Home News Foto Masjid Al Khusaeni Carita, Banten

Masjid Al Khusaeni Carita, Banten

221
1

 

[metaslider id=”622″]

Masjid Al Khusaeni Carita, Banten

Safaridakwah – Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Carita, Banten. Pantai yang begitu indah dan sejuk dengan pasir putihnya sekaligus menjadi salah satu destinasi wisata favorit ketika akhir pekan tiba. Selain memiliki pemandangan yang indah. Pantai Carita pun memiliki Masjid tua peninggalan masa penjajahan Belanda.

Masjid ini diberi nama Masjid Al Khusaeni Carita. Masjid yang berdiri di Kampung Pagedongan, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang Banten. Menurut ahli sejarah, Masjid Al Khusaeni dibangun oleh salah seorang murid Syaikh Nawawi Al Bantani.

Adalah Syaikh Al Khusaeni yang pertama membangun masjid ini pada tahun 1889. Masjid Al Khusaeni juga diberikan masyarakat sekitar untuk mengabadikan jasa Syaikh Al Khusaini yang begitu besar dalam pembangunan masjid maupun dalam syiar Islam diwilayah pesisir Banten.

Arsitektur bangunan Masjid Al Khusaeni ini mirip masjid-masjid yang berada di pulau Jawa bagian tengah. Bersusun tingkat dengan keseluruhannya empat tingkatan. Masjid ini disangga empat pilar dari kayu yang begitu besar  yang berada diruang tengah Masjid. Sementara pengaruh asing begitu jelas terlihat pada tembok yang begitu tebal mirip kantor gubernur masa kolonial Belanda.

Kabar Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 terdengar sampai ketelinga Syaikh Al Khusaeni yang waktu itu berada di Makkah untuk mempelajari ilmu Agama bersama gurunya Syaikh Nawawi. hal itulah yang membuatnya memutuskan untuk pulang. Dan selang beberapa waktu di Carita, kemudian Syaikh Al Khusaeni mengajak masyarakat untuk membangun sebuah Masjid sebagai bentuk cinta nya kepada tanah kelahirannya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here