Home Islami Kewajiban Wanita Muslimah Terlengkap

Kewajiban Wanita Muslimah Terlengkap

153
0

Safari Dakwah – Semua yang diciptakan oleh Allah SWT tentu tidak dapat disia-siakan. Begitu juga dengan manusia yang diberikan banyak sekali karunia. Manusia diciptakan oleh Allah SWT tentu memiliki hakikadan tujuan yang harus dicapai baik untuk laki-laki maupun perempuan. Wanita dan laki-laki memang memiliki perbedaan, namun untuk tujuannya masih sama. Semua makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT harus taat kepada aturan yang telah Allah buat. Menjauhi semua larangan yang ada menjadi hal yang penitng dan harus memahami akan kewajiban muslimah terhadap dirinya. Simak ulasan lebih lengkapnya mengenai kewajiban wanita muslimah terlengkap.

Wanita muslimah tentu harus paham mengenai apa saja yang Allah wajibkan kepada dirinya baik itu berupa amalam maupun tugas-tugas dalam islam. Semua yang istimewa kepad wanita tersebut tentu diberikan langsung oleh Allah. Karena itu, tidak ada lagi alasan untuk dapat menghindari kewajiban islam yang sudah tertera Melalaikan kewajiban tentu akan mendapatkan balasan yang setimpal kelak. Kami akan membahas dengan lebih lengkap mengenai kewajiban wanita muslimah.

Kewajiban Wanita Muslimah Lengkap

Dalam agama islam sangat perlu wanita untuk memahami apa saja yang menjadi acuan untuk dapat menajalankan kewajiban yang sudah berlaku.

1. Menjaga shalat 5 waktu

Menjalankan ibadah shalat 5 waktu memang hukumnya wajib bagi siapapun yang beragama islam. Shalat tentu tidak boleh ditinggalkan apapun itu alasannya. Bahkan untuk sakitpun maupun sedang dalam perjalanan yang jauh harus tetap melakukan shalat. Shalat meruapakan rukun kedua pada agama islam. Karena itu, kewajiban muslim tidak diperbolehkan untuk meninggalkan shalat. Bagi mereka yang meninggalkan shalat maka sama saja dengan merobohkan tiang agamanya sendiri.

Padahal, dengan melakan shalat banyak sekali manfaat yang akan didapatkan. Mulai dari rasa nyaman dan aman sentosa serta dapat berdoa dengan lebih khusuk. Meminta pertolongan dan ampunan kepada Allah SWT melalui shalat akan jauh lebih baik dan cepat untuk dijabah. Bagi wanita muslim, tentu shalat akan memebrikan ketenangan jiwa yang jauh lebih baik dan tempa curahan hati terbaik. Lantas, apakah yang tetap membuat anda meninggalkan shalat? Jangan pernah tinggalkan shalat wajib.

2. Selalu melakukan akhlak baik

Muslimah yang baik tentu harus memiliki sifat yang baik pula. Dalam menjalani kehidupan, alangkah baiknya untuk dapat bersama-sama menjaga kebaikan yang telah ada. Selalu senantiasa untuk dapat bergaul degan wanita yang baik serta jangan pernah mendekati hal yang buruk. Teman yang buruk bisa jadi dapat menjerumuskan muslimah untuk berjalan pada alur yang salah. Hal ini harus tetap diperhatikan , terlebih di era sekarang yang terlalu muda untuk menemukan teman dengan adanya media sosial.

Pergaulan yang salah bisa menyebabkan adanya kerusakan pada moral muslimah dan mendapatkan dosa. Hal seperti inilah yang harus dihindari dan diperhatikan. Muslimah wajib untuk memberikan pembelajaran ilmu dalam bersosial yang baik agar dapat dijadikan contoh oleh yang lainnya. Hendaknya sesama muslimah saling membantu satu sama lainnya jika terdapat masalah. Pilihlah sahabat yang memang memiliki akhlak baik pula agar dapat bersama-sama memperbaiki diri menjadi yang lebih baik lagi.

3. Menggunakan jilbab Syar’i

Seorang wanita muslimah diharuskan untuk menggunakan jilbab yang syar’i Hal ini berguan untuk menutup aurat dan tidak memperlihatkan apa yang bukan mahramnya. Selain itu, tetap wanta muslimah harus menutup aurat dengan rapat-rapat. Pakaian yang digunakan haruslah longgar dan tidak ketat. Selain itu, gunakanlah kain yang tebal dan tidak tipis ataupun transparan yang membentuk lekuk dari tubuh muslimah. Hal ini tentu sangat diperlukan untuk sama-sama membangun kualitas dari diri.

Selain itu, kewajiban berhijab yang syar’i harus tetap dikenakan dalam setiap waktu. Jibab yang digunakan harus menutupi semua rambut dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, pemilihan warna yang digunakan juga tidak boleh terlalu mencolok. Bagi kaum muslimah, hal ini tentu sangat diwajibkan. Ditambah, gunakanlah wagi-wagian sewajarnya dan tidak berlebihan. Jangan sampai justru menarik perhatian dari para laki-laki.

4. Menjauhi ghibah dan banyak berzikir

Ghibah merupakan kegiatan yang sangat dilarang oleh Allah SWT. Selain merugikan orang lain, kegiatan ini juga berdampak fatal bagi diri sendiri. Dengan adanya ghibah, maka hati seseorang menjadi tidak tentram dan sukar untuk menerima kritik serta saran yang diberikan. Seorang wanita muslimah wajib hukumnya untuk menjauhi kegiatan yang satu ini. Justru, muslimah dituntut untuk lebih banyak kegiatan yang positif seperti melakukan dzikir. Jangan pernah lakukan hal buruk yang membicarakan mengenai aib dari seseorang.

Kebiasaan buruk berupa ghibah ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Jika memang terdapat wanita muslimah yang masih berlaku seperti ini maka perlu untuk diberikan informasi yang jelas. Allah SWT bahkan menyamakan orang yang suka mengungunjing sebagai pamakan bangkai. Kebiasaan ini harus segera dihilangkan karena tidak memiliki efek baik apapun dan justru membuat hati semakin goyah.

5. Selalu bersabar dan rendah hati

Bagaimanapun, manusia memang merupakan mahkluk sosial yang harus mengontrol dirinya. Terlebih untuk wanita muslimah yang harus memiliki sifat lemah dan lembut kepada siapaun. Sebagai wanita yang muslimah, anda tidak diperbolehkan untuk selalu mengeluh dengan sering terlebih kepada suami anda. Kontrol diri yang baik harus dimiliki oleh seorang muslimah. Baik itu saat terkena musibah maupun dalam segala kondisi yang sedang dijalaninya. Jangan pernah melakukan hal yang tidak sabar seperti menyobek, menampar dan sebagainya. Hal ini tentu sangat dilarang oleh agama islam karena dapat berpengaruh pada hati yang memiliki kebencian.

Cara yang tepat untuk mengurangi adanya hal ini yaitu dengan berzikir dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Cara terbaik untuk mencurahkan isi hati anda yaitu dengan beribadah kepada-Nya. Allah maha mengetahui segalanya apa yang anda rasakan. Terlebih, sifat dari rendah harti yang tetap harus dijaga agar menjadi muslimah yang lebih berkualitas dalam menjalani kehidupan ini. Jangan pernah ragu untuk berbuat aik kepada siapaun itu.

6. Menjaga kehormatan diri

Wanita diciptakan sebagai makhluk yang terhormat dan tidak mudah untuk direndahkan oleh kaum lainnya. Tuntutan yang diberikan yaitu untuk tetap memiliki kehormatan dengan menjauhi berbagai macam hal yang buruk seperti pergaulan bebas terlebih melakukan zina. Larangan muslimah yang satu ini memang sangat tidak diperbolehkan apapun alasan yang diberikan. Allah ta’ala berfirman :

Begitulah pembahasan lengkap  mengenai kewajiban wanita muslimah yang harus di pahami dengan lebih jelas. Wanita muslim tentu selalu berupaya untuk memperbaiki diri menjadi wanita yang lebih bai. Dengan memahami beberapa hal diatas diharapkan dapat memacu diri untuk lebih taat kepada aturan Allah SWT. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here