Home Religi Kisah Hikmah Hikmah Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Hikmah Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh Manusia

162
0

Safari Dakwah – Puasa Ramadhan Adalah kewajiban bagi semua umat islam yang beriman kepada ALLAh SWT, yang namanya kewajiban apabila di tinggalkan tentu pelakunya berdosa, namun tahukan anda bahwa di balik begitu banyaknya hikmah orang berpuasa ternyata banyak manfaat dari bidang kesehatan, hal ini telah dilakukan riset oleh para dokter dan ilmuan.

Puasa Ramadhan dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan, makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.

Puasa Ramadhan dapat diukur melalui pasokan kalori dan kadar malondialdehida (MDA), Senyawa MDA adalah salah satu radikal bebas, substansi tak stabil hasil oksidasi yang berdampak merusak sel-sel tubuh dan mempercepat proses penuaan, radikal bebas yang berlebihan juga dituding sebagai biang keladi beragam penyakit yang diakibatkan oleh sel-sel yang menjadi aus, seperti katarak, penyempitan pembuluh jantung, dan kepikunan dan puasa sebulan bisa membuat pasokan kalori turun sampai 15 persen bahkan kadar MDA bisa terpangkas sampai 90 persen.

Puasa Ramadhan bahkan bisa Menyehatkan sistem Sistem pencernaan Selama kita berpuasa, maka organ-organ pencernaan akan beristirahat, Fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal terutama produksi sekresi pencernaan, akan tetapi dengan jumlah yang berkurang yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Pemecahan makanan juga terjadi pada tingkat yang stabil, dan pelepasan energi juga mengikuti pola yang bertahap. Sebagai akibat dari diet yang salah, sebagian besar dari kita saat ini banyak yang menderita berbagai macam penyakit gastrointestinal, Yang paling umum adalah seperti sembelit, kembung, dan gastritis.

Saat kita berpuasa sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Jadi setelah berbuka puasa, sistem pencernaan menjadi lebih efisien dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan suatu penyakit.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here