Home Religi Kisah Hikmah Bulan Rajab Penuh berkah

Bulan Rajab Penuh berkah

251
0

Salah satu bentukan kata rajab adalah kata tarjib yang berarti “pengagungan”. Rajab disebut pula sebagai “pencurahan”, karena Allah mencurahkan rahmatNya kepada orang-orang yang bertobat pada bulan Rajab dan mengalir cahaya-cahaya penerimaan atas amal seseorang. Rajab diartikan pula dengan “tuli”, karena tidak pernah didengar pada bulan itu nuansa pembunuhan dan peperangan. Konon Rajab merupakan nama sungai di surga, airnya lebih putih dibanding susu, manisnya melebihi manis madu, dinginnya lebih dingin dibanding es. Tidak akan ada yang meminumnya, kecuali orang yang berpuasa pada bulan Rajab.

Rajab terdiri dari tiga huruf akronim yaitu : Ra’  dari kalimah  rahmatullah (rahmat Allah),  Jim  dari kalimah   jinayatul-‘abd  (kesalahan hamba Allah), dan Ba’ dari kalimah  birrullah  (kebajikan Allah). Bulan Rajab disebut juga  dengan  nama Al-Summun artinya tuli. Tuli disini bermakna tidak dapat mendengar bunyi senjata karena peperangan diharamkan sepanjang Bulan Rajab.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram, yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Karena termasuk bulan haram, keutamaan bulan Rajab adalah bulan yang dimuliakan, dan didalam bulan haram tersebut, terdapat larangan keras agar tidak melakukan maksiat, serta diperintahkan untuk memperbanyak amal sholih di dalam bulan haram tersebut, bulan Rajab terletak antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya’ban, Bulan Rajab sebagaimana bulan Muharram termasuk bulan haram.

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (Qs. At Taubah : 36)

Ikhwan : M.Uki Masduki

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here