Safari Dakwah – Remaja adalah mereka yang telah meninggalkan masa kanak-kanak yang penuh ketergantungan dan menuju masa pembentukan tanggung jawab. Masa remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah terbayangkan dan dialami, dalam bidang fisik-biologis maupun psikis atau kejiwaan. Menstruasi pertama bagi kaum wanita dan keluarnya sperma dalam mimpi basah pertama kaum pria adalah merupakan tonggak pertama dalam kehidupan manusia yang menunjukkan bahwa mereka sedang dalam perjalanan usia remaja yang indah dan penuh dengan tanda tanya.

Islam dan Dunia Remaja, Sebenarnya apa sih hubungan islam dan dunia remaja itu? Memang ada hubunganya ya? Sebelum kita membahas itu, bagaimana sih remaja di mata Islam itu dan Islam di mata remaja itu sendiri.

Remaja di mata Islam sudah seperti tonggak kesuksesanya, hal ini dikarenakan remaja adalah generasi penerus Islam. Jika generasi remajanya bagus dan bisa mengamalkan Islam dengan baik, maka Islam juga akan semakin tangguh. Akan tetapi bila remajanya sudah menyalahi aturan yang telah disyari’atkan oleh Islam, dan akhlaqnya telah rusak, maka Islam juga akan mudah sekali runtuh dan tidak memiliki kekuatan.

Islam di mata remaja hendaknya dijadikan panutan dan tuntunan dalam menjalani hidup, karena apabila remaja menjalankan syari’at Islam dengan sebagaimana mestinya, maka muncullah generasi muda penerus perjuangan Islam yang handal dan Insyaallah diridhoi oleh Allah.

Pergaulan yang Baik

Dizaman modern seperti ini pergaulan patut menjadi perhatian kita bersama, Coba kita lihat disosial media tentang maraknya pergaulan bebas, obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya, Serta banyaknya perkembangan teknologi yang seharusnya digunakan untuk belajar meningkatkan pengetahuan tentang ipTek malah disalah gunakan. Ini semua adalah akibat dari salah pergaulan. Salah pergaulan disebabkan karena berbagai factor, mulai dari factor keluarga yang kurang harmonis hingga menyebabkan remaja frustasi dan lari kejalan yang salah, factor teman yang salah yang sering mengajak kearah negative, serta factor lingkungan yang mendukung untuk melakukan hal negative, dan juga tidak dihiraukannya lagi batasan batasan pergaulan.
Semua hal diatas tidak akan terjadi jika remaja masih menerapkan etika pergaulan yang telah diajarkan dalam agama Islam. Sayangnya etika pergaulan itu sudah tidak begitu dipedulikan oleh remaja, Padahal begitu banyak kebaikan didalamnya.
Bergaul dengan Lawan Jenis

Bergaul dalam hal apa saja yang harus ada aturan main dan batasan-batasannya? Ketika bergaul dengan lawan jenis tetap ada aturannya, jangan sampe punya alasan bahwa bergaul di medsos dengan lawan jenis jadi malah bebas karena merasa punya alasan tidak bertemu langsung.

Selain itu, bergaul dengan lawan jenis pasti ada aturan mainnya, nggak sembarangan, apalagi sampe Pacaran itu sebabnya, meski kamu mengatasnamakan pacaran online, Malah bisa jadi via online lebih gawat lagi,walau nggak ketemuan, namun efeknya bisa membuat kita lebih penasaran.