Home Haji & Umroh 8 Keutamaan Ibadah Umrah Yang Wajib Anda Ketahui

8 Keutamaan Ibadah Umrah Yang Wajib Anda Ketahui

180
0

Safari Dakwah Salah satu kewajiban umat muslim yang sudah ditentukan dalam rukun islam yaitu menuaikan ibadah haji bagi yang mampu melaksanakannya. Namun terkadang untuk bisa menunaikan ibadah haji kita mengalami banyak sekali hambatan. Salah satu halangan pasti yaitu waktu tunggu haji yang cukup hal ini. karena memang pelaksanaan ibadah haji sendiri hanya dilakukan setahun sekali, terlebih saat ini pembatasan kuota haji sudah diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Dengan waktu tunggu yang lama tersebut, tidak ada salahnya kita menunaikan ibadah umrah jika dirasa memang mampu untuk melaksanakannya. Karena memang untuk keistimewaan ibadah umrah sendiri hampir sama dengan ibadah haji. Yang membuat beda haji dan umrah yaitu terdapat pada rukun-rukun yang sudah kami bahas pada minggu kemarin. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa keutamaan ibadah umrah.

8 Keutamaan ibadah umrah

Terdapat banyak sekali keutamaan dan keistimewaan umrah, namun kami hanya akan memberikan beberapa keutamaan ibadah umrah saja. Untuk lebih jelas dan lengkapnya simak pembahasan dibawah ini.

1. Jihad para perempuan

Jihad merupakan salah satu ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT, bahkan dalam Al-Qur’an maupun Hadist Nabi sudah disebutkan bahwa seseorang yang berjihad dijalan Allah SWT sudah dijamin akan masuk ke dalam surga. Salah satu Hadist yang menyebutkan hal tersebut yaitu dari Hadir Riwayat Al-Tirmidzi, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Pokok urusan adalah islam, tiangnya yaitu shalat, sedangkan puncaknya adalah jihad”.

Pada zaman kenabian banyak kaum laki-laki yang berjihad di jalan Allah SWT dengan cara berperang melawan musuh islam. Lantas bagaimana dengan kaum perempuan yang identik dengan fisik lemah? Anda tidak perlu khawatir, karena setiap perempuan juga diberi kesempatan untuk berjihad di jalan Allah SWT. Salah satu caranya yaitu dengan menunaikan ibadah umrah.

Hal ini juga sudah disebutkan dalam sebuah hadist dari HR.An-Nasa’I bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Jihad orang yang tuda, orang yang lemah dan wanita adalah haji dan umrah”. Selain itu diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, bahwa Aisyah pernah bertanya kepada Rasulullah “Ya Rasulullah, apakah ada kewajiban berjihad bagi kaum wanita”, lalu beliau menjawab “Bagi wanita adalah jihad yang tidak ada peperangan padanya, yaitu dengan cara haji dan umrah”.

2. Dosa-dosanya akan dihapuskan

Manusia merupakan salah satu makhluk yang tidak akan pernah lepas dari yang namanya dosa. Karena memang sifat manusia sendiri yaitu memiliki akal pikiran dan nafsu. Walaupaun begitu banyak orang yang mengharapkan dosa-dosanya akan dihapus. Hal ini bisa anda dapatkan ketika sudah menunaikan ibadah umrah, sebagaimana dalam sebuah HR.Bukhari yaitu “Suatu umrah kepada umrah yang lain adalah kafarrah atau menghapuskan dosa diantara keduanya dan haji yang mabrur atau haji yang diterima itu tidak ada balasan baginya selain surga”.

3. Dijanjikan surga

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika ibadah umrah merupakan salah satu ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Terlebih ibadah umrah sendiri bisa dijadikan sebagai salah satu cara berjihadnya wanita, tentunya sudah tidak diragukan lagi pahalanya orang berjihad adalah surga. Bukan hanya untuk wanita saja, tapi siapapun yang sudah menunaikan ibadah umrah dengan ikhlas dan sepenuh hati dalam mengharap ridha Allah SWT.  Maka balasan yang tepat adalah surga baginya. Hal ini juga sudah banyak dalam hadis Bukhari.

4. Dijauhkan dari kemiskinan

Kebanyakan orang di Indonesia menunda-nunda ibadah umrah karena alasan biaya yang mahal, padahal mereka sudah mampu untuk menunaikannya. Ya memang ini merupakan sifat alami manusia yang tidak bisa lepas begitu saja, kecuali dengan iman yang kuat kepada Allah. Padahal kalau anda ketahui banyak sekali manfaat umrah yang bisa anda dapatkan, salah satunya yaitu tidak akan menjadikan kita menjadi fakir miskin, malah hal tersebut berlaku sebaliknya.

Dimana dengan menunaikan ibadah umrah rezeki yang anda dapatkan akan berlipat ganda. Rasulullah SAW pernah bersabda yang kurang lebih memiliki makna, bahwa untuk mengikutkan ibadah umrah dalam haji. Karena kedua ibadah tersebut memiliki keutamaan untuk menghilangkan dosa sama seperti dengan pembakaran emas, besi dan perak.

5. Hidup akan menjadi lebih berkah

Keistimewaan ibadah umrah selanjutnya yaitu akan membuat hidup anda menjadi lebih berkah lagi. Karena memang ketika anda menjalankan ibadah umrah dengan niatan yang ikhal dan sepenuh hati, maka ibadah tersebut akan bernilai banyak pahala dan menjadikannya sebagai ibadah yang mabrur. Segala sesuatu yang diterima di sisi Allah SWT, maka Allah akan membalasnya dengan kebaikan pula. Dalam konteks ini akan membuat hidup anda menjadi lebih berkah lagi.

6. Mendapatkan ketenangan hati

Selain mendapatkan keberkahan hidup,baik dari segi rezeki yang didapatkan. Faedah umrah selanjutnya yaitu anda akan mendapatkan ketenangan hati sesudah menunaikan ibadah umrah. Hal ini sudah dijelaskan oleh Syaikh Abul Ula Al-Mubarakfuri Rahimahullah yaitu “Haji dan umrah akan menghilangkan kefakiran, bisa bermakan kefakiran secara dzahur dengan terwujudnya kecukupan harta. Atau bisa juga kefakiran batin dengan terwujudnya kekayaan dalam hati”. Tentunya hal ini akan membuat anda menjalani hidup lebih nyaman dan tenang.

7. Doa jamaah umrah ditanah suci akan dikabulkan

Siapa sih insan manusia yang tidak ingin doanya dikabulkan oleh Allah SWT, tentunya semua orang mengharapkan segala macam doa yang dipanjatkan kepada Allah akan diterima di sisi-Nya. Hal ini juga menjadi salah satu keutamaan ibadah umrah, dimana seseorang yang menunaikan ibadah umrah dengan ikhlas dan khusyu’, maka doa-doanya akan di ijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT.

Hal ini juga sudah terdapat dalam sebuah hadist Rasulullah SAW, dimana dari Abu Huraira bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Orang yang mengerjakan haji dan umrah merupakan tamu Allah, maka jika mereka memohon kepada-Nya, pastilah akan dikabulkan, dan jika memohon ampun pasti akan di ampunin-Nya”.

8. Mendapatkan pahala shalat hingga 1000-100.000 kali lipat

Shalat merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh semua umat muslim. Pahala yang didapatkan dari shalat sangat mulia sekali, jika shalat selain di tanah suci anda akan mendapatkan 27 derajad, tapi ketika anda shalat berjamaah di tanah suci. Maka pahala yang anda dapatkan akan dilipat gandakan. Dimana untuk pahala shalat di Masjid Nabawi akan dilipatgandakan senilai 1000, sedangkan untuk shalat berjamaah di Masjidil haram akan di lipatgandakan sebesar 100.000 kali lipat.

Hal ini juga sudah disebutkan dalam sebuah Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah yang di shahihkan oleh Syaikh Al Albani, bahwa dari Jabir bin Abdillah “Shalat di Masjidku atau Masjid Nabawi lebih utama daripada 1000 shalat di Masjid lainnya selain Masjidil Haram. Sedangkan shalat di Masjidil hram lebih utama dari 100.000 shalat di Masjid lainnya”.

Jadi itulah beberapa keutamaan ibadah umrah, manfaat kesempatan yang anda miliki saat ini untuk mendapatkan ridha Allah SWt. Salah satunya adalah dengan menunaikan ibadah umrah, jika dirasa memang anda sudah mampu.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here