Masjid Fatih merupakan sebuah masjid kekaisaran Utsmaniyah yang terletak di distrik Fatih, Istanbul, Turki. Dan, menjadi salah satu contoh terbesar arsitektur Turki Islam di Istanbul dan berpengaruh dalam perkembangan arsitektur Turki klasik.

Selain menyimpan banyak pesona peradaban Islam, sebagian di antaranya merupakan peninggalan kesultanan yang pernah berpusat di Turki. Jejak-jejak keunggulan para sultan Muslim pun dapat dilacak dari karakteristik masjid-masjid yang pernah didirikan pada zamannya.

Masjid yang disebut-sebut sebagai Masjid Penakluk ini mengambil nama dari sultan Utsmaniyah Mehmed sang Penakluk, yang dikenal dalam bahasa Turki dengan sebutan Fatih Sultan Mehmed, sultan Utsmaniyah yang menaklukan Konstantinopel pada 1453.

Kompleks masjid Fatih adalah bangunan keagamaan dan sosial dengan ukuran tak biasa dan kompleksitas yang dibangun di Istanbul antara 1463-1470 atas perintah Fatih Sultan Mehmed.

Masjid tersebut dibangun di situs bekas Gereja Rasul Suci Kekaisaran Bizantium, yang mengalami kondisi yang memprihatinkan sejak Perang Salib Keempat dan diperintahkan untuk dihancurkan untuk membangun masjid Fatih.

Masjid tersebut dibangun oleh arsitek Yunani Atik Sinan. Masjid Fatih adalah proyek monumental pertama dalam tradisi arsitektural kekaisaran Utsmaniyah.