Home Islami Ini Dia Amalan Rasulullah di Hari Jum’at

Ini Dia Amalan Rasulullah di Hari Jum’at

104
0

Safari Dakwah – Sebagai umat muslim yang beriman, tentu harus mengamakan hal-hal yang baik. Hendaknya setiap manusia sadar bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara dan harus berbuat yang baik. Berbagai amalan dalam kehidupan tentu harus lebih ditingkatkan lagi. Dengan begitu, pahala yang dihasilkan menjadi lebih banyak dan tidak sia-sia. Adapaun beberapa amalan yang dapat anda coba tentu sangatlah bermanfaat. Perbanyak amalan hari jumat maka akan mendapatkan hasilnya. Berikut amalan di hari jum’at sebagai penambah pahala.

Islam memberikan pembelajaran kepada umatnya untuk selalu berbuat kebaikan. Hari juat sendiri dalam islam dikenal sebagai hari yang agung serta mulia. Banyak sekali keutamaan yang didapatkan jika menjalankan amalan. Terlebih, bagi laki-laki maka diwajibkan untuk melaksanakan shalat jumat sebagai penganti dari shalat dzuhur. Kemuliaan dari shalar jumat ini memberikan berkah dan pahala serta kebajikan dalam menjalankan hidup. Bacaan amalan hari jumat sendiri sangatlah banyak.  Tentu, jika dilewatkan maka akan sia-sia hasilnya. Simak ulasan lengkap amalan di hari jum’at yang dapat dicoba.

Beberapa Di Hari Jum’at Terbaik

Banyak sekali amalan jumat yang dapat dilaksanakan untuk mendapatkan kebajikan serta pahala dalam menjalani kehidupan ini. Berikut ulasan lebih jelasnya dibawah ini.

1. Mandi sunnah jum’at

Amalan pertama yang dapat dilakukan yaitu melakukan mandi sunnah jum’at dengan lebih baik. Laksanakan mandi ini dari waktu mulai terbitnya fajar sampai sebelum menjalankan shalat jum’at. Namun, yang kerap kali dilakukan yaitu sebelum menjalankan ibadah shalat jumat, Dimana untuk melaksanakan shalat ini sebaiknya berlaku dengan baik. Sebisa mungkin, dahulukan mandi sebelum menjalankan shalat jumat. Tentu, selalu ada kebaikan yang didapatkan saat anda lebih baik dalam melakukan pendekatan kepada Allah SWT.

2. Gunakan pakaian terbaik

Berhiada yang dilakukan pada hari jum’at tentu memiliki hal yang lebih baik. Berpaikanlah dengan pakaian yang terbaik dan berwarna putih. Keridhaan dari Allah SWT akan sangat berarti untuk banyak hal dalam dunia ini. Allah selalu senantian membantu hambanya yang membutuhkan bantuan termasuk dalam menjalankan ibadah ini. Sesuatu yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Selalu berpakaian dengan baik sebelum melaksankan ibadah shalat terlebih untuk shalat jum’at.

3. Membersihkan tubuh

Hari jum’at merupakan hari yang suci, maka dari itu anggota badan tentu harus lebih suci. Banyak sekali hal yang perlu anda lakukan untuk membersihkan tubuh. Termasuk dengan mencukur kumis, ketiak, sampai dengan kuku. Keutamaan dari hal ini tentu sangatlah baik. Karena memang menjadi faktor dari kesehatan dalam tubuh masing-masing. Dimana, untuk memperoleh kesehatan yang baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Selalu bersihkan tubuh setiap hari jum’at. Tentu, akan ada manfaat dalam kehidupan.

4. Berangkat shalat jum’at dengan awal

Menunaikan ibadah shalat jumat bagi laki-aki yang beragama muslim tentu wajib hukumny. Karena shalat jum’at ini sebagai ganti dari shalat dhuzur yang dilakukan pada setiap hari. Selain itu, disunnahkan untuk menuju ke masjid ini dengan lebih awal agar mendapatkan banyak keutamaan dalam ibadahnya. Dimana keutamaan amalan sunnah jumat ini memiliki banyak sekali pahala jika dikerjakan dengan benar dan sesuai pada aturanya. Berikut dijelaskan oleh Nabi SAW pada hadits :

5. Diam saat sedang mendengarkan khutbah

Setiap melaksanakan shalat jum’at tentu anda paham bahwa akan terdapat khutbah yang digunakan untuk menyampaikan informasi baik. Pada saat tersebut, maka seseorang dilarang untuk melakukan obrolan. Tetaplah berfokus kepada ilmu yang diberikan dengan mendengarkan isi dari khutbah secara lengkap. Khutbah pada hari jum’at tentu memiliki keutamaan yang cukup tinggi dan memberikan banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan. Sesungguhnya, Allah sangat menyukai kaumnya yang gemar akan mendengarkan kebaikan. Berbicara saat sedang mendengarkan khutbah sendiri hukumnya makruh dan lebih baik dilakukan dengan bahasa isyarat. Amalan hari jumat untuk laki-laki tentu harus dipahami dengan benar.

6. Memperbanyak dzikir

Berdzikir menjadi salah satu cara yang cukup baik untuk membuat umat manusia lebih bersyukur. Dengan bersyukur tentu akan selalu ada kebaikan yang didapatkan. Manusia tentu harus lebih bersyukur akan apa yang didapatkan pada sehari-hari. Kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT sangatlah melimpah dan tidak dapat dihitung. Karena itu, berdzikir dpaat digunakan sebagai cara dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berdzikir sendir akan menjadi lebih baik dilaksanakan setiap hari. Namun, pada hari jum’at pahala yang didapatkan tentu akan menjadi lebih melimpah. Terlebih, jika anda dapat mengurangi kesalahan yang ada.

7. Membaca shalawat kepada Nabi SAW

Setiap manusia selalu memiliki kesalahan dan harus tetap membutuhkan panduan dalam menjalani kehidupan. Nabi SAW tentu memberikan banyak sekali ilmu dan pembelajaran terkait dengan aturan dalam agama islam untuk kehidupan. Kehidupan yang diberikan tentu akan lebih bermanfaat jika di implementasikan dengan baik. Pada hari jum’at disunnahkan untuk melakukan shalawat kepada Nabi SAW. Memperbanyak melakukan shalat Nabi SAW akan memberikan pahala yang sangat banyak dalam modal untuk akhirat nanti. Tentu, kehidpan yang ada harus dijadikan sebagai ajang lomba dalam membuat hidup lebih bermakna. Peritnah Nabi SAW pada haditsnya :

8. Menggunakan wewangian

Menggunakan minyak wangi sangat baik digunakan saat sedang menuju ke masjid dalam menjalankan ibadah shalat jum’at. Dimana, pada hari tersebut banyak sekali hal baik yang berguna untuk melakukan syiar agama islam. Namun, untuk penggunaan minyak wangi pada laki-laki yaitu tidak bertamak warnanya tapi semerbak baunya. Hal ini karena sebaik-baiknya manusia maka mereka yang lebih menghargai saat akan melakukan ibadahnya. Jika pakaian yang digunakan harum wanginya tentu akan menjadi lebih nyaman dalam melaksanakan ibadah. Selain itu, gunakanlah wangian yang tidak mengandung alkohol karena tidak sah shalatnya.

9. Memperbanyak doa

Sudah jelas bahwa sebagai manusia tentu harus sadar bahwa memiliki banyak kesalahan yang dapat diperbaiki dengan memohon doa. Doa yang dipanjatkan harus kepada Allah SWT sebagai Dzat penguasa alam semesta. Pada hari jum’at memiliki keutamaan untuk doa yang menjadi lebih mudah dalam penjabahannya. Allah selalu senantiasa memberikan kemudahan pada umatnya yang berdoa dengan sungguh-sungguh dan tetap berusaha dalam menjalankan banyak hal. Nabi SAW pada haditnya menjelaskan :Berdoa hendaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak menganggu orang lain. Dengan begitu, keutaman dari doa akan menjadi lebih mudah untuk terkabul. Namun, tetap haru memperhatikan bahwa usaha menjadi hal yang cukup berpengaruh. Tetaplah melakukan usaha dengan keras dan berdoa maka akan mendapatkan berkah di hari jumat.

Begitulah pembahasan lengkap mengenai beberapa amalan di hari jum’at terbaik. Selalu gunakan waktu yang ada untuk kebaikan dalam menjalani kehidupan ini. Allah selalu menjabah doa umatnya yang berusaha untuk berbuat kebaikan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat dijadikan referensi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here