Manfaat Nikah Muda Menurut islam

Sabahat safari dakwah yang mulia. Di zaman yang penuh fitnah ini, nikah di usia belia menjadi suatu hal yang asing dan tabu. Tapi ketahuilah saudaraku sebenarnya sebelum 14 abad yang lalu nikah muda ini merupakan sesuatu yang pernah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam.

Rosullulah Shallallahu Alaihi Wassalam Bersabda :

“Wahai para pemuda, barang siapa yang memiliki kesanggupan (Ba’ah), maka menikahlah. Karena itu lebih baik agar kalian bisa menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan.”

(HR. Bukhari no. 5065 dan Muslim no 1400).

Apa saja manfaat nikah muda menurut islam  bagi perempuan dan laki-laki?

  1. Nikah Muda Menenangkan Hati

Sebagian peneliti mengatakan bahwa menikah muda lebih bahagia karena memiliki imunitas tubuh yang lebih kuat dibandingkan mereka yang memilih hidup sendiri tanpa pasangan. Dari sinilah terlihat kebenaran firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala:

Artinya, “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (Qs. Ar Rum: 21)

  1. Nikah Muda Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut para ilmuwan menikah di usia muda sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kekebalan tubuh. Sejak meningkatnya problem seksual seperti AIDS terhadap jutaan manusia yang disebabkan karena berzina.

Bahkan para ilmuwan menguatkan pentingnya nikah muda dengan statement menikah di usia belia akan mempengaruhi keadaan psikologis manusia, keadaannya lebih baik dan akan menikmati kesehatan yang lebih baik pula.

  1. Bagi Perempuan Nikah Muda akan Menambah Kontribusi dan Inovasi

Manfaat nikah muda menurut Islam yang ketiga adalah akan menambah kemampuan berkontribusi dan berinovasi bagi para wanita. Para peneliti mendapati bahwa orang yang menikah akan memiliki kemampuan besar di bidang tersebut, wanita yang menikah mempunyai banyak kekuatan cinta, kelembutan dan karya.

  1. Anak yang Dilahirkan di Usia Muda Lebih Panjang Umur

Berdasarkan koran Daily Mail Inggris tentang fenomena aneh yang telah diteliti oleh mahasiswa Universitas Arhus, mereka menyebutkan, “Anak-anak yang dilahirkan dari ayah dan ibu saat usia muda, umurnya bisa lebih panjang dibandingkan anak yang dilahirkan dari orang tua yang usianya sudah cukup jauH”, karena pernikahan yang terlambat menyebabkan kelahiran bayi yang mempunyai presentasi keguncangan lebih besar”.