Home Islami Pengertian Muslim Dan Makna Sesungguhnya Dari Seorang Muslim

Pengertian Muslim Dan Makna Sesungguhnya Dari Seorang Muslim

75
0

Safari Dakwah – Seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia mayoritas umat muslim dan beragama islam, tapi tidak sedikit umat muslim di Indonesia yang mengetahui makna sesungguhnya dari seorang muslim. Padahal ini merupakan hal mendasar yang wajib diketahui, karena memang untuk menjadi insan yang mulia di sisi Allah SWT. Tentunya harus melaksanakan segala kewajiban dan menjauhi segala larangan dari Allah SWT.

Nah bagi anda yang mungkin belum mengetahui apa itu pengertian muslim, dan apa makna sesungguhnya dari seorang muslim. Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan hal tersebut sampai tuntas. Untuk itu hal yang perlu anda lakukan hanyalah menyimak pembahasan berikut ini dengan baik, semoga informasi yang akan kami sampaikan bisa membimbing anda ke jalan yang benar.

Bolehkah saya mengatakan muslim?

Mungkin pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh umat muslim, karena memang akan dikhawatirkan sekali jika mengucapkan kata-kata yang bisa berakibat terjadinya permusuhan. Lantas bolehkah saya mengatakan saya muslim? Dalam konteks ini tidak ada larangan untuk mengatakan saya muslim, tapi perlu di ingat agar mengatakannya di tempat yang tepat dan tidak menyakti perasaan orang lain.

Hal ini sudah jelas terdapat dalam Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 41, yang berarti “ Hai Ahlul Kitab,marilah atau berpegang kepada suatu kalimat atau ketetapan yang tidak ada perselisihan diantara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah selain Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu apapun dan tidak pula sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Rabb-Rabb Allah”. ketika mereka memalingkan maka katakanlah kepada mereka “Saksikannlah, bahwa kami merupakan orang-orang yang selalu berserah diri kepada Allah”.

Selain itu penjelasan bahwa mengatakan saya muslim juga sudah sering anda lakukan, mungkin anda belum menyadarinya. Padahal kata saya muslim seringkali anda katakana ketika menunaikan ibadah Shalat,yaitu ketika anda membaca Iftitah. Dimana dalam doa tersebut, anda mengatakan bahwa saya adalah bagian dari kaum Muslim.

Makna Muslim

Banyak literature Islam yang mengatakan bahwa arti Muslim secara harfiah berarti berserah diri, hal ini diambil dari kata aslama yang memiliki arti berserah diri. Pada dasarnya muslim sendiri merupakan suatu sebutan untuk umat yang beragama islam, jadi ketika anda mengatakan bahwa saya muslim. Berarti hal tersebut bermakna bahwa anda beragama islam.

Muslim Sesungguhnya

Walaupun begitu seseorang akan disebut sebagai muslim, jika kita sesuaikan dengan apa yang ada di dalam Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad SAW. Dan berikut beberapa sifat atau karakter yang sudah dilekatkan oleh Allah SWT untuk kaum Muslim yaitu sebagai berikut :

1. Umat terbaik atau umat pilihan

Ciri pertama dari umat islam yaitu sebagai umat terbaik dan umat pilihan, sebagaimana hal ini sudah diterangkan jelas dalam Al-Qur’an yaitu “Kalian umat muslim adalah umat yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah SWT.

Selain itu dalam Al-Qur’an sendiri juga disebutkan jika manusia adalah umat yang paling tinggi derajadnya di sisi Allah SWT, untuk itu janganlah kamu bersika lemah dan mudah bersedih hati. Karena anda sebagai umat Muslim adalah umat yang paling tinggi derajadnya dibandingkan dengan umat Allah SWT.

2. Umat pertengahan

Yang dimaksud dengan umat pertengahan disini adalah sebagai penegak dan pengadil dalam suatu permasalahan. Jadi sangat disayangkan sekali jika ada umat muslim yang sifatnya suka mengadu domba, padahal makna sesungguhnya dari umat muslim adalah sebagai penengah jika terjadi permasalah diantara kalian.

Untuk itu anda perlu memiliki beberapa sifat ini yaitu sebagai berikut :

  • Tidak berlebih-lebihan dalam segalam hal, termasuk ketika anda sedang menunaikan ibadah sehingga lupa akan kewajiban duniawi anda, karena kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain dan sama pentingnya. Jadi anda harus melakukannya dengan seimbang antara ibadah dan masalah duniawi.
  • Tidak perlu membesar-besarkan masalah yang kecil, yang akan berakibat pada permasalahan.
  • Lebih baik mendahulukan hal yang wajib terlebih dahulu dibandingkan dengan yang Sunnah ataupun yang kurang penting untuk dilakukan.
  • Berbicara seperlunya saja, dan tidak perlu kesana-kemari atau bertele-tele.

3. Bersikap tegas terhadap orang kafir

Perlu di tekankan sekali lagi disini, bahwa tidak semua orang yang beda agama dengan islam adalah orang kafir. Karena memang dalam agama islam sendiri juga mengajarkan bahwa kita harus bisa toleransi sesama manusia, makna kafir di sini adalah seseorang yang benar-benar memusuhi dan membenci umat muslim sehingga melakukan tindakan-tindakan yang bisa mencelakakan umat muslim.

Karena memang saat ini banyak orang islam yang salah mengartikan jihad fisabilillah, bukan perbuatan baik yang ia lakukan malah sebaliknya. Makna sesungguhnya dari jihad di jalan Allah SWT adalah berperang melawan orang kafir yang sudah memerangi dan memusuhi umat muslim yang dengan tujuan untuk mencelakai umat muslim. Namun Jihad juga tidak harus dengan berperang secara fisik, melainkan masih banyak cara untuk berjihad di jalan Allah SWT.

4. Berkasih sayanglah sesama umat muslim

Dalam agama islam sendiri diajarkan bahwa kita harus memiliki kasih sayang sesama manusia, bahkan kita di tuntut untuk menyayangi binatang dan tumbuhan yang ada di sekitar. Terlebih kita satu dalam agama yang sama, maka sangat penting sekali memilik sifat kasing sayang sesama. Hal ini ditujukan untuk menjaga persaudaraan kita sebagai orang muslim, karena semakin kuat tali persaudaraan kita. Maka akan semakin kokoh bangunan agama kita agar tidak terpecah belah.

5. Berjuang di jalan Allah SWT

Seperti yang sudah kami singgung di atas, jika untuk berjihad di jalan Allah SWT tidak harus dengan cara berperang secara fisik. Namun masih banyak cara yang bisa anda tempuh untuk bisa berjihad di Jalan Allah. Salah satu hal yang sangat penting dan mungkin sering anda lakukan yaitu mengucapkan kata-kata yang tidak sepantasnya. Karena memang mulut adalah sumber dari segala macam permasalahan saat ini, untuk itu penting sekali agar anda menjaga mulut dan berbicara hal-hal yang sewajarnya saja.

Selain itu untuk kaum wanita, anak-anak, dan orang tua cara berjihad di jalan Allah adalah dengan cara menunaikan ibadah umrah dan haji. Karena tidak ada balasan yang setimpal bagi yang haji atau umrahnya mabrur selain surga. Untuk itu penting sekali agar anda menyikapi berbagai macam hal dengan bijak, dan jangan sampai malah anda yang mengadu domba terjadinya suatu permasalahan. Karena umat muslim yang sesungguhnya adalah mereka yang mampu menjaga sikap, lisan, dan tingkah lakunya.

Belum tentu semua orang yang mengaku muslim adalah orang yang beriman, karena saat ini seiring dengan perkembangan zaman sudah banyak sekali orang luar yang mengaku-ngaku sebagai muslim dengan tujuan untuk menghancurkan umat muslim itu sendiri. Untuk itu penting sekali agar anda mengetahui pengertian muslim dan makna muslim sesungguhnya seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here