Home Islami 9 Akhlak Mulia Islami Wajib Anda Ketahui

9 Akhlak Mulia Islami Wajib Anda Ketahui

51
0

Safari Dakwah – Akhlak dalam menjalani kehidupan tentu sangatlah penting. Dengan akhlak yang baik, menjalani segala aktivitas akan menjadi lebih mudah. Akhlak sendiri sangat berpengaruh dari hati dan pikiran seseorang. Tidak jarang, seseorang dapat terpengaruh atas tindakan dari pikiran yang sedang dirasakan. Karena tubuh manusia semuanya terhubung langsung ke otak. Untuk berbuat akhlak islami yang baik maka diperlukan rasa bersyukur kepada Allah SWT. Selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan sehari-hari. Simak ulasan mengenai akhlak mulia islami wajib untuk dibaca.

Mengapa membutuhkan akhlak baik? Karena,setiap kebaikan yang di buat akan berdampak pada kebaikan pula. Artinya, jika anda berbuat baik maka akan mendapatkan hasil berupa kebaikan juga. Tentu, semua orang ingin lebih nyaman dan aman dalam menjalani kehidupan ini. Allah selalu memberikan ridha kepada mereka yang dapat bersyukur dan bertindak dengan baik. Karena itu, anda perlu melakukan perilaku yang baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Simak selengkapnya dibawah ini mengenai akhlak mulia islami.

Contoh Akhlak Mulia Islami Wajib Di Ketahui

Terdapat beberapa akhlak mulia islami yang dapat anda jadikan pedoman untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk membuat tindakan yang baik sehari-hari.

1. Saling menghormati

Bentuk saling menghormati ini diperlukan agar tidak ada masalah yang terjadi. Sebagai uamt manusia tentu tahu bahwa untuk menjalani kehidupan ini perlu bersama-sama. Terlebih dengan kehidupan di dunia yang mengharuskan untuk dapat bertoleransi satu sama lainnya. Bentuk tolerensi sangat baik untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik. Jangan sampai, rasa toleransi ini hilang dan mulai tidak memiliki kehidupan antar umat. Sebaiknya, buatlah kehidupan menjadi lebih berwarna dan beragam. Allah selalu memberikan ridhanya kepada mereka yang menghormati satu sama lainnya.

2. Dapat mengontrol emosi

Setiap orang tentu dapat emosi saat memiliki hal yang dinilainya tidak benar. Namun, sebagai manusia yang beriman tentu anda harus sadar dengan betul atas hal tersebut. Melakukan tindakan emosi bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Karena itu, ada baiknya anda untuk dapat mengontrol emosi yang ada. Kontrol emosi ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan istighfar kepada Allah. Dengan begitu, anda akan menjadi lebih mengingat bahwa setiap manusia pasti memiliki kesalahan. Tidak di perbolehkan untuk selalu menuntut akan kesalahan dari setiap orang. Ada baiknya anda dapat berperilaku yang baik.

3. Berbagi kepada sesama

Manusia merupakan makhluk sosial yang harus hidup secara bersama-sama. Karena itu, alangkah baiknya anda untuk dapat berbagi kepada sesama. Untuk berbagi sendiri tidak harus dalam bentuk uang saja. Melainkan masih banyak cara yang dapat anda lakukan. Seperti dengan berbagi makanan. Tentu, semua orang akan sangat menghargai sesuatu yang diberikan. Namun, untuk berbagi tetap harus memperhatikan apa yang dibagikan. Sesungguhnya, Allah sangat menyukai mereka yang membagikan sesuatu yang disukai pula. Jika anda saja menyukai hal tersebut, tentu orang lain akan menyukainya juga. Jadi, berbagilah selagi anda masih bisa.

4. Berlaku adil pada keluarga

Semua manusia yang ada di dunia ini tentu merupakan keluarga. Lalu, bagaimana baiknya untuk berperilaku yang adil? Cara terbaiknya yaitu dengan mengikuti aturan yang ada. Setiap negara memiliki peraturan yang harus diatati oleh seseorang. Aturan tersebutlah yang dapat dijadikan untuk berperilaku secara adil. Selain itu, terdapat pula aturan dalam agama islam. Islam memberikan aturan yang lebih adil untuk kehidupan ini. Kehidupan yang baik di dunia maka akan mendapatkan hasil yang baik pula di akhirat. Karena itu, manusia harus berlaku secara adil kepada lainnya. Jangan berbuat hal yang buruk, melainkan buatlah hal yang lebih bermanfaat.

5. Menjauhii ghibah

Kegiatan ghibah atau membicarakan orang lain kerap kali dilakukan oleh para wanita. Manusia memang tidak pernah lepas dari kesalahan. Kesalahan seperti hal ini jelas harus di jauhi untuk meningkatkan keimanan kepada Allah. Ghibah merupakan sesuatu yang sangat dilarang oleh Allah. Seseorang yang melakukan ghibah sama saja dengan memakan bangkai sendiri. Jelas bahwa hal ini sangat dilarang dan mendapatkan dosa sangat banyak. Dimana seharusnya manusia bisa menjaga aib orang lain. Aib tentu tidak boleh disebar luaskan karena sangat berbahaya jika terdengar dengan orang lain. Maka dari itu, jauhilah ghibah mulai dari sekarang.

6. Menjaga lisan

Lisan bagian yang kerap kali menjadi masalah cukup besat. Lisan tentu akan sangat berakibat fatal jika disalah gunakan. Banyak sekali masalah yang dapat terjadi akibat lisan seperti halnya luka di hati. Memang, terkadang manusia memiliki hal yang jauh lebih privasi. Karena itu, menjaga lisan sangat diperlukan untuk perbaikan dalam diri masing-masing. Sebagai contoh akhlak mulia, anda sendiri tentu tidak ingin dilukai hatinya oleh seseorang. Begitu juga dengan orang lain, maka dari itu ada baimnya untuk menjaga lisan yang ada. Lisan sangat berpengaruh dalam kehidupan. Jadikan lisan sebagai hal yang lebih bermanfaat dan mendukung aktivitas.

7. Memiliki sikap rendah hati

Islam selalu mengaajrkan hal yang baik kepada manusia untuk menjalani kehidupan di dunia. Temasuk dengan menuntut untuk memiliki sikap rendah hati serta tidak sombong. Tentu, hal ini menjadi pilihan yang cukup baik dan perlu dilakukan pembelajaran yang lebih baik lagi. Dimana, jiwa seseorang harus rendah hati terhadap apa yang dimiliki. Percayalah bahwa harta yang dimiliki di dunia ini hanyalah titipan dari Allah. Karena itu, anda tidak perlu untuk menyombongkan diri terhadap hal tersebut. Selalu berdoa dan memohon ampunan kepada Allah . Contoh adab dan akhlak islami seperti ini tentu tetap harus dikembangkan.

8. Bersifat jujur

Sudah pasti, akhlak yang baik maka memiliki sifat yang jujur. Jujur dapat dipercaya dalam banyak hal terutama untuk kehidpan ini. Allah menyukai orang yang memiliki sifat jujur dalam dirinya. Dimana hal tersebut perlu dipahami dan menjadi acuan yang baik untuk menjalani kehidupan. Tetaplah menjadi seseorang yang jujur dan paham akan kondisi kehidupan di dunia ini. Niscaya, selalu ada hal baik dimana seseorang memiliki sifat yang jujur terlebih kepada sesama umat beragama.

9. Amanah

Akhlak mulia islami selanjutnya yaitu amanah artinya dapat dipercaya. Seseorang yang memiliki sifat ini sudah pasti sangat baik dalam menjalani kehidupannya. Dimana, beberapa manusia justru sulit untuk mendapatkan sifat amanah. Islam selalu mengajarkan umatnya untuk dapat memiliki sifat yang amanah dalam menjalani kehidupan. Dengan memiliki sifat yang amanah maka seseorang akan jauh lebih berkembang dan tetap beriman kepada Allah SWT.

Begitulah pembahasan mengenai akhlak mulia islami yang dapat anda lakukan. Selalu lakukan hal-hal yang baik dalam menjalani kehidupan ini. Amalan yang baik dalam kehidupan akan digunakan sebagai bekal menuju akhirat. Semoga kita semua selalu pada jalan yang benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here