Home Religi Kisah Inspirasi Jaminan Masuk Surga Bagi Orang Yang Menjaga Shalatnya

Jaminan Masuk Surga Bagi Orang Yang Menjaga Shalatnya

147
0

Safaridakwah – “Dari Sayyidina Abu Qatadah bin Rib’iy Radhiyallahu ‘anhu, Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Allah Subhaanahu wata’ala berfirman, Sesungguhnya Aku telah mewajibkan kepada umatmu shalat lima waktu, dan Aku memberi jaminan bahwa barangsiapa menjaga shalat lima waktu pada waktunya, pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga dengan jaminan-Ku. Barangsiapa tidak menjaga shalatnya, maka tidak ada jaminan baginya.”   (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, dari Kitab Durrul Mantsur)

Dalam hadits lain, dengan jelas diterangkan bahwa Allah Subhaanahu wata’ala telah mewajibkan kepada kita shalat lima waktu.

Barangsiapa menjaga shalatnya, berwudhu dengan sempurna, shalat pada waktunya, dan mendirikannya dengan khusyu dan khudhu, maka Allah Subhaanahu wata’ala menjamin untuk memasukkannya ke dalam surga.

Dan barangsiapa yang tidak melaksanakan hal ini, maka Allah Subhaanahu wata’ala tidak memberikan jaminan untuknya. Mungkin Allah Subhaanahu wata’ala akan mengampuni atau mengazabnya.

Sungguh begitu besar keutamaan shalat sehingga dengan memperhatikannya seseorang termasuk ke dalam janji dan jaminan Allah Subhaanahu wata’ala.

Maka perlu sama-sama kita  perhatikan, jika seorang hakim atau orang kaya memberikan jaminan kepada seseorang dalam suatu tuntutan di mahkamah atau jaminan-jaminan yang lain. Maka betapa orang itu akan merasa senang dan tenang. Dan perbuatan hakim atau orang kaya itu akan dianggap sebagai jasa besar.

Begitu pula halnya dengan shalat. Shalat adalah ibadah yang sangat mudah, tidak susah payah dalam mengerjakannya (dan mendatangkan jaminan), sedangkan yang memberikan jaminan adalah Raja para raja, penguasa dunia akhirat.

 

Sumber  : Kitab Fadhilah Amal Syaikh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rahmatullah ‘alaih  Hal : 255 Penerbit As Shaff Jogjakarta 2003.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here