Home Islami 6 amalan dzikir setelah shalat tahajud

6 amalan dzikir setelah shalat tahajud

119
0

Safari Dakwah – Sholat sunnah Tahajud merupakan shalat yang memiliki banyak sekali keistimewaan. Shalat ini dilakukan pada sepertiga malam dan dikerjakan setelah melakukan shalat isya. Bagi beberapa orang yang sering melakukan shalat tahajud tentu merasakan hal yang lebih baik dalam kesehariannya. Untuk banyaknya rakaat yang dikerjakan sendiri tergantung dari anda ingin melakukannya, namun minimal 2 rakaat. Namun, untuk memanfaatkan waktu luang setelah melakukan shalat tahajud sendiri dapat dengan melakukan amalan dzikir. Simak ulasan lebih lengkapnya amalan dzikir setelah shalat tahajud.

Hukum dari mengerjakan shalat tahajud ini sunnah dan tidak berdosa bila tidak mengerjakan. Namun, karena keistimewaanya itulah yang membuat shalat ini lebih banyak dilakukan oleh umat muslim Sebagai ibadah tambahan setelah mengerjakan shalat malam, maka anda dapat melakukan amalan yang sesuai pada waktunya. Amalan yang cukup mudah yaitu dengan melakukan dzikir setalah shalat malam. Dzikir di waktu pagi hari ini terbukti sangat mujarab ketika anda ingin bercerita langsung kepada Allah SWT. Berikut amalan dzikir setelah shalat tahajud yang dapat anda lakukan.

Amalan Dzikir Setelah Shalat Tahajud Terlengkap

Terdapat beberapa amalan yang dapat anda gunakan untuk mengisi waktu luang selepas tahajud. Berikut lebih lengkapnya amalan dzikir setelah tahajud.

1. Dzikir Tasbih

Berdzikir pada pagi hari memang memiliki kelebihan yang sangat baik. Salah satunya yaitu berguna untuk membuat hati menjadi jauh lebih nyaman dan aman. Dzikir tasbih sendiri memiliki bacaan berupa “ Subhanallah” yang berarti bahwa Maha Suci Allah. Untuk berdzikir langsung ditujukan kepada sang pencipta membuat diri kita menjadi lebih berkualitas dan dapat mengerti kesalahan yang selalu diperbuat. Menggunakan dzikir ini sangat cocok bagi umat muslim yang memang ingin memperbaiki kualiats dari diri sendiri. Jangan sampai, tidak memiliki waktu untuk bertaubat. Sesungguhnya, Allah maha menerima segala taubat umatnya.

Dzikir sesudah shalat dapat dilakukan secara rutin. Untuk banyaknya bacaan yang dilakukan sendiri minimal 20x dan dapat dilakukan sebanyak mungkin. Yang terpenitng yaitu tetap niat dan berfokus kepada apa yang sedang dijalankan. Selain itu, berdoalah untuk yang terbaik pada diri sendiri dan keluarga.

2. Dzikir takbir

Pada pagi hari,sudah pasti banyak orang yang tertidur dengan pulas. Faktanya, melakukan shalat tahajud merupakan keistimewaan yang sunaah untuk dilakukan. Shalat ini memiliki banyak sekali manfaatnya baik di dunai maupun diakhirat. Terutama pada anda yang ingin emnajlankan aktivitas dengan baik maka harus rutin melakukan shalat tahajud. Setelah melakukan shalat malam tersebut, ada baiknya untuk melakukan amalan baik. Amalan yang mudah dilakukan setelah shalat malam yaitu dengan berdzikir. Dzikir setelah tahajud dapat dilakukan dengan mudah. Bacaan dari dzikir ini yaitu “ Allahu Akbar” yang berarti Allah Maha Besar.

Allah maha besar akan segala kuasanya terlebih untuk kehidupan yang anda jalani. Semua manusia tentu akan kembali kepadanya dan harus memiliki bekal yang baik. Dengan melakukan dzikir takbir setelah shalat tahajud maka anda akan semakin lebih baik dan terus berkembang menjadi manusia yang berkualitas. Untuk membaca dzikri ini setidaknya 30 kali dan dapat dilebihkan. Selalu gunakan waktu yang ada untu hal lebih bermanfaat !

3. Dzikir istighfar

Melakukan dzikir istighfar sangat penting untuk membuat hati anda semakin lebih tenang dan menghilangkan hal-hal yang buruk. Dzikir ini dapat anda lakukan setelah menjalankan ibadah shalat tahajud. Rasulullah SAW kerap kali melakukannya untuk membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang dan mudah untuk kontrol emosi. Bacaan dari dzikir istighfar yaitu “Astagfirullohal’Adzim” yang memiliki arti Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung. Semua manusia tentu tidak lepas dari yang namanya dosa, karena itu alangkah baiknya untuk dapat dapat memohon ampunan akan segala kesalahan yang mungkin tidak sengaja diperbuat.

Waktu yang tepat saat berdzikir yaitu saat pagi hari dimana banyak manusia lain terlelap dalam tidurnya. Bacaan ini jika rutin dilakukan maka akan sangat membantu untuk memberikan kualitas diri menjadi lebih baik. Sebanyak-banyaknya dosa yang ada maka akan tetap diberikan ampunan yang baik.  Lakukan isitgfar ini setiap waktu minimal 40x bacaan setiap hari agar lebih tenang. Lakukan dzikir setelah shalat hajat berupa istighfar ini.

4. Dzikir tahlil

Mungkin sudah banyak yang mengenal dzikir tahlil. Dengan melakukan dzikir banyak sekali manfaat yang akan didapatkan termasuk dengan pahala dalam kehidupan ini. Setelah melaksanakan shalat malam, hendaknya menjalankan amalan yang baik dan berguna untuk diri dan umatnya. Dikir tahlil sangat baik anda lakukan setelah shalat tahajud. Dengan berdzikir ini, maka akan dijauhkan dari segala hal buruk yang mungkin terjadi pada diri sendiri. Tentu semua orang selalu menginginkan kebaikan terdapat pada dirinya. Bacaan dari dzikir tahlil yaitu “ La ilaaha illallah” berarti tidak ada tuhan selain Allah.

Membaca dzikir ini hendaknya dilakukan dengan niat dan sungguh-sungguh dalam menghayatinya. Anda harus percaya dengan Allah dan menjauhi segala larangan yang diberikan. Jangan sampai. Larangan tersebut dibiarkan begitu saja dan merusak moral diri sendiri. Anda dapat mengamalkan dzikir ini secara rutin minimal 20x setiap kali shalat malam. Dijamin, kehidupan anda akan menjadi lebih baik lagi dan berjalan dengan benar.

5. Dzikir tahmid

Salah satu bacaan setelah shalat tahajud yaitu dzikir tahmid. Setiap manusia harus selalu bersyukur akan nikmat yang diberikan. Termasuk dengan nikmat sehat dan kehidupan yang dijalani. Mengerjakan shalat malam sendiri merupakan salah satu nikmat yang dapat anda lakukan. Kebanyakan orang sangat ingin dapat melaksanakanya, namun justru kesehatan yang tidak kuat. Karena itu, rasa bersyukur kepada nikmat yang diberikan tetap harus ditingkatkan. Caranya dengan melakukan amalan dzikir tahmid. Bacaan dari dzikir tahmid ini “ Alhamdulilah” Berarti segala puji bagi Allah atas nikmat yang diberikan.

Dengan bersyukur, anda akan lebih mempelajari rasa nikmat yang diberikan. Jangan sampai, nikmat yang diberikan begitu anda anggap sepele dan tidak bermanfaat. Jika sudah seperti itu, maka hanya akan ada keburukan yang didapatkan. Sebaik-baknya manusia merupakan mereka yang mau bersyukur atas sekecil apapun nikmat yang diberikan. Bacalah dzikir tahmid setelah shalat malam minimal 20x untuk kelancaran dalam menjalani aktivitas.

6. Dzikir Shalawat Nabi Muhammad SAW

Sesama muslim, alangkah baiknya untuk mendoakan semua nabi dan rasul maupun seluruh umat. Berdzikir merupakan salah satu langkah terbaik untuk membantu mendoakan yang terbaik dalam kehidupan ini. Dzikir shalawat Nabi Muhammad SAW yaitu “ Allahaumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa’ala ali sayydina muhammad”. Setidaknya, bacalah dzikir ini minimal 50x setiap anda melakukan shalat tahajud. Banyak sekali kebaikan yang akan anda dapatkan dengan melakukan dzikir setelah shalat sunnah tahajud.

Itulah beberapa amalan dzikir setelah shalat tahajud yang dapat anda lakukan. Semua amalan tersebut tentu sangat baik dan dapat dilakukan secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat !

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here