Home Haji & Umroh 10 Tips Menjaga Kesehatan Selama Haji Yang Wajib Anda Perhatikan

10 Tips Menjaga Kesehatan Selama Haji Yang Wajib Anda Perhatikan

181
0

Safari DakwahTips menjaga kesehatan selama haji merupakan salah satu informasi penting dan wajib diketahui oleh calon jamaah haji. Terlebih cuaca di tanah suci dengan di Indonesia berbeda jauh, hal inilah yang menjadi faktor penting agar anda selalu menjaga kesehatan. Kelembaban udara d tanah suci yang rendah, kering dan panas biasanya akan membuat terjadinya permasalahan pada saluran pernafasan atas. Terlebih dalam ibadah haji sendiri sering mengucakan lafal baik yang akan membuat tenggorokan anda menjadi semakin kering.

Untuk itu sebelum anda berangkat beribadah haji, maka anda perlu menyiapkan beberapa hal penting untuk dibawa selama beribadah haji. Baik dari segi fisik, finansial, tingkah laku, dan masih banyak lainnya. Bukan hanya itu saja selama anda berada di tanah suci menjaga kesehatan adalah faktor utama yang harus anda perhatik22an. Dengan kondisi badan yang sehat akan memudahkan anda dalam melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah haji. Nah berikut akan kami berikan beberapa tips menjaga kesehatan selama haji.

10 Tips Menjaga Kesehatan Selama Haji Yang Wajib Anda Perhatikan

Terdapat beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama beribadah haji, untuk ulasan lengkapnya sudah kami rangkum dalam pembahasan dibawah ini.

1.Istirahat yang cukup

Padatnya jadwal kegiatan selama beribadah haji, tentunya kondisi fisik anda juga akan mengalami perubahan. Dimana anda di tuntut untuk memiliki fisik yang bagus selama beribadah haji. Mungkin hal ini sudah di antisipasi pemerintah dalam mensyaratkan calon jamaah haji untuk mengecek kesehatan terlebih dahulu sebelum berangkat haji. Walaupun begitu masih bisa saja terjadi suatu kondisi yang tidak di inginkan, nah untuk itu penting sekali agar anda memberikan waktu istirahat dengan bijak. Sehingga istirahat yang anda dapatkan lebih dari cukup.

2. Perbanyak untuk mengonsumsi air putih

Sudah banyak penelitian dilakukan terhadap khasiat dari air putih, dan hasil yang di dapat bisa dibilang sangat baik untuk menjaga kesehatan kita. Terlebih seperti yang kita ketahui cuaca di tanah suci terbilang sangat panas, dengan cuaca panas tersebut akan membuat tenggorokan anda semakin kering. Nah untuk menghindari terjadinya dehidrasi dan penurunan daya tahan tubuh, kami sarankan agar anda memperbanyak minum air putih. Akan lebih baik lagi jika anda mengonsumsi air putih hangat.

3. Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Tapi perlu di ingat agar mengonsumsi buah dan sayuran yang benar-benar di sarankan untuk kesehatan anda. Karena memang mungkin ada salah satu jenis buah dan sayuran yang akan membuat tubuh anda alergi. Untuk itu penting sekali mengetahui jenis makanan apa yang baik untuk tubuh. Tapi kami sarankan agar anda lebih banyak mengonsumsi buah yang terdapat cairan seperti jeruk, hal ini ditujukan juga untuk menghindari terjadinya dehidrasi tubuh.

4. Hindari makanan yang berminyak

Makanan berminyak merupakan salah satu jenis makanan yang sangat tidak di sarankan dikonsumsi berlebih. Karena memang makanan berminyak sendiri akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan anda. Begitu juga ketika anda melakukan ibadah haji, maka hindarilah beberapa makanan yang mengandung minyak. Hal ini sekali lagi ditujukan untuk tetap menjaga kondisi fisik anda tetap bugar dan bisa melakukan serangkaian ibadah haji sampai dengan selesai.

5. Makan secara teratur

Jika sebelumnya anda harus menghindari makanan yang berminyak bukan berarti anda harus meninggalkan waktu makan. Karena makan sendiri sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan selama berhaji. Dengan makan secara teratur akan membuat asupan nutirisi bisa mengalir ke dalam tubuh dan tubuh anda juga akan terjaga. Terlebih selama melakukan kegiatan haji, dibutuhkan energy yang ekstra. Dan sumber energy yang bisa kita dapat yaitu berasal dari makanan. Untuk itu anda perlu menerapkan pola makan secara teratur selama haji.

6. Hindari makanan yang terlalu panas dan dingin

Walaupaun makanan adalah sumber energy yang pertama untuk tubuh, tapi perlu di ingat selama anda melakukan ibadah haji. Maka tidak di sarankan untuk mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Karena memang hal ini malah akan membuat kondisi tubuh anda menjadi kurang stabil. Sebaiknya anda makan dengan sayuran, buah, dan makanan yang memiliki tingkat nutrisi tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tersebut akan membuat fisik anda menjadi kuat lagi.

7. Membuat sirkulasi udara yang cukup

Seperti yang sudah kami singgung sedikit di atas, jika kondisi cuaca di tanah suci berbeda jauh dengan cuaca di Indonesia. Salah satunya adalah sirkulasi udara yang kering, rendah, dan panasa. Untuk itu anda perlu membuat sebuah sirkulasi udara yang cukup, dalam hal ini anda bisa mendapatkan udara baik pada saat pagi hari dengan cara membuka jendela kamar. Karena memang waktu pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk mendapatkan udara segar.

8. Hentikan kebiasaan merokok

Siapa sih yang tidak mengetahui bahaya merokok, pastinya semua masyarakat di Indonesia sudah mengetahui bahaya merokok. Tapi anehnya masih banyak orang yang susah untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Tapi bagi anda yang ingin berangkat haji, kami sarankan agar anda berhenti dari kebiasaan merokok terlebih dahulu sampai dengan proses haji telah anda selesaikan. Hal ini ditujukan untuk membuat saluran pernafasan anda menjadi lebih baik, karena tidak terpengaruh adanya nikotin dalam tubuh.

9. Periksakan kesehatan ke posko layanan kesehatan jamaah haji

Tips menjaga kesehatan selama berhaji selanjutnya yaitu dengan cara mengecek kesehatan ke posko pelayanan kesehatan jamaah haji yang sudah di sediakan. Biasanya akan ada banyak sekali posko kesehatan yang ditawarkan kepada jamaah haji selama proses kegiatan haji berlangsung. Untuk itu anda perlu memanfaatkan fasilitas ini guna memenuhi kebutuhan fisik anda tetap terjaga.

10. Membawa obat-obat pribadi

Tips terakhir untuk menjaga kesehatan selama haji yaitu dengan cara membawa obat-obatan pribadi bagi yang  mengalami penyakit khusus. Tentunya hal ini perlu anda siapkan dengan betul sebelum anda berangkat haji. Karena memang mungkin saja di posko pelayanan kesehatan tidak tersedia jenis obat yang anda butuhkan. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut anda boleh membawa obat-obatan pribadi tersebut selama proses berhaji.

Menjaga kesehatan selama berhaji adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Semoga informasi tips menjaga kesehatan selama haji yang sudah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here