Home Islami 9 Larangan Bagi Wanita Muslimah Yang Wajib Untuk Diketahui

9 Larangan Bagi Wanita Muslimah Yang Wajib Untuk Diketahui

173
0

Safari Dakwah – Setiap wanita yang beragama Islam wajib untuk mengetahui beberapa larangan bagi wanita muslimah. Karena memang hal ini erat sekali kaitannya dengan tingkah laku dari seorang wanita muslimah dikemudian hari. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika anda sudah bisa menghindari hal-hal apa saja hal yang dilarang Allah dan tidak boleh dilakukan. Salah satu contohnya yaitu anda akan menjadi seorang wanita dan ibu yang bisa menjadi teladan bagi anak-anaknya.

Terlebih seperti saat ini kemajuan zaman dan teknologi sangat berpengaruh sekali terhadap tingkah laku dan akhlak dari setiap orang, khususnya sebagai seorang wanita yang sangat penting sekali untuk dijaga. Nah dalam hal menjaga akhlak yang baik, maka setiap wanita perlu mengetahui larangan Allah untuk wanita muslimah. Karena memang hal ini bisa menjauhkan anda dari berbagai macam sifat duniawi. Untuk lebih jelas dan lengkapnya silakan simak pembahasan berikut ini.

9 Larangan Bagi Wanita Muslimah Yang Wajib Untuk Diketahui

Ada beberapa larangan bagi wanita muslimah yang wajib untuk diperhatikan, berikut beberapa larangannya:

1. Wanita muslimah dilarang untuk tidak menutup auratnya

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika setiap wanita diwajibkan untuk menutup auratnya. Dengan kata lain setiap wanita dilarang untuk tidak menutup aurat ketika berpegian keluar rumah. Di dalam rumah pun ketika bertemu dengan lawan jenis bukan muhrimnya, setiap wanita muslimah diharuskan untuk tetap menutup aurat. Dan yang dimaksud dengan menutup aurat yaitu memakai hijab.

Hijab sendiri bisa diartikan sebagai menutup seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Dan masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara hijab dan jilbab, padahal kedua hal ini memiliki arti yang sama. Namun maksud dari kedua hal ini sama baiknya yaitu untuk menutup aurat. Namun hal tersebut harus di imbangi dengan akhlak yang baik pula, karena tidak akan sempurna jilbab yang dipakai jika tidak di imbangi dengan akhlak yang baik.

Jika seorang wanita muslimah sudah bisa konsekuen terhadap pengunaan jilbab, maka ia akan merasakan kenikmatan yang luar biasa antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki ketenangan jiwa
  • Memiliki ketenangan dalam bersikap dan berbuat
  • Memiliki control dalam ucapan, sikap, dan perbuatan.
  • Tidak memiliki rasa takut dalam menghadapi ancaman yang dibuat oleh sesamanya, karena sudah serratus persen menyerahkan diri kepada Allah SWT.
  • Terjaganya kesucian, kehormatan, dan kemulian.
  • Terangkatnya derajad serta martabat kemanusiaannya.

2. Menyambung rambut palsu

Setiap wanita muslimah dilarang untuk menyambung rambut dengan rambut palsu, karena memang menyambung rambut bisa diartikan sebagai seseorang yang kurang mensyukuri apa yang diberikan oleh Allah SWT. Untuk itu anda perlu menghindari hal yang dilarang Allah.

3. Memiliki tato, mengikir gigi dan mencabut bulu

Pada dasarnya bukan hanya wanita saja yang dilarang untuk bertato, tapi hal ini berlaku untuk semua umat muslim di dunia. Terlebih banyak sumber yang mengatakan bahwa orang yang bertato maka shalatnya tidak sah, hal ini disebabkan karena aliran air tidak bisa menyeluruh ke seluruh tubuhnya. Selain itu wanita dilarang untuk mengikir giginya, karena memang mengikir gigi sama saja tidak mensyukuri nikmat Allah SWT. Dan setiap wanita muslimah juga dilarang untuk mencabut bulu, khususnya untuk bulu pada kening.

4. Wanita dilarang untuk menyerupai lawan jenis

Ini merupakan salah satu larangan bagi wanita menurut Islam yang harus diperhatikan, karena memang saat ini kerap kali dijumpai banyak wanita yang hampir menyerupai lawan jenis, baik dlaam hal pakaian, sikap, dan tingkah laku. Padahal dalam agama Islam sendiri hal ini sangat tidak diperbolehkan. Dan bagi siapa yang melanggarnya, tentu akan mendapat dosa. Terlebih saat ini berbagai macam fashion sudah semakin marak di Indonesia. Jadi dalam hal ini anda perlu hati-hati dalam memilih pakaian.

5. Wanita muslimah dilarang menggunakan pakaian yang menyerupai kaum kafir

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, jika seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini budaya barat bisa bebas masuk ke dalam negeri. Padahal kalau kita ketahui budaya barat sangat bertentangan sekali dengan tuntunan dalam agama Islam, khususnya dalam bidang pakaian. Jadi dalam hal ini setiap wanita muslimah dilarang untuk menggunakan pakaian yang menyerupai kaum kafir, karena memang hal ini sama saja anda telanjang walaupun secara fisik menggunakan pakaian.

6. Dilarang menggunakan wewangian ketika keluar rumah

Larangan bagi wanita muslim selanjutnya yaitu dilarang untuk menggunakan wewangian ketika pergi dari rumah. Karena memang aroma dari wewangian bisa menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan, terlebih anda seorang wanita yang identic dengan lemah. Tentunnya hal tersebut bisa berbahaya untuk anda. Untuk itu sebaiknya ketika anda ingin pergi keluar rumah, jangan gunakan wewangian yang berlebih. Anda tetap bisa menggunakan wewangian saja ketika memang benar-benar dibutuhkan.

7. Dilarang pergi keluar rumah tanpa dengan mahramnya

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa seorang wanita adalah aurat, dan ketika mereka pergi keluar rumah tanpa di dampingin dengan mahramnya. Maka syaitan akan selalu menghiasi dalam dirinya. Jadi bisa dibayangkan bukan, sesuatu hal yang sudah terpengaruh oleh syaitan bisa dipastikan tidak baik untuk diri anda sendiri maupun orang lain. Jadi dalam hal ini ketika anda ingin pergi keluar rumah,sebaiknya anda pergi bersama dengan seseorang yang sudah menjadi mahram anda. Hal ini juga akan membuat diri anda menjadi tenang.

8. Wanita muslimah dilarang untuk berduaan dengan yang bukan muhrimnya

Mungkin untuk hal ini semua wanita muslimah sudah mengetahuinya, tapi anehnya sampai saat ini masih sering dijumpai seorang wanita yang sedang berduaan dengan lawan jenisnya. Tentu hal ini membuat kita miris melihatnya. Karena memang dalam agama Islam sendiri hal ini sangatlah dilarang, bahkan hal ini sudah mendekati zina. Zina adalah salah satu perbuatan dosa besar yang harus anda hindari. Selain itu berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim akan membuat syaitan menjadi senang, karena memang syaitan lah yang menjadi orang ketiga di dalamnya.

9. Wanita dilarang untuk mendatangi pemandian umum

Ada sebuah kitab yang mengatakan bahwa melihat kemaluan sendiri itu tidak diperbolehkan, terlebih anda memperlihatkan kemaluan sendiri kepada orang lain. Tentunya hal tersebut sangat dilarang, walaupun dalam hal ini sesama jenis tetap saja dilarang jika memang tidak ada situasi penting. Jadi dalam hal ini anda dilarang untuk pergi ke tempat pemandian umum, namanya saja sudah pemandian umum. Tentu didalamnya siapapun bebas melihat aurat anda. Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, sebaiknya anda jangan pergi ke tempat pemandian umum.

Jadi begitulah beberapa larangan bagi wanita muslimah, pada dasarnya masih banyak lagi larangan untuk wanita muslimah. Namun kami memberikan beberapa larangan yang mungkin masih sering dilanggar, jadi untuk mengantisipasi hal tersebut. Anda bisa membaca hal-hal apa saja yang sudah kami sampaikan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here