Home Haji & Umroh Cara Cek Keberangkatan Haji Berdasarkan Nomor Porsi Dari Kemenag

Cara Cek Keberangkatan Haji Berdasarkan Nomor Porsi Dari Kemenag

368
0

Safari DakwahCara cek keberangkatan haji saat ini sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah, karena memang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan secara online. Salah satunya dalam hal untuk mengecek keberangkatan haji. Hal ini akan sangat membantu anda untuk mengetahui kapan perkiraan anda berangkat haji, sehingga sebelum waktunya tiba anda sudah menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan.

Terlebih bagi anda yang sudah mendapatkan nomor porsi tantunya ingin segera berangkat haji, tapi seperti yang kita ketahui jika kuota haji di Indonesia sendiri terbatas. Kendala kuota haji tersebutlah yang akan membuat antrian haji Indonesia menjadi sangat lama. Tapi di sisi lain anda bisa mengetahui perkiraan kapan keberangkatan haji dengan cara online. Nah berikut akan kami berikan cara cek keberangkatan haji.

Apa itu nomor porsi

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai bagaimana cara cek haji berdasar nomor porsi, ada baiknya anda mengetahui betul apa itu nomor porsi. Karena memang ini merupakan bagian penting untuk bisa mengecek keberangkatan haji. Dimana nomor porsi sendiri merupakan sebuah nomor yang terdiri dari 10 digit dan di dapatkan dari setoran bank penyelenggara haji setelah tabungannya mencapai 25 juta. Dan nomor porsi ini berfungsi sebagai nomor antrian tahun berapa keberangkatan haji.

Waktu yang tepat untuk mengecek keberangkatan haji

Sebaiknya calon jamaah haji secara rutin untuk mengecek keberangkatannya, karena memang setiap tahun estimasi waktunya kapan saja bisa berubah setiap saat. Hal tersebut di sebabkan oleh banyak hal, contoh gampangnya yaitu terjadi pengurangan kuota haji akibat renovasi Masjidil Haram, atau bisa juga di sebabkan karena ada salah satu calon jamaah haji yang meninggal dunia terlebih dahulu sebelum berangkat menunaikan ibadah haji.

Untuk itu penting sekali bagi calon jamaah agar mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengecek keberangkatannya. Dalam hal ini bulan Januari sangat cocok sekali untuk dilakukan pengecekan, karena pada bulan tersebut merupakan bulan dimana KEMENAG sudah menyelesaikan tugas pelayanan hajinya. Dan pada bulan tersebut juga merupakan bulan dimana untuk melakukan pelunasan BPIH. Dengan begitu akan banyak perubahan dan update nomor porsi keberangkatan haji pada bulan tersebut.

Estimasi waktu keberangkatan haji

Bagi calon jamaah haji yang sudah menyelesaikan pembayaran haji sejumlah 25 juta ke bank-bank yang sudah di tentukan oleh KEMENAG, biasanya akan mendapatkan sebuah nomor porsi haji. Nomor porsi ini bisa dikatakan juga sebagai nomor antrian untuk keberangkatan haji. Dengan nomor porsi inlah, calon jamaah haji bisa mengecek estimasi waktu keberangkatan haji secara online.

Fungsi dari mengetahui estimasi waktu keberangkatan haji yaitu untuk melakukan berbagai macam persiapan, seperti pelunasan BPIH, dan persiapan perlengkapan haji yang harus di bawah ke tanah suci. Selain berbagai macam persiapan tersebut, calon jamaah haji juga akan memantapkan manasiknya hajinya. Dan pembahasan cara manasik haji akan kami bahas pada kesempatan berikutnya.

Nah berikut cara cek jadwal keberengkatan haji berdasarkan nomor porsi yang diberikan oleh pihak bank :

  • Setelah calon jamaah haji melakkan pembayaran sebesar 25 juta ke bank yang di tentukan oleh KEMENAG, maka calon jamaah haji akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH. Dimana pada bukti setoran tersebut akan terdapat nomor porsi haji. Biasanya nomor porsi haji terdiri dari 10 digit angka, karena memang masih banyak orang yang salah melihat nomor porsi haji.
  • Bagi anda yang mendaftar di jamaah haji plus, maka anda bisa meminta bantuan kepada pihak Travel haji plus tersebut ketika anda belum mendapatkan nomor porsi keberengkatan haji secara legal. Karena memang nomor porsi yang legal dan resmi dari Depag sangat dibutuhkan sekali untuk proses haji anda.
  • Hal terpenting yang harus anda lakukan yaitu menunggu dengan sabar waktu tunggu haji, walaupun saat ini sudah banyak layanan haji plus. Tapi untuk proses keberangkatan hajinya sendiri juga harus menunggu antrian beberapa tahun terlebih dahulu.
  • Jika anda sudah mendapatkan nomor porsi keberangkatan haji secara legal, berarti hal tersebut menandakan bahwa anda adalah calon jamaah haji yang sudah resmi terdaftar di DEPAG.
  • Anda bisa mengecek keberangkatan haji di laman website ini https://haji.kemenag.go.id. Di laman tersebut selain bisa melakukan pengecekan keberangkatan haji, anda bisa melihat berita haji saat ini. Mengecek laman website tersebut secara rutin akan memberikan anda banyak info.

Apa yang harus saya lakukan ketika tidak bisa mengecek keberangkatan haji secara online?

Biasanya hal ini kerap kali di alami oleh calon jamaah haji, ada banyak faktor yang menyebabkan anda tidak bisa mengecek keberangkatan haji secara online. Salah satunya yaitu sedang terjadi perbaikan database secara rutin oleh KEMENAG. Lantas apa yang harus saya lakukan? Anda tetap bisa melakukan pengecekan haji dengan cara menanyakan langsung ke Kemenag. Anda bisa menghubungi Call Center Haji Indonesia yaitu 021 500425 atau bisa hubungi bagian data Kemenag yaitu Telp. 021-3509177, 021-3509180, 021-3509179, 021-3509181. Sedangkan untuk nomor Telp haji plus yaitu 021-34833924.

Bagi anda yang mungkin masih bingung mengenai cara cek haji dan ingin mengunjungi laman website dari masing-masing Kantor Agama Wilayahnya, berikut kami berikan laman website dari Kanwil yang ada di berbagai macam daerah di Indonesia :

Manfaat mengetahui estimasi waktu keberangkatan haji

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mendapatkan informasi mengenai keberangkatan haji. Mungkin untuk manfaatnya sendiri sudah sedikit kami singgung dalam pembahasan di atas, dimana dengan mengetahui estimasi waktu keberangkatan haji sejak awal akan memberikan manfaat positif untuk anda. Salah satu manfaat pastinya yaitu anda bisa menyiapkan berbagai macam hal, seperti pelunasan BPIH, belajar menjadi haji yang mabrur, perlengkapan haji untuk di bawa ke tanah suci, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengecek keberangkatan haji sejak awal.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara cek keberangkatan haji berdasarkan dengan nomor porsi yang sudah terdaftar secara resmi di Depag. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan manfaat untuk anda. Dan semoga keberangkatan haji yang anda tunggu-tunggu bisa terlaksana dengan cepat, sehingga bisa menjadi haji yang mabrur. Aamiin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here