Home News Internasional Kejayaan Ummat Muslim di Inggris, pada Abad Pertengahan

Kejayaan Ummat Muslim di Inggris, pada Abad Pertengahan

150
0

Kejayaan Ummat Muslim  di Inggris di Abad Pertengahan. Sahabat safari dakwah yang mulia. Berdirinya dinasti Umayyah pada tahun 661 M, menandai kejayaan peradaban Ummat Muslim dunia.

Berawal dari migrasinya mantan pekerja kolonial dan setelah Perang Dunia Kedua, Ummat Muslim yang cukup besar kini terlihat di sejumlah kota terutama di pusat kota Inggris.

Hal ini tentu saja merupakan sejarah Kejayaan ummat Muslim di dunia, yang tidak diketahui secara umum dalam sejarah awal abad pertengahan.

Tahun 772M, dinasti Umayyah mengambil alih kota Spanyol Andalusia. Dan telah memperluas wilayahnya hampir menuju ke Paris. Terbukti adanya Lafadz Bismilah dalam Koin milik kerajaan Inggris

Koin ini memiliki kemiripan dekat dengan dinar Arab yang dibuat beberapa saat sebelumnya, yang telah menjadi fokus dari banyak pembicaraan orang.

Beberapa ahli percaya bahwa barang-barang tersebut dimaksudkan adanya hubungan diplomatik minyak upaya untuk mencari dukungan terhadap potensi ancaman tetangga Umayyad Offa.

Ada pun alasan untuk penciptaan Koin Dinar ini merupakan salah satu titik kontak paling awal antara Ummat Muslim dan Kerajaan Inggris. Bukti lain juga ditemukannya perunggu dari abad ke-19 di ujung selatan pantai Irlandia

Tertulis “Bismillah”  Atas nama Allah Subhanahu Wa Ta’ala salah satu dari sejumlah artefak gaya Islam yang ditemukan di Inggris dan Irlandia selama periode ini.

Ini menunjukkan tingkat interaksi dan perdagangan yang signifikan antara kerajaan-kerajaan Kepulauan Britania dan Ummat Muslim.

Dalam nada yang sama, para sejarawan menyebut Masjid Agung Cordoba sebagai pengaruh arsitektur pada Kapel Galilea abad ke-12 di Katedral Durham.

 

Sumber : cardiff.ac.uk/ Ilustrasi : Wikimedia Commons

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here