Home Islami Cara Hijab Kerudung Segi Empat Dengan Mudah Dan Praktis

Cara Hijab Kerudung Segi Empat Dengan Mudah Dan Praktis

28
0

Safari Dakwah – Untuk menjadi orang yang cantik sangatlah mudah, terlebih bagi anda wanita muslimah dimana anda bisa menggunakan hijab yang akan membuat wajah anda terlihat cantik. Selain cantik anda juga akan terlihat anggun dan ramah pada saar menjalankan ibadah maupun aktivitas sehari-hari. Karena memang saat ini sudah banyak sekali cara memakai hijab, salah satu yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini yaitu cara hijab kerudung segi empat.

Pada dasarnya untuk menggunakan sebuah hijab tergantung dari kreativitas kita sendiri, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak wanita muslimah yang masih bingung akan penggunaan hijab. Terlebih bagi mereka yang baru untuk memutuskan berhijab, tentunya mereka akan mencari cara berhijab simple dan yang terbaik. Nah untuk itu anda perlu menyimak pembahasan yang akan kami sampaikan berikut ini.

Cara Hijab Kerudung Segi Empat

Pada dasarnya ada banyak sekali variasi dan model dari kerudung segi empat yang sudah di jula di pasaran. Beragam variasi tersebut bisa dilihat dari sisi warna, bahan, motif, dll. Ketika anda memilih sebuah hijab tentu anda harus paham benar bahan apa yang cocok untuk hijab anda. Biasanya untuk bahan yang tipis dan mudah di terawang bisa anda gunakan sebaagai pelapis dalam cara hijab. Namun untuk bahan seperti serat sutera ataupun bahan sifon bisa anda jadikan sebagai pilihan untuk berhijab secara langsung.

Selain itu jilbab segi empat juga bisa digunakan oleh semua kalangan, baik dari kaum remaja sampai dengan orang tua. Dan dengan berjalannya waktu, saat ini jilbab segi empat sudah di desain dengan banyak gambar dan pola, bahkan terdapat juga jilbab segi empat yang memiliki corak batik. Jilbab segi empat yang polosan juga tidak akan membuat penampilan anda berkurang, karena banyak orang yang terlihat cantik ketika menggunakan jilbab segi empat polosan. Bagi anda yang ingin terlihat menarik anda bisa menambahkan berbagai macam aksesoris seperti, jarum hias, bandana, bross, dan lain sebagainya.

Sebelum masuk ke dalam cara memakai hijab segi empat simple, ada baiknya anda mempesiapkan bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan. Berikut beberapa bahan dan alat untuk menggunakan hijab segi empat:

1. Siapkan bahan utamaYang dimaksud dengan bahan utama disini tentunya adalah jilbab segi empat itu sendiri. Anda bebas memilih dan menggunakan jilbab segi empat sesuai dengan motif yang anda sukai. Baik itu motif polo, kotak-kotak, garis, bunga, motif batik, dan masih banyak motif lainnya. Selain itu pilihlah jilbab yang sesuai dengan baju yang anda gunakan agar kontras, karena hal ini akan menjadi daya tarik sendiri untuk penampilan anda.

2. Siapkan Inner

Inner atau yang sering disebut dengan daleman jilbab bisa anda gunakan sebagai jilbab bahan utama atau hanya sebagai pelapis dari jilbab. Pada dasarnya penggunaan inner sendiri bersifat kondisional, tapi banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan inner karena memang di anggap lebih nyaman dan aman ketika jilbab sudah terpasang. Tapi di sisi lain anda harus siap dengan panas karena menggunakan inner.

Nah untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda menggunakan inner yang terbuat dari bahan kaos atau spandek. Karena memang bahan kaos biasanya memiliki sifat yang elastis sehingga minim akan terjadi panas, keringat berlebih, dan untuk menghilangkan rasa pusing di kepala anda. Untuk hasil yang maksimal dalam cara cara hijab segi empat, kami lebih menyarankan anda untuk menggunakan inner. Jadi pilihlan inner yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anda.

3. Siapkan jarum pentul atau penitiBahan dan alat selanjutnya yang harus anda siapkan terlebih dahulu yaitu jarum pentul atau peniti. Dimana ini merupakan peralatan pokok yang wajib untuk ada, karena memang peniti di sini berfungsi untuk menyatukan dan mengaitkan serangkaian dari jilbab segi empat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa memilih dan menggunakan jarum peniti yang di sesuaikan dengan warna dari jilbab yang anda gunakan.

4. Siapkan aksesorisSeperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menggunakan jilbab segi empat anda bisa menambahkan berbagai macam aksesoris. Biasanya aksesoris yang sering digunakan dalam penggunaan jilbab yaitu seperti, bross, bandana, pin, dan masih banyak lainnya. Pada dasarnya penggunaan aksesoris di sini hanya untuk pelengkap saja agar tampilan hijab anda terlihat lebih cantik.

Cara Hijab Kerudung Segi Empat Dengan Mudah

Nah setelah semua bahan anda siapkan, selanjutnya akan kami berikan bagaimana cara hijab jilbab segi empat simple dan mudah untuk dilakukan. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

  • Pertama-tama pastikan bahwa anda sudah menyiapkan segala macam bahan dan peralatan sama seperti yang sudah kami sebutkan diatas.
  • Selanjutnya bagi anda yang ingin menggunakan inner atau daleman, sebaiknya anda pakai daleman tersebut terlebih dahulu.
  • Setelah itu pasang atau kenakan kerudung segi empat yang sudah anda siapkan diatas kepala. Buatlah agar sisi kiri dan kanan memiliki panjang yang sama.
  • Lalu anda rapatkan dan cari kedua bagian sisi yang tepat berada di bawah dagu dan ikat menggunakan jarum atau peniti yang sudah anda siapkan sebelumnya. Anda bisa merapikan bagian kening dan pipi dengan cara melipat kain kerudung tersebut ke bagian dalam. Pada dasarnya sampai dengan langkah ini jilbab yang anda kenakan sudah terlihat rapi.
  • Tapi untuk memberikan suatu variasi lipatan, anda bisa menarik salah satu ujung kain kea rah yang berlawanan. Jika ujung kain berada di sisi kiri, maka tarik ke ujung kanan. Kemudian anda sampirkan disamping telinga lalu ikat menggunakan peniti. Baru setelah kerudung berada di atas kepala, anda tarik menggunakan kedua tangan agar maju sedikit kedepan, sehingga akan membentuk sebuah lipatan.
  • Yang terakhir yaitu anda bisa menambahkan aksesoris yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cara Hijab Kerudung Segi Empat Ala Dian Pelangi

Dian Pelangi merupakan salah satu desainer sebuah busana muslimah yang sudah sangat populer, kali ini ia memberikan cara memakai jilbab segi empat modern yaitu sebagai berikut :

  • Pertama-tama silakan anda kenakan inner terlebih dahulu diatas kepala sebagai bahan dasarnya. Setelah itu lipatlah jilbab anda sampai membentuk segitiga, lalu letakkan diatas inner. Usahakan agar sisi kanan dan kiri memiliki panjang yang sama, dan bagian depan inner sedikit terlihat.
  • Selanjutnya silakan anda tarik jilbab dari sisi kanan anda ke arah kiri bagian wajah sampai dengan melewati dagu, setelah itu kencangkan dan ikat di dekat telinga menggunakan peniti. Untuk bagian sisa sisi jilbab anda bisa menyembunyikan dibelakang atau dibawah sisi jilbab bagian kiri. Pada bagian bawahnya anda rapikan agar menutupi dada.
  • Setelah itu jilbab pada bagian sisi kiri anda tarik ke depan, lalu ambil bagian ujungnya dan tarik ke atas kepala sampai dengan membentuk lipatan. Selanjutnya ikat ujung jilbab menggunakan peniti agar tidak lepas. Rapikan bagian ujung lipatan dan bentuklah sampai memberikan sebuah kesan seperti jilbab yang bersusun di sebelah kiri.

Usai sudah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara hijab kerudung segi empat. Untuk menjadi cantik tidaklah susah, semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk anda. Selamat untuk mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here