Home Religi Kisah Hikmah Hikmah Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan

Hikmah Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan

37
0

Safari DakwahZakat fitrah disyariatkan pada tahun kedua Hijriah bulan Sya’ban. Sejak saat itu zakat fitrah menjadi pengeluaran wajib yang dilakukan setiap muslim yang mempunyai kelebihan dari keperluan keluarga yang wajar pada malam dan hari raya Idul Fitri, sebagai tanda syukur kepada Allah karena telah menyelesaikan ibadah puasa. Selain untuk membahagiakan hati fakir miskin pada hari raya Idul Fitri, juga dimaksudkan untuk membersihkan dosa-dosa kecil yang mungkin ada ketika seseorang melaksanakan puasa Ramadan, supaya orang tersebut benar-benar kembali pada keadaan fitrah dan suci seperti ketika dilahirkan dari rahim ibunya.

Zakat sendiri terbagi atas dua jenis, yakni:

  1. Zakat Fitrah, merupakan zakat yang wajib dikeluarkan Muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan.
  2. Zakat Maal (Zakat Harta), mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak.

Hikmah fitrah

Hikmah yang dapat diambil dari zakat fitrah adalah membersihkan diri bagi pembayar zakat fitrah, menolong orang kesusahan agar beribadah, memberi kebahagiaan bagi orang-orang fakir dan miskin pada saat Idul Fitri, menjalin hubungan kasih sayang antara yang kaya dengan yang miskin serta sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah yang  telah diterima. Mari kita sempurnakan puasa, dengan membayar zakat fitrah di bulan suci Ramadhan yang hanya tinggal empat hari lagi.

Ketentuan fitrah

Syarat wajib zakat fitrah bagi muzakki (orang yang wajib zakat) adalah Pertama, beragama Islam. Orang tersebut masih hidup saat terbenamnya matahari di akhir Bulan Ramadhan. Orang yang meninggal dunia sesudah terbenam matahari di akhir Ramadhan ia wajib dizakati, tetapi jika meninggal sebelum matahari terbenam, maka ia tidak wajib dizakati. Anak yang lahir sebelum matahari terbenam ia wajib dizakati tetapi apabila terlahir sesudah matahari terbenam, maka ia tidak wajib dizakati. Begitu juga yang nikah sesudah matahari terbenam maka mereka tidak wajib melaksanakan zakat fitrah, namun bagi mereka yang menikah sebelum matahari terbenam, mereka harus membayar zakat fitrah.

Kedua, memiliki kelebihan makanan untuk diri dan orang-orang yang menjadi tanggungannya. Zakat fitrah dikeluarkan apabila telah mencapai nisab, yaitu batas jumlah pemilikan harta yang harus dizakati. Nisab zakat fitrah yaitu memiliki kelebihan makanan sehari semalam bagi diri dan seluruh anggota keluarga yang menjadi tanggungannya pada saat hari raya Idul Fitri.

Kewajiban membayar zakat fitrah bagi seorang muzakki adalah sebagai berikut: Waktu mubah atau waktu yang diperbolehkan yaitu sejak awal bulan Ramadhan sampai akhir bulan Ramadhan. Waktu wajib atau waktu yang baik mulai terbenamnya matahari di akhir bulan Ramadhan sampai waktu shubuh. Waktu sunah yakni waktu yang paling baik sesudah shalat Shubuh sampai sebelum shalat Idul fitri. Zakat fitrah yang dibayarkan sesudah shalat Idul fitri adalah seperti sedekah biasa.

Banyaknya zakat fitrah, bagi setiap jiwa sebanyak 3,1 liter atau 2,5 kg. Zakat fitrah berwujud makanan pokok penduduk setempat atau makanan yang mengenyangkan. Seorang kepala keluarga di samping membayar zakat fitrah untuk dirinya, ia sendiri juga wajib membayar zakat fitrah untuk tanggungannya seperti isteri, anak, orang tua dan pembantu rumah tangga.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya:
“Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala”

 

Niat Zakat Fitrah untuk Sang Istri

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA’AALAA

Artinya:
“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta’ala”

 

Niat Zakat Fitrah untuk Mewakilkan Anak Laki-laki

Biasanya Niat Zakat Fitrah ini akan dilakukan oleh para orang tua yang memiliki anak bayi laki-laki yang belum bisa membaca niatnya. Dan karena itulah bisa diwakilkan kepada orang tua.

 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya:
“Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here