Home News Internasional Negara Islam Terkecil Di Dunia Yang Wajib Anda Baca

Negara Islam Terkecil Di Dunia Yang Wajib Anda Baca

152
0

Safari Dakwah – Memang saat ini jumlah penduduk Muslim yang ada di seluruh dunia sekitar 1,7 Miliar jiwa, walaupun begitu masih terdapat beberapa negara Islam terkecil yang ada di dunia. Negara dengan umat muslim terbesar biasanya identic dengan kawasan Timur Tengah, seperti Mesir, Iran, irak, Jazirah Arab, dll. Walaupun begitu perlu anda ketahui jika masih banyak negara kecil lainnya yang mayoritas penduduknya beragama islam.

Anda penasaran? Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa daftar negara islam terkecil di dunia. Walaupun negara ini memiliki populasi penduduk yang jumlahnya sangat sedikit, tapi rata-rata penduduknya yaitu sekitar 70-95 % semuanya menganut agama islam. Untuk itu kita sesama saudara Muslim harus mengetahui negara mana saja yang menganut agama islam, nah berikut akan kami berikan ulasan lengkapnya. Untuk itu simak pembahasan berikut ini dengan baik.

Negara Islam Terkecil Di Dunia Yang Wajib Anda Baca

Terdapat beberapa negara kecil yang hampir mayoritas penduduknya menganut agama islam, lantas negara manakah itu? Simak ulasan lengkpanya dibawah ini.

1. MayotteMungkin masih banyak orang yang masih asing dengan negara ini, karena memang negara ini terbilang sangat kecil jumlah penduduknya. Bahkan bisa dikatakan bahwa Mayotte pada dasarnya bukanlah sebuah negara islam, dimana negara yang hanya merupakan pulau ini masih menjadi bagian dari wilayah Prancis. Walaupun begitu negara kecil Mayotte yang hanya memiliki jumlah penduduk sebesar 200.000 jiwa ini hampir semuanya menganut agama islam.

Hal ini bisa ditunjukan dari statistic jumlah penduduk yaitu sekitar 98,8 persen dari jumlah penduduk total Mayotte menganut agama Islam, dan sisanya menganut agama Kristen. Sebagian besar penduduk yang ada di Mayotte merupakan orang Komoro. Biasanya mereka datang kesini dengan tujuan untuk berdagang dan berdakwah untuk menyebarkan agama Islam. Selain itu orang-orang Iran dan Irak juga sering datang ke pulau ini dengan tujuan yang sama. Jadi sudah tidak mengherankan lagi jika mayoritas penduduk dari negara ini menganut agama Islam, karena memang di pengaruhi dari orang-orang Komoro, Iran, dan Irak.

2. Western SaharaNegara islam terkecil di dunia selanjutnya yaitu negara Western Sahara, dimana negara yang terletak di pantai barat Afrika ini hampir seluruh penduduknya menganut agama Islam. Walaupun dulunya negara ini pernah dijadikan sebagai pasar budak oleh negara Prancis kira-kira pada tahun 1970 an. Hal inilah yang mempengaruhi terjadinya perpecahan dengan negara tetangga seperti Maroko dan Maurita, bahkan sampai saat ini masih sering terjadi konflik di daerah perbatasan.

Walaupun begitu kita tidak bisa memungkiri bahwa negara yang hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 586.000 jiwa ini, hampir mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Statistic membuktikan bahwa 99,8 persen dari jumlah penduduknya merupakan orang Islam. Yang membuat negara ini memiliki banyak umat islam, karena memang negara ini terletak di anatar zona persebaran Islam di benua Afrika, seperti Mesir, Maroko, Libya, sampai Algeria. Jadi sudah tidak mengherankan lagi jika negara kecil ini juga terpengaruh adanya persebaran Islam tersebut.

3. KosovoNegara satu ini juga masih sangat asing di telinga kita, walaupun begitu negara kecil yang hanya memiliki penduduk sekitar 1,5 juta jiwa ini hampir semua penduduknya menganut agama Islam, yaitu sekitar 92 persen dari total jumlah penduduknya. Pada masa lalu negara ini pernah dikuasai oleh Turki Otonom, bahkan kekuasaan tersebut berlangsung sampai 4 abad lamanya. Hingga akhirnya pada abad ke-20  Turki Otonom mengalami kehancuran dan berubah nama menjadi Turki Modern.

Selain itu Kosovo sendiri merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Eropa yang mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen dan Katolik. Bahkan lokasi dari negara ini sendiri berada di Semenanjung Balkan yang merupakan pusat persebaran agama Kristen dunia bermua. Hal inilah yang membuat negara ini bisa dibilang sebagai negara yang unik, karena tidak terpengaruh dengan keadaan lingkungan sekitar yang mayoritas beragama Kriten. Dan banyak orang yang menyebut negara ini sebagai secuil Islam di dunia yang berada di belantara Eropa.

4. DjiboutiNegara Islam di benua Afrika ini memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit, namun semuanya Beragama Islam sampai dengan sekarang. Dimana hal ini bisa dilihat dari statistic negara ini yaitu sekitar 96 persen penduduk menganut agama Islam, sedangkan untuk 6 persen dari jumlah penduduknya menganut agama Kristen dan agama dari suku negara tersebut. Pada dasarnya negara ini hampir sama dengan negara Indonesia, yaitu mengedepankan toleransi sesama manusia.

Jadi dalam hal ini walaupun negara Djibouti mayoritas penduduknya Muslim, tapi agama lain di ijinkan untuk melakukan agamanya sendiri asalkan tidak mengganggu. Pada awalnya yang menyebabkan mayoritas penduduk Djibouti beragama Islam yaitu karena datangnya pedagang dari Jazirah Arab yang sekaligus berdakwah dalam menyebarkan agama Islam. Selain itu banyak orang yang menyebut bahwa persebaran agama Islam di negara ini sudah di mulai sejak Nabi Muhammad SAW yang menganggap bahwa negara ini dijadikan sebagai sasaran penting dalam penyebaran agama Islam di benua Afrika bagian utara.

5. Sierra LeoneNegara Islam terkecil di dunia selanjutnya yaitu Sierra Leone, dimana negara yang hanya secuil dari dataran Afrika ini memiliki mayoritas penduduk yang beragama Islam. Dari data statistic yang ada bahwa sekitar 71 persen dari jumlah penduduk negara ini merupakan orang Islam, dan sisanya memeluk agama lain seperti agama Kristen dan agama local dari suku negara ini. Untuk persebaran agama Islam di negara ini pada dasarnya sama dengan persebaran agama Islam di benua afrika sebelah Utara, karena memang dilakukan secara bersamaan.

Negara ini juga sering disebut dengan minoritas islam di dunia, hal ini yang membuat Sierra Leone sering kali mengalami kesulitan dalam hal menunaikan ibadah haji. Banyak faktor yang membuat negara ini kesulitan dalam menunaikan ibadah haji, jarak yang terlalu jauh dan juga biaya untuk haji yang mahal membuat penduduk di negara ini akan kesulitan dalam menunaikan ibadah haji. Terlebih mayoritas penduduk di negara ini terbilang masih jauh dari angka kesejahteraan, karena memang masih banyak orang miskin yang terserbar di negara ini. Walaupun begitu tidak membuat keimanan mereka kepada Allah terlupakan, karena mereka yakin bahwa semua itu akan kembali lagi ke Allah SWT.

Jadi itulah lima Negara Islam terkecil yang ada di dunia, mungkin dari kelima negara tersebut belum pernah anda dengar sama sekali. Walaupun jumlah penduduk negara tersebut sangat sedikit, tapi hal itu tidak membuat mayoritas penduduk Islam disana terpengaruh dengan minoritas dari kawasan. Selain itu mereka juga tetap mengamalkan ajaran sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk itu kita sebagai negara Islam terbesar di dunia haruslah bersyukur dan terus melakukan kebaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here