Home News local Masjid Terapung Palu yang terkena Tsunami

Masjid Terapung Palu yang terkena Tsunami

102
0

Safari Dakwah – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, Setelah diterpa Gempa pada Lombok kali ini, terjadi Gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala dan disusul tsunami di Palu pada Jumat (28/9) kemarin, Tsunami memporak-porandakan Palu, Sulawesi Tengah, Banyak bangunan rusak dan menelan korban jiwa, sampai masjid terapung di sana pun ikut roboh, Sampai dengan saat ini sudah tercatat sudah 384 Orang Meninggal Dunia,

jika kita lihat sejarah pada Palu yang merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk, Penduduk Kota Palu berjumlah 342.754 jiwa (2012).

Banyak bangunan-bangunan yang rusak, salah satunya adalah Masjid Arkam Babu Rahman. Masjid ini berada di atas air dan disebut sebagai masjid terapung Masjid unik bernama Arkam Babu Rahman ini berlokasi di Teluk Palu, atau Kampung Lere, di Palu Barat provinsi Sulawesi Tengah.

Sekitar 30 meter jarak dari bibir pantai telah berdiri masjid terapung ini, Pembangunannya baru selesai pada awal tahun 2012 silam. Masjid ini dibangun dengan tujuan mengenang Dato Karama, yakni seorang penyebar agama Islam yang ada di Kota Palu di abad ke-17, Memiliki luas sekitar 121 meter persegi yang mampu menampung hingga 150 Jamaah.

Masjid terapung ini tertancap oleh pilar yang mencapai kedalaman 10 meter. Soal sejarah, nama masjid ini adalah singkatan dari nama kedua almarhum orang tua pendiri masjid. Masjidnya dibangun dengan biaya sendiri atas nama umat Muslim.

Konon kabarnya masjid terapung ini didirikan dan dibiayai secara keseluruhan oleh salah seorang pengusaha sukses di Palu yang juga merupakan pemilik salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di kota Palu bernama Muhammad Hasan Bajamal, Yang mana letak SPBU itu berhadapan dengan masjid terapung ini.

Soal kubah Masjid Arkam Babu Rahman yang bercahaya, itu menggunakan alat khusus yang dibeli dari China, Bisa terlihat dari jalan raya pancaran warnanya dan ada tujuh warna, Pancaran warna dari kubah masjid terapung ini yakni warna merah, jingga, hijau, unggu, biru, pink dan putih. Warnanya berganti-ganti dalam hitungan detik.

Sumber Foto : Detik.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here