Sahabat safari dakwah yang mulia. Setiap muslim atau muslimah yang ingin menikah tentu harus tahu rukun-rukun nikah. Sebab, dalam syariah Islam perbuatan atau amal ibadah berarti bisa dikatakan sah atau tidaknya perbuatan tersebut dari segi hukumnya. Seperti rukun nikah dalam Islam adalah syarat sahnya pernikahan safari dakawah akan menjelaskan tentang 5 Rukun Nikah Dalam Islam yang wajib kita ketahui sebelum menikah.

Karena rukun nikah itu sesuatu hal yang sangat penting dan urgent, jadi rukun nikah itu ada berapa sih? Berikut kami akan paparkan dan jelaskan uraian tentang 5 rukun nikah dalam Islam.

  1. Calon Pengantin Laki-laki

Adanya calon pengantin pria atau calon suami merupakan rukun nikah. Adanya calon suami bagi wanita harus memperhatikan dan dipastikan bahwa tidak ada hal-hal yang menghalangi ia secara syar’i untuk menjadi calon pengantin.

  1. Calon Pengantin Perempuan

Rukun nikah selanjutnya adalah adanya calon istri. Pun seperti dengan calon suami, adanya calon istri ini harus dipastikan betul tidak ada hal-hal yang menghalangi dan yang membuat terlarang secara syar’i untuk menikah.

  1. Wali Nikah

Wali dalam pernikahan merupakan hal yang juga sangat penting. Hal ini bisa kita lihat dalam hadits Rasululullah Sholalahu Alaihi Wasalam :

“Wanita mana saja yang menikah tanpa izin wali-walinya maka nikahnya batil, nikahnya batil, nikahnya batil.” (HR. Abu Dawud no. 2083)

  1. Dua orang Saksi

Dalam pernikahan, adanya saksi ini juga merupakan sebuah keharusan. Saksi dalam pernikahan merupakan rukun pelaksanaan akad nikah. Dan tiap pernikahan harus dipersaksikan oleh dua orang saksi.  Menyaksikan secara langsung akad nikah dan berada di tempat akad nikah dilangsungkan.

  1. Ijab dan Qabul

Adanya ijab dan qabul merupakan rukun dari pernikahan.  ini merupakan hal yang menandai adanya akad pernikahan. Ijab adalah lafadz yang diucapkan oleh wali atau orang yang menggantikan wali. Sedang qabul adalah lafadz yang diucapkan oleh calon suami atau wakilnya.

Inilah 5 rukun nikah dalam Islam. Kita bisa lihat bahwa prosesi atau persiapan pernikahan dalam Islam itu sangatlah mudah, karena sesungguhnya pernikahan itu sesuatu yang dicintai Allah dan RasulNya, dan merupakan jalan hidup (sunnah) Rasululllah Sholalahu Alaihi Wasalam.