Home Haji & Umroh Ketahui Syarat Dan Wajib Umrah Untuk Umrah Yang Sempurna

Ketahui Syarat Dan Wajib Umrah Untuk Umrah Yang Sempurna

262
0

Safari Dakwah – Syarat dan wajib umrah adalah salah satu hal yang perlu anda perhatikan, karena memang hal ini masih saling berkaitang dengan tata cara pelaksanaan umrah sama seperti dengan apa yang sudah di contohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Dalam hal ini syarat dan wajib umrah perlu anda penuhi semuanya, jika dalam rukun umrah tidak di penuhi umrah yang anda lakukan dianggap tidak sah. Hal ini berbeda dengan wajib umrah, jika ada salah satu yang tidak anda penuhi, maka anda diharuskan untuk membayar sebuah dam atau denda.

Untuk itu penting sekali mengetahui syarat dan wajib umrah, hal ini ditujukan untuk membuat umrah yang anda lakukan bisa sempurna. Biasanya ketika anda sudah mendaftar umrah di salah satu instansi, anda akan mendapatkan bimbingan umrah atau yang lebih dikenal dengan sebutan manasik umrah. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan salah satu contoh bimbingan umrah yaitu mengenai syarat dan wajib umrah. Untuk itu anda perlu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Syarat syarat ibadah umrah yang harus terpenuhi

Terdapat beberapa syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum bisa berangkat menunaikan ibadah umrah, berikut akan kami berikan penjelasan lengkapnya dibawah ini.

1. Islam

Syarat yang pertama sudah tentu merupakan hal mutlak yang harus anda penuhi sebelum bisa berangkat umrah. Karena memang hanya orang Islam lah yang di tuntut untuk melaksanakan ibadah umrah saja. Namun di sisi lain agama Islam adalah salah satu agama yang sangat indah, dimana tidak memberatkan umatnya. Dalam hal ini yang dianjurkan untuk menunaikan ibadah umrah adalah bagi mereka yang sudah mampu baik dalam segi materi maupun non materi.

2. Memiliki akal sehat

Syarat untuk bisa menunaikan ibadah umrah selanjutnya yaitu memiliki akal yang sehat, hal ini berarti hanya orang yang memiliki akal saja yang dianjurkan untuk menunaikan ibadah umrah. Dengan kata lain orang gila yang melakukan umrah tidak sah, tentunya hal tersebut juga sangat tidak mungkin terjadi. Karena setiap orang gila pastinya tidak memiliki daya ingat yang cukup kuat, terlebih dalam ibadah umrah sendiri terdapat serangkaian kegiatan atau rukun umrah yang wajib untuk di laksanakan.

3. Istitaah

Mungkin masih banyak orang yang kurang paham dengan istilah satu ini, padahal ini merupakan syarat pokok yang harus terpenuhi terlebih dahulu sebelum berangkat umrah. Dimana istitaah sendiri memiliki arti yaitu seseorang yang mempunyai kemampuan dalam segi finansial, fisik, dan keamanan. Karena memang seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika ibadah ini sangat dianjurkan sekali bagi orang yang sudah mampu.

4. Baligh

Baligh merupakan suatu tanda-tanda dari seseorang ketika sudah menginjak usia lebih dewasa, biasanya untuk anak laki-laki akan di tandai dengan yang namanya mimpi basah. Sedangkan untuk anak perempuan akan ditandai dengan adanya Menstruasi. Setiap orang yang sudah baligh akan diwajibkan untuk melaksanakan rukun islam, seperti shalat, zakat, haji,dll. Hal tersebut juga berlaku untuk ibadah umrah, dimana seseorang yang sudah baligh dan mampu di anjurkan sekali untuk beribadah umrah. Dan bagi anak-anak yang belum baligh tidak disyariatkan untuk menunaikan ibadah umrah.

5. Merdeka

Mungkin untuk hal ini sudah sangat jarang sekali terjadi, karena memang saat ini sudah tidak mengenal lagi yang namanya perbudakkan. Walaupun begitu hal ini juga menjadi salah satu syarat umrah yang harus anda penuhi. Jika anda masih menjadi budak maka anda tidak boleh menunaikan ibadah umrah, hal ini ditujukan untuk menunaikan kewajiban anda sebagai pelayan. Karena memang ibadah umrah sendiri akan dilakukan dalam waktu yang terbilang cukup panjang, sehingga akan di khawatirkan jika tuannya terbengkalai dan tidak ada yang mengurusnya.

Wajib umrah yang tidak boleh anda tinggalkan

Terdapat beberapa wajib umrah yang harus anda penuhi, jika terdapat salah satu wajib umrah yang tidak terpenuhi maka anda diharuskan untuk membayar dam atau denda sesuai dengan apa yang anda langgar. Berikut beberapa wajib umrah yang harus anda penuhi :

1.Ihram

Mungkin untuk wajib umrah satu ini sudah kami singgung pada pembahasan rukun umrah, karena memang hal ini masih saling berkaitan satu sama lain. Pakaian ihram adalah sejenis pakaian dengan dua lembar kain tanpa ada satupun jahitan di dalamnya. Selain menggunakan pakain ihram anda diwajibkan untuk membaca niat umrah dari Miqatnya.

2. Meninggalkan yang dilarang dalam ihram sah

Terdapat beberapa larangan umrah yang harus anda hindari selama menunaikan ibadah umrah, berikut beberapa larangannya :

a. Bagi laki-laki

  • Menggunakan pakaian yang terdapat jahitan.
  • Menggunakan sepatu yang bisa menutupi mata kaki.
  • Menutupi kepala yang memiliki sifat dapat melekat dikepala seperti topi, namun menggunakan payung diperbolehkan..

b. Bagi wanita :

  • Menggunakan kaus tangan yang bisa menyebabkan telapak tangan anda tertutup.
  • Menggunakan penutup muka atau yang sering disebut dengan cadar.

c. Bagi laki-laki dan wanita :

  • Menggunakan wewangian seperti parfum, terkecuali wewangian yang anda gunakan sebelum menggunakan ihram dan sudah mengering pada saat ihram.
  • Memotong kuku dan bercukur atau mencabut bulu pada badan.
  • Memburu, menganggu, atau membunuh hewan dengan cara apapun.
  • Memotong atau merusak pepohonan di tanah haram.
  • Melamar, menikah atau menikahkan dan berperan sebagai saksi.
  • Melakukan hubungan intim bagi setiap pasangan, baik itu pasangan suami istri.
  • Mencaci maki, bertengkar, berkelahi dan mengucapkan kata-kata yang tidak sepantasnya atau kata-kata kotor.

3. Melaksanakan Thawaf Wada’

Ini merupakan salah satu jenis dari Thawaf, dimana Thawaf ini bisa diartikan sebagai salah satu bentuk penghormatan sebelum anda kembali ke negara masing-masing. Cara thawaf ini sama dengan thawaf pada umumnya, dan ketika anda sudah melakukan Thawaf Wada’, maka anda dilarang untuk kembali lagi ke Masjidil Haram dan Ka’bah. Biasanya waktu yang ideal untuk melakukan Thawaf ini adalah pada waktu dini hari, setelah anda melakukan shalat tahajud yang akan dilanjutkan dengan shalat shubuh berjamaah. Nah setelah shalat shubuh tersebut baru anda menyiapkan berbagai macam keperluan untuk dibawa pulang.

Jadi itulah beberapa syarat dan wajib umrah yang harus anda perhatikan selama menunaikan ibadah umrah. Karena kalau anda belum memenuhi satu syarat diatas, berarti anda tidak bisa menunaikan ibadah umrah. Dan jika ada salah satu wajib umrah yang tidak terpenuhi, maka anda diharuskan untuk membayar denda. Simak ulasan selanjutnya yang akan kami berikan yaitu tata cara ibadah umrah. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here