Home Islami ciri-ciri akhlak Islami yang harus kita ketahui

ciri-ciri akhlak Islami yang harus kita ketahui

61
0

Safari Dakwah – Akhlak memiliki artian sebagai tindakan yang dilakukan oleh seseorang. Agama islam mengajarkan untuk berbuat baik kepada semua orang tanpa terkecuali. Dari hal ini tentu sudah sangat jelah bahwa akhlak sangat berpengaruh untuk membuat manusia menjadi lebih baik lagi. Sesungguhnya, Allah sangat mencintai manusia yang memiliki akhlak baik islami. Karena itu, sebagai muslim dan muslimah yang berkualitas, harus dapat menjaaga akhlak agar dapat menjalani kehidupan ini dengan lebih baik lagi. Simak selengkapnya mengenai ciri-ciri akhlak islami terlengkap.

Sangat penting untuk dapat memahami ciri-ciri akhlak yang benar guna menggunakannya secara langsung pada kehidupan. Dengan memahami ciri akhlak islami yang benar maka sangat berguna untuk kedepannya. Setiap orang tentu harus memiliki akhlak yang baik dalam menjalani kehidupan. Terdapat hal baik yang diberikan jika memang mengerjakan hal yang baik pula. Semuanya harus diketahui dengan lebih lengkap oleh anda. Maka dari itu, simak terus ulasan dibawah ini mengenai ciri-ciri akhlak islami paling lengkap.

Ciri-Ciri Akhlak Islami Untuk Di Ketahui

Terdapat beberapa ciri-ciri yang memang sangat cocok untuk dikatakan sebagai akhlak yang baik. Berikut ciri-ciri akhlak yang baik.

1. Menjaga perkataan

Sangat penting untuk menjaga hati orang lain, termasuk dengan menggunaan perkataan. Sangat mudah melukai hati seseorang menggunakan perkataan. Terlebih, manusia memang gudang akan segala masalah yang ada di dunia ini. Karena itu, salah satu ciri akhlak islami yatu mampu untuk menjaga perkataan yang buruk. Berkatalah dengan mengguankan pikiran yang jernih dan tidak terdapat hal yang buruk. Sesungguhnya, Allah sangat menghargai umatnya yang selalu berbuat kebaikan. Karena itu, selalu berusaha untuk dapat menjaga perkataan bagaimanapun juga.  Terdapat beberapa hadist yang menyatakan akan hal ini :2. Bersifat lemah lembut

Kita semua tahu bahwa dalam menjalani kehidupan ini memang banyak sifat yang berbeda-beda. Termasuk dengan mengembangkan amanah untuk dapat bersifat lemah dan lembut. Bersifat lemah dan lembut ini memiliki artian bahwa anda harus menjaga perlakuan dengan baik kepada sesama. Terlebih kepada sejenis yang membutuhkan perhatian maupun bantuan dari anda. Buatlah diri anda menjadi lebih baik untuk dapat memberikan kebaikan. Islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk dapat berbuat secara baik. Aturan tentang berbuat baik ini telah terdapat dalam Al-Qur’an dan wajib untuk di taati. Mereka yang menaman akhlak kebaikan tentu akan memetik hasilnya pula. Beberapa firman-firman Allah :3. Menjaga penglihatan

Seorang muslim dan muslimah yang baik maka harus dapat menjaga penglihatannya dalam segala kondisi yang berlaku. Termasuk kepada lawan jenisnya. Menjaga penglihatan sangat penting untuk terhindar dari perkara-perkara yang dapat menjadi masalah dalam kehidupan. Sudah sangat jelas bahwa akhlak yang baik tentu tidak berkaitan dengan yang buruk. Jika anda dapat menjaga pandangan untuk lebih baik, maka harus lebih dapat ditingkatkan lagi. Jangan sampai seorang mu’min tidak bisa menjaga dirinya dari hal-hal yang buruk.

Firmal Allah SWT :

Menjaga penglihatan tentu sangat baik untuk membuat diri anda menjadi lebih berkualitas lagi. Termasuk dengan hal-hal yang dapat merusak iman dan syahwat. Hal yang buruk dalam pandangan bisa saja berujung pada kemaksiatan yang sangat tidak di ridhai oleh Allah. Tentu sudah jelas bahwa terdapat aturan yang melarang manusia untuk berbuat pandangan yang buruk. Selalu berikan hal yang baik untuk kualitas diri yang jauh lebih tinggi.

4. Rendah diri

Ciri akhlak islami selanjutnya yaitu memiliki sifat akhlak islami untuk rendah diri. Artinya tidak menyombongkan apa yang menjadi titipannya di dunia. Tetap berfokus kepada tujuan yaitu untuk mengumpulkan amalan yang baik sebagai bekal untuk akhirat nanti. Bekal yang baik ini sebaiknya dijadikan pedoman untuk anda lebih beriman kepada Allah SW. Sesungguhnya, Allah sangat membeci umatnya yang berkelakuan buruk dimanapun dirinya berada. Tetaplah rendah hati dan tidak mengeluarkan kesombongan yang berujung pada hal-hal buruk.

Rasulullah SAW bersabda :5. Menjauhi keburukan orang lain

Keburukan dari pada ornag lain tentu harus dihindari sebisa mungkin. Anda dapat menjauhi keburukan orang lain ini dengan cara membuat hal-hal yang mejadi lebih positif. Seseunguhnya, Allah sangat tidak suka dengan manusia yang memiliki sifat untuk mendekati keburukan dari orang lain. Buatlah diri anda menjadi lebih tinggi derajatnya dengan menjauhi hal-hal tersebut. Manusia memang sebagai makhluk yang memiliki banyak salah, namun alangkah baiknya jika dapat mengurangi kesalahan tersebut. Contoh akhlak islami yaitu menghindari ghibah.

Terdapat firman Allah :6. Bersifat pemurah

Sebagai umat manusia maka harus memiliki sifat untuk pemurah. Saling berbagi akan hal yang dimiliki dengan cara yang tepat. Islam mengajarkan umat manusia untuk dapat merasakan secara bersama-sama mengenai arti dari kehidupan. Kehidupan yang ada tentu harus dibandung menjadi lebih baik lagi. Lalu, bagaimana caranya? Yaitu dengan mengunakan akhlak islami. Akhlak-akhlak islami akan membantu anda untuk membuat diri menjadi lebih berkualitas dan tidak mudah goyah akan iman yang ada. Untuk berbagi sendiri tidak harus akan hal-hal yang mewah, terpenting yaitu memberikan hal dengan ikhlas dan bertujuan untuk baik.

7. Jujur

Akhlak yang baik yaitu jujur dalam bertindak dan melakukan perkataan. Sifat jujur sudah seharusnya dimiliki oleh semua umat manusia untuk kenyamanan dalam menjalani hidup ini. Dengan adanya sifat jujur, seseorang akan lebih baik untuk dipercayai. Sifat jujur sendiri dapat dibangun sejak dini. Artinya, anak-anak sudah dapat diajarkan akhlak islami mengenai kejujuran ini. Barang siapa yang memberikan kejujuran maka akan mendapatkan kebaikan dalam hidupnya. Tidak ada hal negatif yang didapatkan dari sifat jujur. Bahkan, Allah sendiri sangat mencintai umat manusia yang selalu berkata jujur dan jika salah dapat mengakuinya.

8. Amanah

Sifat amanah memang menjadi akhlak yang tetap harus dikembangkan. Amanah memiliki arti sebagai “dapat dipercaya”. Tentu, tidak semua manusia dapat dipercaya untuk melakukan bebrapa tugas yang dibutuhkan. Namun, anda dapat berusaha untuk menjadi lebih baik agar lebih tepat diberikan amanah oleh seseorang. Siapapun yang bisa mendpaatkan amanah, maka akan mendapatkan pula hasil yang baik. Membangun rasa amanah sendiri bukanlah hal yang mudah. Namun dibutuhkan keras keras yang cukup tinggi.

Sebagai umat agama islam, maka Allah telah memberikan pengertian mengenai amanah ini. Aturan yang ada juga harus di taati dengan lebih baik lagi. Bagi mereka yang tidak amanah maka nerakalah tempatnya dan tidak baik untuk dapat menduduki surga. Sebaik baiknya manusia, mereka yang dapat menjaga amanah yang diberikan dari orang lain.

Itulah pembahasan lengkap mengenai ciri-ciri akhlak islami yang wajib untuk anda pahami. Pastikan untuk dapat memahami hal tersebut dan melakukan implementasinya secara langsung pada kehidupan. Semoga kita semua selalu diberikan jalan yang baik oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here