Home News Internasional Cappadocia, Saksi Sejarah Adanya Kehidupan “Bawah Tanah” di Turki

Cappadocia, Saksi Sejarah Adanya Kehidupan “Bawah Tanah” di Turki

230
0

Cappadocia, Saksi Sejarah Adanya Kehidupan “Bawah Tanah” di Turki

Negara transbenua yang memiliki peradaban perpaduan Eropa dan Asia ini cukup terbilang unik. Bagaimana tidak, dibalik keindahannya yang luar biasa, Turki juga memiliki banyak bangunan bersejarah yang masih terjaga keasliannya.

Disebut-sebut sebagai sebuah ‘kita’ kuno di bawah tanah yang dibangun seribu tahun lalu, Derinkuyu merupakan salah satunya yang menjadi saksi sejarah Turki.

Diketahui, Derinkuyu adalah kota kuno dengan 18 tingkat ke bawah tanah, seperti layaknya kota di atas permukaan tanah, Derinkuyu juga memiliki fasilitas seperti gereja, kandang kuda, dapur, ruang bersama, sekolah, bahkan pemakamanan.

Derinkuyu ditemukan oleh seorang warga di Cappadocia ketika dia sedang memperbaiki rumahnya pada tahun 1963.

Penemuannya tersebut setelah merobohkan dinding di ruang bawah tanah, ia menemukan sebuah ruangan rahasia. Ruangan itu mengarah ke terowongan bawah tanah, yang menjadi jalan ke sebuah kota kuno yang benar-benar tersembunyi.

Kedalaman yang mencapai 18 tingkat atau setara 20 ribu jiwa dapat ditampung. Dan, terdapat ruang-ruang berisi persediaan bahan makanan dan peralatan rumah tangga.

Kota tersembunyi itu diduga dibuat selama era Bizantium yang berlangsung antara 780 sampai 1180 Masehi.

Para ahli memperkirakan Derinkuyu dibangun mungkin digunakan sebagai bunker berukuran besar, untuk melindungi penduduk dari perang Arab-Bizantium atau bencana alam.

Selain itu, Derinkuyu juga memiliki sekitar 600 pintu masuk yang memungkinkan penghuninya untuk datang dan pergi.

Adanya pintu batu yang berat dan bisa menutup dari dalam merupakan bukti Derinkuyu dibangun untuk menahan serangan atau sebagai perlindungan. Tidak hanya itu, setiap tingkat dalam Derinkuyu dapat ditutup aksesnya secara individual.

Hanya sekitar setengah dari Derinkuyu yang bisa diakses. Namun situs tersebut telah terbukti menjadi daya tarik wisata yang populer di Cappadocia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here