Home Islami Pentingnya Peran Ibu Dalam Mendidik Anak Menurut Islam

Pentingnya Peran Ibu Dalam Mendidik Anak Menurut Islam

33
0

Safari Dakwah Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika peran ibu dalam mendidik anak menurut Islam sangatlah besar jasanya. Bagaimana tidak ibu merupakan seorang Ustadzah sekaligus guru pertama sebelum mereka belajar pada guru besar. Bukan hanya itu saja seorang ibu wanita paling kuat dan mulia yang ada di dunia ini. Ia rela mengandung selama 9 bulan dan siap untuk mempertaruhkan nyawanya ketika melahirkan seorang anak.

Selain itu anak akan cenderung lebih dekat ke ibu, karena kasih sayang yang diberikan oleh ibu tidak bisa dikatakan dengan kata-kata. Begitu besarnya perjuangan dan pengorbanan dari seorang ibu. Jadi sudah tidak mengherankan lagi jika banyak anak yang memiliki karakter lebih dominan ke seorang ibu, karena memang peran ibu dalam mendidik anak begitu besar. Nah berikut ini akan kami berikan penjelasan bagaimana peran ibu dalam mendidik anak menurut Islam.

Peran Ibu Dalam Mendidik Anak Menurut Islam

Dalam syariat agama islam menetapkan bahwa keutamaan dari seorang wanita yaitu menjadi ibu sekaligur pengatur rumah tangga, tapi hal ini bukan berarti seorang wanita harus menjadi seorang pemimpin keluarga. Dalam syariat Islam juga telah menetapka bahwa seorang wanita memiliki tanggung jawab penuh kepada anaknya, baik masih dalam kandungan, setelah lahir, atau dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dalam sebuah hadist dari Ibnu Umar RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yaitu

Dari hadist diatas sudah sangat jelas sekali, bahwa aktivitas yang sesuai dengan fitrah wanita yaitu menjalankan fungsi sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya. Dan menjalankan fungsi untuk mengatur aktivitas rumah tangganya. Sungguh mulianya peranan ibu, jika kita bisa memahami maksud di balik ini semua maka siapapun tidak akan pernah rela menukarnya dengan aktivitas lain seperti bekerja hanya untuk urusan dunia saja.

Dan perlu diingat bahwa seorang wanita harus memahami benar bahwa kelak nantinya ia akan menjadi menikah dan menjadi seorang istri sekaligus ibu bagi anak-anaknya. Untuk itu setiap wanita dituntut untuk memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai bagaimana cara menjadi seorang istri yang baik dan bagaimana juga menjadi seorang ibu yang baik. Karena memang guru pertama yang didapatkan anak bersumber dari pembelajaran yang orangtua berikan, khususnya ibu.

Banyak orang yang salah dalam menilai bahwa seorang wanita tidak layak untuk menempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mereka beranggapan bahwa seorang wanita hanya akan mengurusi dapur, Kasur, sumur saja. Padahal dalam hal ini setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi, dengan pendidikan yang tinggi tentunya ilmu pengetahuan yang didapat juga akan semakin banyak. Dan perlu di ingat bahwa kita tidak bisa mengabaikan perananan dari seorang wanita, karena memang dibalik semua usaha dan keberhasilan yang di dapat sudah pasti ada peran ibu atau wanita.

Nah agar menjadi wanita yang bisa menjalankan fungsinya dengan baik, maka ada beberap hal yang harus anda perhatikan dalam menjalanakan perannya. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan:

1. Wanita sebagai hamba Allah

Yang dimaksud dalam hal ini yaitu setiap wanita memiliki tanggung jawab yang sama dengan kaum laki-laki, dimana sama-sama memiliki kewajiban untuk mengabdi dan menyembah kepada Allah SWT. Dalam QS Az Zariyat ayat 56 Allah SWT berfirman:

Jadi dalam hal ini setiap wanita di tuntut untuk bisa memiliki pengetahuan agama tidak hanya pengetahuan dunia saja. Karena memang saat ini kerap kali dijumpai banyak wanita yang sudah mengabaikan peranan mereka sebagaimana mestinya. Padahal hal ini akan sangat berpengaruh sekali ketika sudah menikah dan memiliki anak, dimana hubungan dari peran ini dalam pendidikan anak dalam Islam yaitu seperti contoh:

  • Konteks ibadah

Setiap orangtua berhak mengajari anak untuk mengetahui rukun iman dan rukun Islam, tata cara shalat, puasa, zakat, haji sesuai dengan tuntunan dalam syariat Islam.

  • Konteks muamalah

Seoran anak harus mampu mengatur seluruh aspek kehidupannya sendiri sesuai dengan tuntunan dari Allah SWT, baik ketika bermuamalah, bergaul di masyarakat, berpakaian, dll.

2. Wanita sebagai istri

Seorang istri bisa dkatakan sebagai sahabat dari suaminya, ketika suami sedang mengalami masalah. Maka seorang istri berkewajiban untuk membantu memberi saran atau memecahkan bersama. Dan seorang istri yang shalihah tentunya akan selalu memberikan dukungan dan semangat kepada suaminya dalam kondisi apapun. Nah berikut beberapa kewajiban seorang istri kepada suaminya:

  • Menjaga rahasia suami

Seorang istri berhak untuk menjaga rahasia dari suami, terlebih hal tersebut mencakup hal-hal pribadi yang tidak boleh disebarluaskan. Bukan hanya rahasia pribadi suami, namun istri memiliki kewajiban untuk tidak menceritakan kondisi rumah dari suami.

  • Wajib untuk membuat suami bahagia

Seorang istri juga wajib untuk selalu membuat suaminya bahagia, hal ini bisa anda lakukan mulai dari hal kecil terlebih dahulu seperti menyambut degan senyuman ketika suami pulang kerja, terlihat cantik ketika suami berada di rumah, dan juga menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman.

Dan seorang istri di tuntut untuk memiliki beberapa keahlian yaitu sebagai berikut:

  • Keahlian dalam bidang memasak
  • Keahlian dalam bidang menata ruang dan lingkungan rumah
  • Ketrampilan dalam hal kesehatan keluarga
  • Kemampuan untuk memanage keuangan keluarga.

3. Wanita sebagai ibu

Anak dalam islam adalah anugrah Allah SWT yang paling indah, namu dibalik itu semua anak merupakan amanah yang wajib untuk dijaga, dirawat, dan juga di didik dengan baik. Dan dalam hal ini mendidik anak bukanlah menjadi pilihan, namun kewajiban yang harus anda lakukan. Nah dalam hal ini pendidikan pertama yang bisa didapat anak tentu berasal dari lingkungan keluarga, dan sangat disayangkan sekali banyak orang yang beranggapan bahwa ketika anak sudah mulai bersekolah kewajiban mereka untuk mendidik anak sudah hilang.

Padahal dalam hal ini tidak ada kata habis untuk mendidik anak kecuali Allah telah memanggil kita. Selain itu peran seorang ibu tidak akan pernah tergantikan oleh apapun, biasanya seorang ibu akan membangun seorang anak yang cerdas baik dalam kondisi psikis maupun otaknya. Dan untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan sekali proses pembelajaran anak yang menyenangkan. Baik dari kondisi lingkungan yang kondusif, tenang untuk belajar. Dengan kondisi lingkungan tersebut, seorang anak bisa merasakan begitu besarnya kasih sayang diberikan.

Dan seorang ibu wajib menjadi teladan yang baik untuk anaknya, karena memang ibu adalah seorang figure yang tidak bisa tergantikan. Jadi karakter anak juga akan sangat berpengaruh sekali seperti apa anda mendidik anak. Dan yang lebih penting yaitu memberikan pendidikan agama dalam diri anak, karena seseorang dari kecil sudah ditanamkan pendidikan agama. Maka kelak nantinya akan menjadi orang yang disegani dan di hormati oleh orang lain.

Agama Islam sangat memuliakan sekali seorang wanita, jika kita melihat beberapa keutamaan yang diberikan oleh Allah kepada wanita. Maka sudah tidak perlu diragukan lagi jika peran ibu dalam mendidik anak menurut Islam sangat berpengaruh sekali terhadap karakter dari anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here