Home News local 5 Amalan Sunnah Di Pagi Hari Penambah Pahala

5 Amalan Sunnah Di Pagi Hari Penambah Pahala

109
0

Safari Dakwah – Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperoleh banyak amalan dalam kehidupan ini. Manusia tentu harus lebih bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan olehNYa. Hal ini sangat penting untuk membuat manusia menjadi lebih sadar apa yang seharusnya diperbuat dan tidak berlaku dalam sombong. Amalan yang sunnah tentu akan sangat membantu dalam menyempurnakan kehidupan ini. Selalu memperbaiki kualitas dari diri akan menjadi bekal yang baik di akhirat dengan menjalani amalan setelah shubuh waktu pagi hari. Kami akan mengulas dengan lengkap amalan sunnah di pagi hari.

Sebagai umat islam tentu sudah memahami banyak hal yang berkaitan dengan amalan sunnah pagi hari ini. Mengenai hal ini, maka harus di ketahui pula bahwa semua yang ada di dunia hanyalah titipan. Semua manusia tetap harus memberikan kualitas diri yang lebih baik lagi. Amalan dan akhlak yang dijalankan haruslah baik dan penuh pada kebaikan. Semua orang yang melakukan kebaikan maka akan memperoleh barokah pagi yang baik pula. Allah SWT selalu melindungi dan meridha’i kaumnya yang berbuat bak pada sesama. Simak  ulasan lebih lengkapnya mengenai amalan sunnah di pagi hari.

Beberapa Amalan Sunnah Di Pagi Hari

Dengan melakukan amalan sunnah di pagi hari, hidup akan menjadi lebih nyaman dan tentran untuk dijalaninya. Berikut beberapa amalan di pagi hari yang dapat anda coba.

1. Membaca Do’a bangun tidur

Semua umat muslim dianjurkan untuk selalu bersyukur akan segala hal yang diberikan. Setiap bangun di pagi hari tentu harus lebih bersyukur akan segala nikmat diberikan. Bayangkan saja apa yang dirasakan saat masih dalam kondisi terlelap dengan nikmat. Maka suatu kenikmatan pula masih dapat menjalani kehidupan ini untuk menjadi lebih baik lagi. Dimana hal ini harus tetap dilakukan secara rutin dan benar. Bahkan, Nabi Muhammad SAW selalu mengucapkannya dalam setiap bangun dari tidurnya.

Dengan membaca doa setelah bangun tidur maka akan lebih menghargai kehidupan dalam dunia ini. Dimana Allah SWT akan selalu membantu umatnya yang menjalankan amalan-amalan baik dengan rutin. Adapun bunyi dari doa ini sebagai berikut :

“Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.”

Memiliki artian : “ Segala puji bagi Allah SWT yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan.”(HR.Al-Bukhari)

2. Mengusap wajah atas bekas tidur

Sunnah berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengusapkan tangan pada bekas tidur di daerah wajah. Hal ini tentu sangat baik untuk dilakukan karena mengingat baik pula atas kebersihan. Dimana, setelah tertidur maka manusia akan menjalanni kehidupan kembali. Karena itu, alangkah baiknya untuk lebih memaknai hidup dengan bersyukur kepada Allah SWT dengan cara membaca doa dan mengusapkan tangan ke wajah.

Mengusapkan tangan ke wajah tentu memiliki arti yang baik dalam kehidupan ini. Amalan yang baik tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Terlebih untuk menjaga kesehatan ini menjadi lebih baik. Hadir dari Rasulullah SAW :

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya.” (HR. Muslim)

Dengan begitu, tentu sudah sangat jelas bahwa banyak sekali keistiwaan yang akan didapatkan dari menjalankan amalan sehari-hari tersebut. Lebih baik memanfaatkan waktu untuk menjadi hal yang lebih bermanfaat.

3. Menggosok gigi di pagi hari

Banyak yang masih beranggapan bahwa menggosok gigi dapat dilakukan secara berbeda. Meskipun begitu, faktanya justru hal ini menjadi amalan sunnah yang baik untuk kehidupan. Dimana setelah melakukan tidur maka akan ada kotoran yang kemungkinan berada di dalam ruang mulut. Begitu bangun dari tidur, usahakan untuk dapat menggosok gigi secara rutin. Namun, masih banyak sekali masyarakat yang beranggapan bahwa lebih baik menggosok gigi pada saat setelah selesai dari mengkonsumsi makanan.

Di jaman dahulu, menggosok gigi sendiri lebih dikenal dengan bersiawak untuk membersihkan ruang mulut yang kotor. Karena dengan menggosok gigi maka akan memberikan banyak hal yang berkaitan dengan kebersihan pada diri. Tentu, sangat baik untuk membersihkan area sekitar mulut. Selain itu, dengan menggosok gigi maka akan lebih baik untuk terhindar dari penyakit yang mungkin saja dapat hinggap dalam diri anda. Karena itu, langkah yang baik yaitu dengan menggosok gigi di pagi hari.

4. Melakukan instintsar

Instintsar merupakan proses dimana menghirup air melalui hidng untuk kemudian mengeluarkannya kembali. Kesucian dalam diri seseorang tentu sangat penting untuk menunjang kesehatannya. Umat manusia tentu harus menjalankan amalan-amalan yang baik dalam kehidupan ini. Dengan melakukan instinstar maka akan lebih bersih dan terhindari dari hal-hal yang buruk. Instintsar sendiri sangat memberikan kenyamanan dan keamanan dalam jiwa manusia untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi.

Instinstar sendiri merupakan salah satu bagian dari wudhu yang dilakukan setelah berkumur-kumur. Dengan begitu, sudah jelas sekali bahwa banyak sekali keistimewaan yang diberikan untuk kehidupan ini. Rasulullah SAW bersabda :

“ Apabila seorang di antara dari kalian bangun tidur, maka alangkah baiknya untuk beristinstsar tiga kali. Karena sesungguhnya syaitan bermalam di ujung rongga hidung”(Muttafaq’allaih)

Dengan hal tersebut, tentu anda harus memahami dengan benar bagaimana amalan yang ampuh setelah bangun dari tidur. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memperoleh banyak kemuliaan dari Allah SWT. Jangan lupakan hal-hal yang baik dalam menjalani kehidupan ini agar menjadi lebih bermakna lagi. Tentu, gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya agar selalu nyaman dan aman menjalani kehidupan ini.

5. Berdoa dan Berdzikir

Pagi hari merupakan waktu yang paling baik untuk mendapatkan kemuliaan dan banyak lainnya dari Allah SWT. Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas diri yaitu dengan berdoa dan berdzikir pada pagi hari. Bagi mereka yang berdoa pagi hari tentu akan mendapatkan keistimewaan dalam menjalani kehidupan ini. Dimana selalu diberikan kelancaran dalam rejekinya serta dimudahkan akan urusannya oleh Allah SWT. Amalan sunnah ini memang baik untuk dikerjakan bagi mereka yang memiliki waktu luang. Sesuatu yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Banyak sekali bacaan doa maupun dzikir yang dapat dilakukan untuk memberikan ilmu dengan lebih baik lagi. Dengan membaca dzikir pagi hari maka doa yang dipanjatkan semakin lebih dijabah oleh Allah SWT. Amalan yang baik ini dapat dilakukan saat pagi hari setelah menjalankan shalat fardhu maupun shalat sunnah. Manusia tentu harus menjadi pribadi yang selalu sadar diri akan kuasa dari Allah SWT.

Usai sudah pembahasan mengenai amalan sunnah di pagi hari yang dapat ditekuni. Sebagai muslim yang baik tentu harus memahami hal ini agar dapat menjadi pribadi yang lebih berkualitas lagi. Semoga artikel diatas bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here