Home Islami Keistimewaan Istighfar Pada keseharian

Keistimewaan Istighfar Pada keseharian

150
0

Safari Dakwah – Sebagai manusia, sudah pasti sering melakukan kesalahan pada sehari-hari. Manusia yang baik yaitu berkelakuan dengan baik dan selalu meminta ampun kepada Allah SWT setiap waktu. Hal ini sangat penting mengingat tidak ada manusia yang sempurna. Semuanya pernah berbuat salah, kecil dan besarnya. Allah SWT selalu mengampuni umatnya yang meminta ampunan secara ikhlas dengan niat yang baik pula. Salah satu cara yang tepat yaitu dengan istighfar. Lafadz istighfar sangat baik sebagai obat dari hati yang terluka. Selain itu, terdapat beberapa keistimewaan istighfar pada keseharian.

Mengucapkan istighfar termasuk dalam kegiatan berdzikir istighfar yang merupakan amalan terbaik dalam sehari-hari. Sering kali, sebagai manusia melalaikan amalan-amalan yang justru baik untuk kehidupan selanjutnya. Padahal, amalan yang satu ini akan dicatat oleh malaikat dan diberikan pengampunan oleh Allah SWT. Tentu, dengan mengucapkan istighfar ini secara rutin akan memberikan hati yang jauh lebih tenang dan menuntun pada jalan tobat yang benar pula. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai kesitimewaan isitigfar pada keseharian.

Beberapa Keistimewaan Isitgfar Pada Keseharian

Terdapat beberapa keutamaan istighfar yang dapat membuat anda menjadi manusia yang lebih berkualitas. Berikut ulasan lebih jelasnya.

1. Lebih mengingat Allah SWT

Manusa selalu menyepelekan hal yang kecil dan dapat berujung pada dosa yang besar. Khilaf merupakan bagian dari perjalanan manusia yang disepelekan begitu saja. Allah sudah mengatur aturan dalam menjalani kehidupan dan tidak boleh dilanggar. Namun, masih banyak saja manusia yang berbuat keji, buruk dan berakibat fatal untuk dirinya sendiri. Allah selalu memberikan ampunan kepada umat yang ingin bertaubat secara nasuha. Cara yang baik untuk dilakukan yaitu dengan mengucapkan istighfar setiap setelah shalat fardhu.

Dengan mengucapkan istighfar lengkap, hati anda akan lebih nyaman dan tidak berlaku buruk. Karena, pikiran jug amnejadi lebih jernih dan menghilangkan hal-hal yang buruk pada diri anda. Allah selalu memberikan ampunan kepada umatnya dnegna cara yang tepat. Semua hal yang sudah terjadi harus dijadikan pengalaman dan tidak boleh di perbuat kembali. Selalu lakukan istighfar pada sehari-hari untuk hidup yang lebih baik dan tetap berkualitas.

2. Mudah untuk memafkan

Siap sangka, bahwa dengan mengucapkan istighfar sehari-hari dapat membuat diri menjadi lebih nyaman dan tetap berpikiran jernh. Amalan isitigfar ini jika dilakukan dengan benar memang sangat ampuh hasilnya. Salah satu keistimewaan istighfar yaitu menjadi lebih mudah untuk memaafkan. Tidak semua orang mudah untuk memaafkan hal yang memang menjadi luka cukup mendalam. Namun, dengan mengucapkan istighfar hati seseorang akan menjadi tergugah dan lebih mudah dalam memaafkannya. Jangan sampai, anda menjadi pribadi yang tidak baik dan sukar untuk memafkan. Sesungguhnya Allah maha memaafkan segala kesalahan umatnya.

Tentu, sebagai manusia anda harus menjadi pribadi yang lebih bijak dan tetap taat kepada aturan yang ada. Mengucapkan istighfar dapat membantu anda untuk kontrol emosi dan menjernihkan pikiran kemudian dapat saling memafkan. Sebaik-baiknya manusia ialah mereka yang mencari pertemanan bukan permusuhan. Menjadi saudara tentu jauh lebih baik dari pada menjadi musuh abadi. Karena itu, cobalah untuk saling memafkan kesahalan orang lain bagaimanapun juga.

3. Takut untuk berbuat dosa

Kehidupan di dunia ini sebaiknya digunakan untuk berbuat yang baik dan tidak menambah hal yang buruk. Setiap manusia memang memiliki kesalahan pada hidupnya. Hal tersebut sudah pasti karena manusia tidak pernah akan lepas dari masalah. Namun, alangkah baiknya untuk tidak kembali mengulang dosa-dosa yang sudah ada maupun berlalu. Hal ini dapat dicegah dengan mengucapkan istighfar pada kesehariannya. Mengucapkan istighfar akan sangat membantu untuk menghilangkan pikiran negatif agar tidak berbuat kembali hal-hal yang buruk. Pencegahan mengenai hal ini sudah pasti akan berhasil dan menjadi pilihan yang sangat baik.

Dengan mengucapkan istighfar, seharusnya manusia sadar bahwa memiliki banyak sekali dosa dan tidak pantas untuk menambahkannya lagi. Hal tersebut sangat buruk jika anda kembali membuat dosa yang sama. Alangkah baiknya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan mengucapkan istighfar. Waktu yang tepat untuk mengucapkan istighfar yaitu setelah shalat tahajud di sepertiga malam. Pada jam tesebut, maka akan lebih mudah untuk di jabah doa istighfar yang anda panjatkan.

4. Hati menjadi lebih tenang

Hati yang gelisah, kerap kali menjadi permasalah pada setiap manusia. Keistimewaan dari mengucapkan istighfar yaitu membuat hati menjadi jauh lebih tenang dan tidak merugikan diri sendiri. Adanya hati tenang ini membuat pikiran anda dapat berpikir secara posifit an berbua hal-hal yang baik pula. Terlebih, untuk wanita yang memang harus memliki pribadi dengan hati yang tenang. Hati yang tenang sangat membant dalam menjalani aktivitas seahri-hati. Bersabar menjadi kunci awal untuk menjalani kehidupan di dunia agar menjadi manusia yang lebih beriman dan memiliki akhlak yang baik. Jangan sampai, hati tergangu akan kegelisahan anda.

Dengan memohon dan meminta ampunan kepada Allah, maka akan membuat diri anda jauh lebih nyaman dalam menjalani kehidupan. Selalu meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Keselamatan dari jiwa menjadi bekal yang cukup penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Mengucapkan istighfar setelah shalat fardhu juga waib dilakukan untuk membuat diri anda menjadi lebih berkualitas lagi. Kekuataan istighfar yang dahsyat yaitu dapat membuat hati menjadi tenang.

5. Tidak perlu sombong

Hati yang gelisah maupun sedang panas, maka akan membuat berbagai macam hal yang tidak sepatutnya dapat terjadi. Seperti halnya menyombongkan dirinya kepada orang lain. Hal ini sangat tidak pantas untuk dilakukan, mengingat semua hal yang ada di dunia in hanyalah titipan dan tidak akan dibawa mati. Tidak perlu menyombongkan diri terlebih mengenai harta yang dimiliki pada dunia ini. Cara yang baik yaitu dengan melakukan amalan istighfar untuk terhindari dari hal seperti ini.

Sesungguhnya, dosa yang besar yaitu mereka yang menyombongkan diri atas apa yang mereka miliki. Solusi terbaik untuk terhindar dari sifat ini yaitu dengan sering mengucapkan istighfar agar lebih mengingat kepada Allah SWT. Hati anda tentu membutuhkan waktu ruang yang baik dalam melakukan penyelarasan. Cukup dengan mengucapkan istighfar panjang, hati akan menjadi lebih terbuka dan tidak mudah terserap akan hal yang kotor seperti menyombongkan diri. Jangan sampai, hal-hal yang buruk ini membuat diri anda menjadi pribadi yang buruk.

Itulah beberapa keistimewaan istighfar pada keseharian yang perlu anda ketahui. Selalu sempatkan untuk dapat mengucapkan istighfar agar hidup anda menjadi lebih berkualitas. Sesungguhnya, mereka yang baik tentu terhindar dari beragam hal yang buruk dalam kehidupan di dunia ini. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here