yang baik kepada mereka yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.

8. Menyingkirkan segala ketakutan

Ketakutan yang terdapat pada diri setiap orang memang harus dapat dihindari. Bagaimana dalam menjalani kehidupan dengan baik jika terdapat ketakutan pada dirinya? Tentu, cara yang tepat untuk menghindari ketakutan ini dengan membaca doa dan melakukan dzikir setiap waktu. Manfaat dzikir serta doa dalam keseharian akan sangat membantu anda untuk tetap tenang dalam menjalani aktivitas yang ada. Selalu percaya kepada perlindungan dari Allah SWT. Jangan biarkan kegundahan dalam hati dan pikiran menjadi penghalang untuk lebih manju.

9. Di ampuni dosanya

Manusia tentu selalu memiliki salah meskipu terkadang diri sendiri tidak melihatnya secara langsung. Kesalahan secara tidak sengaja ini sering diakibatkan karena adanya kesenjangan pada beberapa orang. Jika anda tidak merasa melukai hati seseorang maka tetaplah untuk memohon akan maaf yang diberikan oleh Allah. Sesungguhnya, Allah maha pengampun akan segala dosa yang telah diperbuat. Namun, setelah melakukan dosa tersebut anda tidak diperbolehkan lagi untuk mengulanginya. Bagaimana mungkin seseorang ingin mengulangi dosa yang sama. Seharusnya lebih bisa berpikir akan dirinya untuk lebih bermanfaat.

10. Kontrol emosi

Sebagai manusia yang beragama islam, maka diwajibkan untuk berpelikau dengan akhlak yang baik. Akhlak yang baik ini harus ditunjukan dalam keseharian. Selain itu, tidak disarankan untuk merusak diri dengan melakuakn kontrol emosi yang kurang baik. Terlebih bagi orang dewasa yang harus lebih pintar dalam mengolah diri. Islam selalu mengajarkan hal kebaikan kepada setiap umatnya. Bacalah dzikir dan doa setiap waktu, niscaya akan lebih mudah dalam kontrol diri.

Usai sudah pembahasan mengenai manfaat dzikir dan doa dalam sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang diberikan untuk keseharian. Maka dari itu, tetaplah berdoa dan berdzikir untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here