Home Islami 6 Keutamaan Shalat Sunnah, Semua Wajib Baca !

6 Keutamaan Shalat Sunnah, Semua Wajib Baca !

93
0

Safari Dakwah – Shalat merupakan kewajiban bagi umat islam dan harus dilakukan. Semua umat beragama islam wajib hukumnya untuk melaksanakan shalat. Karena shalat merupakan bagian dari kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Jika seseorang meninggalkan shalat , maka akan mendapatkan dosa yang besar. Shalat sendiri memiliki 5 waktu yang harus dikerjakan setiap harinya. Selain itu, terdapat pula shalat sunnah yang dapat dikerjakan untuk menambah amalan baik. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari menjalankan shalat sunnah. Berikut keutamaan shalat sunnah yang perlu anda baca.

Shalat sunnah dapat untuk dijadikan sebagai rutinitas jika memang memiliki kondisi yang baik. Tentu shalat ini sangat baik untuk menutupi kekurangan dari diri setiap orang. Setiap manusia yang hidup didunia tidak lepas dari kekurangannya. Memahami mengenai kekurangan pada diri masing-masing jelas sangat diperlukan. Karena itu, dengan menggunakan shalat sunnah akan membantu membuat diri anda menjadi lebih baik. Banyak sekali keutamaan dari shalat sunnah untuk kehidupan anda di dunia ini. Pembahasan lebih lengkap mengenai keutamaan shalat sunaah ada dibawah ini.

Beberapa Keutamaan Shalat Sunnah

Terdapat banyak sekali keutamaan dari menjalankan shalat sunnah ini untuk kehidupan anda. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Akan dipenuhi kebutuhannya

Menjalani kehidupan ini memang harus dilakukan dengan baik dan benar. Manusia yang menjalani kehidupan ini dengan baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Berbagai masalah dari kehidupan jelas selalu memiliki solusi yang ada. Solusi yang terbaik yaitu dengan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Allah selalu membantu untuk mencukupkan segala keperluan dari manusia yang beriman kepadaNYA. Salah satu caranya yaitu dengan menjalankan shalat sunnah.

Ada baiknya, untuk dapat menjalani kehidupan ini dengan melaksanakan shalat fardhu setiap waktu. Utamakan selalu shalat fardhu dan dilengkapi dengan shalat sunnah. Shalat sunnah akan membantu anda untuk masalah yang sedang dihapi. Percayalah kepada Allah SWT bahwa semua masalah pasti ada solusinya. Laksanakan semua perintahNYA dengan benar niscaya akan selalu ada kebaikan yang hadir.

2. Sebagai kesempurnaan shalat fardhu

Keutamaan dari shalat sunnah ini jelas banyak sekali. Mengerjakan shalat sunnah jelas sebagai pembantu untuk menyempurnakan shalat fardhu anda. Tentu, umat islam wajib untuk dapat mengerjakan shalat sunnah apapun kondisinya. Allah selalu menghargai umatnya yang kerap menyegerakan melakukan shalat. Ridha dari Allah tentu sangat berarti untuk menghadapi kehidupan ini. Semua manusia selalu ingin untuk membuat pribadinya menjadi lebih baik lagi, temasuk anda yang selalu ingin menjadi lebih baik lagi. Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman :Amalan shalat merupakan amalan baik yang sangat membantu untuk menambah pahami. Kebaikan yang dilakukan tentu akan memiliki dampak yang baik pula dalam kehidupan anda. Selalu jalankan shalat sunnah dimana anda dapat melakukannya, niscaya selalu ada hal baik pula yang akan dibantu. Allah selalu memberikan karunianya kepada mereka yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan. Dengan anda melakukan shalat maka berarti bersyukur atas nikmat yang diberikan. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.

3. Meningkatkan derajat

Kehidupan ini sebagai ajang untuk memperbaiki diri dan berguna untuk bekal di masa depan. Bekal yang ada tentu sangat baik untuk tempat di akhirat nanti. Setiap kali sujud, selalu ada pahala yang didapatkan. Memperbanyak melakukan shalat berarti memiliki pahala yang jauh lebih banyak pula. Allah SWT akan menaikan derajat umatnya menjadi lebih tinggi. Satu tingkatan saja sangat membantu untuk menambah kualitas dari diri setiap orang. Tentu, hal ini sangat berpengaruh pada akhirat nanti.

Seseorang yang banyak mengerjakan shalat sunnah akan lebih banyak diberikan kemudahan dalam sehari-harinya. Shalat sunnah merupakan cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT atas hamba-Nya yang selalu senantiasa merelakan waktu serta tenaganya untuk mengerjakan shalat. Bagi mereka yang menyegerakan shalat sunnah akan dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, ada baiknya anda untuk mulai mengerjakan shalat sunnah secara rutin.

4. Ungkapan rasa syukur

Tidak pernah ada habisnya, sebagai manusia harus selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan. Bagaimana mungkin anda dapat menjalani aktivitas setiap harinya tanpa karunia dariNYA. Karena itulah, anda harus bersyukur kepada Allah SWT. Untuk menumbuhkan rasa bersyukur ini dapat dilakukan dengan shalat sunnah dan berdoa. Shalat sunnah sebagai jembatan utnuk mendekatkan diri kepada Allah. Seseorang yang selalu mengerjakan shalat sunnah maka akan lebih mudah dijabah doanya. Selain itu, dengan bersyukur anda menjadi lebih mudah untuk memahami arti hidup yang sesungguhnya.

Hidup di dunia ini hanyalah sekali seumur hidup, dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Memanfaatkan kehidupan dengan baik sangat berguna untuk membuat diri anda menjadi lebih berkualitas. Buatlah diri anda menjadi lebih berkualitas dan tambahkanlah selalu rasa syukur kepada hati dan pikiran anda. Sebagai umat muslim, maka rasa bersyukur lebih harus ditingkatkan lagi. Jangan sampai, ungkapan rasa syukur ini tidak dikerjakan dengan benar. Sesungguhnya, manusia yang tidak menghargai maka akan tidak di hargai kembali.

5. Merupakan amalan yang terbaik

Shalat fardhu jelas dijawibkan dan harus dikerjakan bagaimanapun kondisinya. Selain itu, untuk shalat sunnah sendiri sangat membantu anda untuk memperbaiki kehidupan di dunia ini. Amalan yang didapatkan dari mengerjakan shalat sunnah jelas sangat baik. Ada banyak sekali amalan yang dapat dilakukan seperti dzikir,doa dan shalat. Untuk shalat sunnah sendiri dapat menjembatani untuk doa yang lebih dijabah. Tentu sangat baik. Bahkan Rasulullah SAW bersabda :Dari hadits diatas sangat jelas bahwa mereka yang mengerjakan shalat akan mendapatkan kebaikan. Kebaikan ini tentu diberikan langsung oleh Allah SWT. Bukan tidak mungkin bahwa Allah memberikan banyak hal yang bermanfaat bagi tubuh setiap manusia. Manusia tentu harus lebih mengedepankan akhlak dan amalan dalam sehari-hari. Seorang mukmin harus menjalankan amalan-amalan yang baik.

6. Diberikan petunjuk terbaik

Menjalani kehidupan memang jelas memerlukan banyak solusi yang ada. Manusia merupakan perencana yang baik, namun semuanya tetap ditentukan oleh Allah SWT. Bagi mereka yang mengerjakan shalat sunnah akan lebih diberikan petunjuk mengenai solusi terbaik menjalani kehidupan. Kehidupan yang ada hanyalah sebagai pembelajaran dan bekal untuk di akhirat nanti. Selalu dekatkan diri anda kepada Allah untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.

Orang yang gemar untuk melakukan sunnah di samping kewajibannya maka akan mendapatkan pahala yang melimpah. Selain itu, dirinya akan memperoleh kecingaan dari Allah SWT. Sungguh hal tersebut tentu diinginkan oleh semua orang. Jadi, bagi anda yang memiliki waktu luang lebih banyak, manfaatkanlah hal tersebut untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas lagi. Tentu manfaat shalat sunnah sangatlah banyak.

Itulah pembahasan lengkap mengenai keutamaan shalat sunnah yang wajib anda ketahui. Shalat sunnah dapat dijalankan bagi mereka yang memiliki kondisi jauh lebih baik. Tentu, jika amalan ini dijalankan anda akan mendapatkan ridha dari Allah SWT. Semoga artikel diatas bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here