Home Haji & Umroh Inilah 10 Persiapan Ibadah Umrah Yang Wajib Anda Pahami

Inilah 10 Persiapan Ibadah Umrah Yang Wajib Anda Pahami

149
0

Safari Dakwah Persiapan ibadah umrah merupakan salah satu hal yang perlu anda perhatikan sebelum berangkat berumrah. Karena memang hal inilah yang akan menunjang segala macam kegiatan anda ketika berumrah, dengan persiapan yang matang tentunya anda memudahkan anda dalam menjalankan serangkaian kegiatan umrah. Banyak sekali hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu sebelum berangkat ibadah umrah.

Baik dalam hal memahami rukun umrah, syarat, tata cara umrah, dan masih banyak lainnya. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai persiapan ibadah umrah. Untuk itu bagi anda yang berminat untuk menjalankan ibadah haji dan umrah, langkah awal yang harus anda lakukan yaitu dengan cara menyimak pembahasan yang akan kami sampaikan berikut ini. Pastikan bahwa anda menyimak pembahasan ini dengan baik.

Persiapan ibadah umrah

Terdapat beberapa hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu sebelum berangkan umrah, nah berikut akan kami berikan penjelasan lengkapnya dibawah ini.

  1. Mempelajari tentang umrah

Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah dengan mempelajari tentang umrah terlebih dahulu. tentunya ini merupakan informasi mendasar yang paling penting dan tidak boleh anda lewatkan. Banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan dari mempelajari umrah, anda bisa mempelajari umrah dari berbagai macam sumber dan referensi, seperti membeli buku, atau membaca pengertian umrah yang sudah kami berikan di awal. Selain itu pelajari juga mengenai Kota Makkah dan Kota Maddinah, karena kedua Kota inilah tempat kita melaksanakan ibadah umrah.

  1. Mencari partner yang baik

Ketika anda memutuskan untuk berumrah dengan orang lain, pastikan bahwa mereka adalah orang-orang yang baik dalam hal beribadah. Dengan memiliki partner umrah yang baik alam hal ibadah, tentunya akan sangat membantu sekali dalam melakukan serangkaian kegiatan dan cara umrah. Selain itu dengan memiliki partner yang baik ibadahnya juga akan selalu mengingatkan dan memotivasi anda agar selalu berbuat kebaikan selama menunaikan ibadah umrah, seperti menunaikan shalat malam atau tahajjud, melakuka thawaf tambahan, membangunkan anda ketika fajar, dan melakukan berbagai macam hal positif.

  1. Mengetahui aturan ihram

Persiapan ibadah umrah yang selanjutnya yaitu mengetahui aturan tata cara umrah dalam hal menggunakan ihram, salah satu contoh mudahnya yaitu anda dilarang untuk menggunakan sabun atau wewangian sesudah melakukan ihram. Untuk itu penting sekali agar anda menyiapkan jenis sabun yang tanpa pewangi sebelum anda berangkat umrah, selain itu anda juga dilarang untuk menutupi kepala bagi laki-laki. Dengan demikian anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi terik matahari yang sangat panasa di tanah suci.

  1. Mengetahui aturan mencukur rambut

Setelah anda mengetahui dan memahami aturan berihram, langkah selanjutnya yaitu dengan memahami aturan mencukur rambut. Biasanya hal ini dilakukan setelah anda selesai menunaikan serangkaian kegiatan umrah. Untuk itu pastikan bawah tukang cukur rambut yang anda kunjungi menggunakan pisau sekali pakai, karena memang Pemerintah Arab Saudi sendiri sudah memberlakukan aturan untuk menggunakan pisau sekali pakai ketika digunakan untuk bertahallul atau mencukup rambut. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya penularan penyakit antara jamaah.

  1. Menggunakan pelembab

Menggunakan pelembab sangat disarankan untuk kaum laki-laki, karena memang ketika anda sudah menggunakan pakaian ihram. Anda hanya menggunakan dua lembar kain saja untuk menutupi tubuh, bahkan anda tidak menggunakan celana dalam. Untuk itu agar tidak terjadi iritasi atau lecet pada tubuh, anda bisa menggunakan pelembab sebagai antisipasi terjadinya hal tersebut karena terdapat beberapa lipatan dalam tubuh. Sehingga dengan tubuh yang sehat akan memperlacanr kegiatan umrah anda.

  1. Mengunjungi Raudah

Hal ini juga sangat penting sekali agar anda siapkan terlebih dahulu, dan perlu anda ketahui bahwa waktu terbaik untuk mengunjungi Raudah adalah pada waktu malam hari. Banyak orang Maddinah mengatakan bahwa waktu malam hari adalah waktu yang sangat cocok untuk mengunjungi Raudah, dimana waktu malam akan lebih sepi dan tenang dibandingkan dengan siang hari. Dan perlu di ingat juga bahwa di tempat ini tidak pernah kosong jamaah yang memanjatkan doa, jadi selalu jaga sopan santun dan tingkah laku anda selama berada di tempat ini.

  1. Mengunjungi situs di Madinah

Banyak sekali situs di Madinah yang bisa kita kunjungi, dan waktu terbaik untuk mengunjungi situs-situs di Madinah adalahpada waktu pagi hari yaitu di antara terbitnya matahari sampai dengan waktu dzuhur. Salah satu hal bersejarah di Kota ini yaitu terdapat sebuah bangunan Masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW yaitu Masjid Quba, ketika anda sudah mengunjungi Masjid ini jangan lupa untuk menunaikan shalat dua rakaat dan perbanyak membaca doa dan dzikir.

  1. Komunikasi dengan orang rumah

Berkomunikasi adalah hal penting yang harus tetap anda jaga selama berada di tanah suci, terlebih anda sekarang sedang berada jauh dengan keluarga dirumah. Maka salah satu cara untuk membuat orang rumah tenang dan tidak khawatir dengan keadaan anda, maka berikan komunikasi yang baik dengan keluarga. Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi sekarang ini untuk berkomunikasi dengan keluarga, salah satunya yaitu dengan menggunakan MagicJack. Dimana dengan menggunakan aplikasi tersebut, anda bisa menelpon orang rumah secara gratis.

  1. Berbincang dengan sesama jamaah

Menjaga hubungan baik selama berada di tanah suci adalah hal utama yang harus anda jaga. Semakin banyak orang yang anda kenal, tentunya pengetahuan yang anda dapatkan juga akan semakin luas. Untuk itu sempatkan waktu anda untuk mulai berkenalan dan berbincang sesama jamaah. Terlebih yang menunaikan ibadah umrah berasal dari berbagai macam negara, tentunya hal ini bisa menjadi kesempatan emas untuk anda agar bersilaturahmi dengan umat muslim dari negara lain.

  1. Memanjatkan doa dan dzikir sebanyak-banyaknya

Ibadah umrah adalah ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT, untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT tentunya kita tidak boleh lepas dari doa umrah dan dzikir sepanjang waktu. Karena memang ini merupakan kesempatan emas untuk kita agar segala macam doa yang kita panjatkan bisa terkabulkan. Tapi perlu di ingat bahwa hal ini juga harus di dukung dengan adanya niat yang ikhlas dan tulus, karena tanpa niatan yang tulus dan ikhlas ibadah umrah yang anda lakukan akan sia-sia dan tidak mendapatkan ridha dari Allah SWT. Untuk itu panjatkanlah doa dan dzikir sebanyak-banyaknya, baikdoa untuk diri sendiri maupun keluarga, kerabat, saudara, dll.

Usai sudah ulasan lengkap mengenai berbagai macam persiapan ibadah umrah, manfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk mendapatkan informasi seputar umrah yang mungkin belum anda ketahui. Dan jangan lupa untuk bersegera menunaikan ibadah umrah, jika anda sudah mampu untuk melaksanakannya. Semoga informasi yang sudah kami berikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here