Home Islami Pendidikan Anak Dalam Islam Yang Wajib Dipahami Orangtua

Pendidikan Anak Dalam Islam Yang Wajib Dipahami Orangtua

139
0

Safari Dakwah – Tujuan dari suatu pernikahan tentu ingin membangun sebuah keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah. Namun rasanya kurang lengkap jika didalam sebuah keluarga tidak ada anak, karena memang anak merupakan anugrah Allah SWT yang paling indah. Walaupun begitu saat ini banyak orangtua yang membuat kita miris, mulai dari perkawinan dini yang menyebabkan anak telantar sampai dengan kekerasan seksual kepada anak.

Tentu hal ini adalah tindakan yang tidak bisa kita contoh, karena dalam pandangan Islam sendiri mendidik anak adalah tanggung jawab untuk semua orangtua dan hal itu bersifat wajib. Jadi dalam hal ini pendidikan anak dalam Islam wajib untuk diberikan setiap orangtua. Bukan hanya di dunia saja, namun apa yang sudah orangtua berikan kepada anak nantinya akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. Untuk itu setiap orangtua wajib mengetahui betapa pentingnya pendidikan anak dalam islam.

Pandangan pendidikan anak dalam islam

Anak merupakan suatu anugrah dan amanah yang harus anda jaga, rawat dan didik dengan baik. Karena memang seorang anak yang baru lahir kedunia tentu masih dalam keadaan yang suci bersih, dengan kata lain setiap karakter dan sifat ketika anak sudah dewasa didapat dari bagaimana anda mendidik anak. Ada pepatah yang mengatakan bahwa anak yang lahi kedunia itu bagaikan sebuah kertas putih yang masih kosong, dan orangtua serta keluarganya lah yang akan menuliskan serta menggambarkan bagaimana karakter anak akan dibentuk.

Pada dasarnya keluarga adalah tempat paling mendasar dalam membentuk karakter seorang anak, karena memang cenderung akan memiliki sifat sama sebagaimana yang orangtua berikan. Dengan kata lain setiap hal yang anda berikan kepada anak akan sangat berpengaruh sekali terhadap karakter yang terbentuk, jika anda memberikan sesuatu yang baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula, namun hal tersebut akan berlaku sebaliknya. Baca juga konsep pendidikan anak dalam islam.

Pengertian dan perkembangan anak

Seorang anak bisa diartikan sebagai individu yang masih belum mencapai tahap pubertas, dimana semua hal akan sangat tergantung kepada oranglain, khususnya adalah orangtua dan keluarga. Selain itu anak jug merupakan hasil hubungan badan antara laki-laki dengan perempuan, baik yang sudah menikah atau belum menikah. Dan seorang anak yang dilahirkan dari perbuatan zina sangat diharamkan dalam agama Islam. Karena memang zina adalah perbuatan yang memiliki dosa besar ketika dilakukan.

Anak dalam pandangan islam yaitu keturunan atau nasab dari orangtuanya, dimna seorang anak berhak untuk mewarisi harta dari orangtuanya. Sedangkan yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengatakan bahwa seorang anak adalah individu yang belum mencapai kematangan dan masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan. Dimana ketika masih dalam kanak-kanak, anak akan melalui beberapa tahap perkembangan yaitu sebagai berikut:

  • Karakter intelektual, ini merupakan karakter dari seorang anak yang sedang berkembang. Biasanya peningkatan intelektual pada anak akan terjadi pada usia 6-12 tahun, sehingga pada usia tersebut anak akan dengan mudah menyerap pembelajaran apa saja yang diberikan. Khususnya apa yang diajarkan oleh orangtua.
  • Perkembangan emosi, ketika usia anak sudah melewati tahap balita, biasanya mereka sudah mengetahui berbagai macam sikap yang tidak baik. Sehingga mereka akan berlatih bagaimana cara menahan sikap marah, kesal, dll. Dan tentunya hal ini di dapat dari pembelajaran yang orangtua berikan.
  • Perkembangan Bahasa, yang dimaksud dengan perkembangan Bahasa disini adalah anak sudah mulai mengerti Bahasa apa saja yang diberikan. Contoh mudahnya yaitu ketika anak sudah mulai berbicara, tentu anda harus mengajarkan hal-hal baik kepada anak. Sehingga nantinya anak anda bisa menjaga ucapan.
  • Perkembangan moral, ini merupakan salah satu perkembangan yang wajib anda perhatikan. Karena memang seorang anak yang memiliki karakter haruslah di imbangi dengan moral yang baik pula. Dimana perkembangan ini biasanya terjadi ketika usia anak antara 5-11 tahun, dalam usia tersebut anak sudah bisa mengerti mana yang baik dan mana yang buruk dalam lingkungan masyarakat.
  • Perkembangan social, ini merupakan salah satu tahapan dalam proses menuju kedewasaan. Dimana hal ini sangat penting sekali untuk diterapkan dalam kehidupan, karena kalau anak anda sudah diajarkan untuk mulai bergaul. Maka besarnya nanti juga akan mudah untuk menemukan teman dan juga sahabat.

Lalu bagaimana pendidikan islam bagi anak?

Pendidikan anak dalam Islam sangatlah penting untuk diterapkan, karena memang hal inilah yang akan membentuk karakter seorang anak. Dan setiap orangtua muslim wajib untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada diri anak. Berbicara mengenai pendidikan bisa diartikan sebagai cara untuk mendidik atau mengajar, jadi pendidikan dalam Islam bisa diartikan sebagai cara mendidik atau mengajar sesuai dengan tuntunan maupun syariat dalam agama Islam.

Yang dimaksud dengan tuntunan maupun syariat Islam disini yaitu sesuatu hal yang bersumber pada Al-Qur’an maupun hadist. Dan dalam hal ini setiap orangtua yang beragama muslim memiliki tanggung jawab penuh dalam memberikan pelajaran sesuai dengan kaidah dalam agama Islam. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan, mulai dari melatih kebiasaan anak, memberikan teladan, memberikan nasihat, dan masih banyak lainnya.

Bentuk-bentuk pendidikan Islam untuk anak

Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan untuk mendidik seorang anak, terutama dalam bidang pendidikan agama. Dan adapaun bentuk-bentuk dari pendidikan Islam anak yaitu sebagai berikut:

1. Pendidikan Aqidah

Hal pertama yang harus anda ajarkan kepada anak yaitu soal aqidah, dimana aqidah disini berarti kepercayaan. Anda perlu mengajari anak untuk mengetahui keesaan Allah SWT. Dan tanamkan dalam diri anak, bahwa Tuhan yang harus di sembah hanyalah Allah SWT semata. Salah satu bentuknya yaitu anda bisa mengajari anak untuk membaca Syahadat terlebih dahulu.

2. Pendidikan ibadah

Penting sekali untuk setiap orangtua memberikan ajaran ibadah kepada anak sejak dini, biasakan anak anda untuk melakukan ibadah wajib terlebih dahulu seperto shalat lima waktu, puasa Ramadhan, dan lainnya. Pada dasarnya metode mendidik anak dalam islam yaitu dengan dua cara yaitu bisa melalui kebiasaan ataupun dengan mencontohkan secara langsung. Namun untuk menuju ke kebiasaan tentunya perlu dicontohkan terlebih dahulu. Untuk itu penting sekali agar anda menjadi teladan yang baik bagi anak.

3. Pendidikan Akhlak

Ini merupakan salah satu pendidikan Islam anak yang tidak kalah pentingnya, terlebih dengan kemajuan zaman seperti saat ini. Menanamkan pendidikan akhlak pada diri anak akan sangat berpengaruh sekali terhadap masa depannya. Salah satu contoh akhlak yang baik yaitu mengajarkan anak untuk memiliki sikap malu dan sopan santun. Karena memang seseorang yang memiliki akhlak baik tentu akan dihormati oleh orang lain.

Demikian beberapa pembahasan mengenai pendidikan anak dalam Islam yang bisa anda ajarkan kepada anak. Perlu anda ketahui bahwa mendidik anak sejak dini akan membawa dampak besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu jadilah orangtua yang baik untuk anak-anak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here