Home Islami 11 Cara Mendidik Anak Secara Islami Yang Wajib Diketahui Orangtua

11 Cara Mendidik Anak Secara Islami Yang Wajib Diketahui Orangtua

155
0

Safari Dakwah – Perkembangan zaman dan teknologi saat ini sangat berpengaruh sekali terhadap akhlak anak, untuk itu penting sekali agar anda mengetahui bagaimana cara mendidik anak secara islami. Karena memang hal ini sangat dibutuhkan sekali guna menghasilkan penerus bangsa yang bermartabat dan tentunya berkarakter. Jika anda menginginkan seorang anak islami yang baik tingkah lakunya, maka mulai sejak dini anda harus mendidik anak.

Bahkan ada beberapa orang yang berpendapat bahwa pendidikan anak itu bisa dilakukan ketika masih dalam kandungan. Karena memang seperti peribahasa mengatakan bahwa buah tidak akan jauh dari pohonnya. Maksud dari kata ini yaitu seorang anak tidak akan jauh berbeda dengan orangtuanya. Pastinya semua orangtua menginginkan seorang anak yang bisa lebih dari mereka saat ini. Nah untuk menunjang hal tersebut ketahui cara mendidik anak secara islami berikut ini.

11 Cara Mendidik Anak Secara Islami Yang Wajib Diketahui Orangtua

Terdapat beberapa cara mendidik anak secara islami yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelas dan lengkapnya silakan anda simak pembahasan dibawah ini.

1. Berhati-hati dalam memilih istri

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, jika seorang anak tidak akan jauh berbeda dengan orangtuanya. Hal ini berarti bahwa anda harus lebih hati-hati lagi dalam memilih seorang pasangan. Karena memang seorang pasangan sangat penting sekali dalam sebuah keluarga. Terlebih seorang istri yang tugasnya untuk selalu mengurusi anak. Dimana dalam perkembangan anak sendiri akan cenderung berpihak terhadap kelakukan dari sang ibu.

2. Selalu berdoa kepada Allah agar dikaruniani anak yang shalih

Memohon dan berdoa kepada Allah agar dikaruniai seorang anak yang baik dan shalih adalah rutinitas para Nabi dan Rasul setiap harinya. Tentu sudah sepantasnya jika kita sebagai muslim untuk terus berdo’a agar diberikan anak yang shalih. Dan ada baiknya anda melakukan doa ini sebelum anda memulai rumah tangga. Karena memang dengan banyak berdo’a akan membuat hidup kita menjadi lebih berkah lagi.

3. Memohon pertolongan kepada Allah agar bisa mendidik anak dengan baik

Ini merupakan hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin mendidik anak. Selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT agar anda bisa mendidik anak dengan baik. Karena memang mau sekuat apapun kita berusaha mendidik anak menjadi baik, jika tidak ada pertolongan dari Allah usaha anda tidak akan berhasil. Untuk itu selingkan do’a di setiap waktu, terutama sehabis shalat wajib untuk meminta pertolongan dalam mendidik anak.

4. Selalu berdo’a untuk kebaikan anak dan tidak melaknatnya

Mungkin untuk hal ini sudah sering anda lakukan, karena memang pasti semua orang tua menginginkan anaknya jauh lebih baik dari mereka. Selain itu do’a orang tua merupakan salah satu do’a yang paling mustajab. Untuk itu perlu di ingat bahwa anda harus mendoakan yang terbaik untuk anak, walaupun dalam hal ini tingkah laku anak buruk sekali. Tapi anda harus mendoakan hal-hal baik untuk anak, dan jangan pernah sekali-kali berdoa untuk kejelekkan anak.

5. Memberikan nama dan julukan yang baik kepada anak

Cara didik anak secara islami selanjutnya yaitu memberikan nama dan julukan yang baik kepada anak. Banyak orang yang berpendapat bahwa nama adalah salah satu hal yang membawa keberuntungan. Untuk itu berilah anak dengan nama yang memiliki arti baik, karena nama tersebut sama saja dengan sebuah do’a. jadi ketika anda memberikan nama yang baik, berarti anda mendoakannya untuk bisa berperilaku sesuai dengan namanya.

6. Menanamkan keimanan dan akidah kepada anak

Menanamkan keimanan serta akidah sejak dini kepada anak sangatlah penting. Terlebih di usia anak-anak masih sangat mudah terpengaruh oleh orang lain. Untuk itu penting sekali agar anda mengajarkan anak tentang keimanan dan aqidah. Salah satu contohnya yaitu dengan mengajarkan untuk membaca dua kalimat syahadat kepada anak. Selain itu anda juga harus bisa mencontohkan hal baik kepada anak.

7. Menjauhkan anak dengan akhlak tercela diikuti dengan teladan baik orangtua

Ini merupakan salah satu hal yang sangat penting sekali untuk anda perhatikan. Terlebih dengan kemajuan dunia teknologi saat ini, anak akan dengan mudah mendapatkan segala sesuatu. Untuk itu penting sekali agar anda menjauhkan hal-hal yang tidak baik kepada anak. Selain itu orangtua juga harus mengajarkan kepada anak agar menjauhi sifat sifat yang sangat tercela, seperti berbohong, iri, khianat, dengki, dll. Tapi perlu di ingat bahwa hal ini harus di imbangi dengan contoh perilaku orangtua juga. Karena di usia yang masih kecil, anak akan cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

8. Memberikan kesibukan alternative yang sesuai dengan anak

Memberikan edukasi kepada anak sejak dini akan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan otak anak. Bagi anda orang kreatif, biasanya anda akan memanfaatkan waktu luang untuk memberikan edukasi kepada anak seperti belajar. Namun belajar disini bukan berarti harus membaca, menulis, dll. Tapi anda bisa memanfaatkan teknologi saat ini untuk memberikan edukasi kepada anak, banyak sekali cara yang bisa anda lakukan seperti memberikan permainan berbasis edukasi untuk anak. Karena anak-anak cenderung lebih menyukai permainan.

9. Membiasakan anak untuk bangun diakhir malam

Seperti yang kita ketahui jika waktu sepertiga malam adalah waktu terbaik untuk berdo’a kepada Allah SWT. Karena pada waktu-waktu tersebut adalah waktu yang paling mulia. Untuk itu anda perlu mengajarkan kepada anak agar dibiasakan bangun diakhir malam. Tapi hal ini harus di imbangi dan perlu contoh dari orangtuanya. Karena memang kebanyakan anak akan melakukan sesuatu jika bersama dengan orangtuanya. Anda tidak perlu setiap malam bangun, melainkan dalam satu waktu usahakan agar bangun malam bersama dan menunaika shalat tahajjud.

10. Tidak membesarkan masalah dan memberi kesempatan kepada anak jika bersalah

Cara islam mendidik anak  selanjutnya yaitu anda sebagai orangtua tidak boleh membesar-besarkan masalah yang kecil. Karena memang setiap manusia tidak akan pernah lepas dari kesalahan, terlebih bagi anak yang masih membutuhkan bimbingan. Dalam hal ini jika anak anda berbuat kesalahan, coba berilah saran dan kesempatan untuk anak agar memperbaiki kesalahannya. Dengan begitu anak bisa menyadari kesalahan yang dilakukan, dan bisa mengetahui mana hal yang baik dan mana yang buruk.

11. Memperhatikan kesehatan dan pendidikan anak di dunia maupun ahkhirat

Saat ini kerap kali dijumpa banyak orangtua yang sudah melalika tugasnya untuk merawat anak. Padahal kesehatan anak sangat penting sekali untuk diperhatikan, selain itu anda harus mengajarkan kepada anak hal-hal yang baik. Karena memang anak adalah anugrah terindah yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita jaga. Dengan pendidikan yang baik diharapkan bisa menghasilkan anak yang shalih, karena do’a anak yang shalih adalah do’a yang paling di ijabah oleh Allah SWT.

Bagaiamana sudah paham bukan cara mendidik anak secara islami? Semoga informasi yang kami berikan diatas bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika anda sudah memiliki anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here