Home Islami Pentingnya Untuk Memahami Parenting Islami Anak

Pentingnya Untuk Memahami Parenting Islami Anak

139
0

Safari Dakwah – Biasanya yang sering mengalami kebingungan untuk mendidik anak adalah pasangan muda, untuk itu penting sekali bagi mereka mengetahui betapa pentingnya parenting islami anak. Karena memang hal ini berkiatan dengan masa depan dan pertumbuhan dari anak. Pastinya setiap orangtua menginginkan seorang anak yang shalih dan juga memiliki pengetahuan. Dan untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan didikan yang baik dari orangtuanya.

Pada dasarnya ada banyak sekali cara mendidik anak yang bisa anda terapkan, yang terpenting anda memberikan hal-hal baik kepada anak. Karena memang sebuah keluarga adalah pendidikan paling dasar yang didapatkan anak. Untuk itu penting sekali agar anda mengetahui pentingnya dari parenting islami anak. Dan pada pembahasan kali ini kami akan memberikan konsep dasar parenting anak dan mengapa parenting islami anak sangat penting diketahui.

Konsep Dasar Parenting Islami Anak

Konsep dasar dari parenting anak yaitu karena memang sudah menjadi kewajiban setiap orangtua agar memberikan didikan kepada anak. Terlebih dalam hal ini anak cenderung akan mencontoh hal apa saja yang sudah didapatkan dalam keluarganya. Tentunya hal ini penting sekali agar anda sadari sejak dini, dan sebaiknya anda tidak mengandalkan pendidikan anak dari lingkungan luar saja. Karena pendidikan yang baik adalah pendidikan yang didapat dari lingkungan keluarga, terutama dalam hal agama.

Karena memang seorang anak akan menghabiskan banyak waktu di lingkungan keluarga dibandingkan dengan lingkungan luar, sehingga hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap kepribadian dan sifat anak. Untuk itu parenting anak sangat dibutuhkan sekali dan wajib untuk anda ketahui, baik itu yang sudah memiliki anak atau generasi muda yang nantinya bakal menjadi sebuah keluarga. Terutama anda menerapkan pendidikan agama di dalam keluarga, karena memang ini merupakan pendidikan yang bisa membuat kebiasaan baik dari dalam diri anak.

Mengapa Parenting Islami Sangat Penting?

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika ilmu parenting islami merupakan suatu ilmu yang menggambarkan bagiamana cara kita untuk mendidik anak. Dan ilmu pertama yang wajib diberikan kepada anak, tentunya adalah ilmu agama. Karena memang seperti yang kita ketahui saat ini banyak anak muda yang memiliki pergaulan cukup bebas, tentunya hal ini disebabkan karena kurang perhatian orangtua dan yang lebih utama yaitu kurangnya ilmu agama yang ditanamkan dalam diri anak.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut sedari sekarang bagi anda yang memiliki anak penting sekali untuk memahami dan mengetahui parenting anak islami. Ada banyak sekali referensi yang mengajarkan tentang parenting islami, anda bisa membaca informasi tersebut sebagai bahan acuan untuk mendidik seorang anak. Dengan begitu semua hal yang anda inginkan dari anak, khususnya menjadi anak yang shalih dan berkarakter bisa terwujud.

Manfaat Parenting Dalam Diri Anak

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, ketika anda sudah memahami dan menerapkan parenting islami dalam diri anak. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Menjadi insan yang berkarakter

Manfaat pertama yang bisa didapat ketika menerapkan parenting islami dalam mendidik anak yaitu bisa menjadikan anak anda sebagai insan yang memiliki karakter. Hal ini sangat dibutuhkan sekali dalam kehidupan seperti saat ini. Karena memang dengan kemajuan zaman dan teknologi sekarang banyak generasi muda yang sudah tidak memiliki karakter, banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satunya yaitu kurangnya kasih sayang dalam keluarga.

2. Menambah keharmonisan keluarga

Siapa sih orang yang tidak ingin memiliki keluarga harmonis, tentunya semua orang ingin memiliki keluarga harmonis. Karena memang kebahagian yang paling indah adalah ketika menghabiskan waktu bersama keluarga. Nah untuk mewujudkan hal tersebut bisa didapat ketika anda memberikan pendidikan yang baik kepada anak. Dengan begitu anak anda bisa meniru dan mencontoh apa yang sudah anda lakukan.

3. Memiliki rasa malu

Rasa malu yang dimaksud bukanlah rendah diri, melainkan perilaku yang menggambarkan sopan santun kita kepada orang. Hal ini sangat penting sekali untuk anda ajarkan kepada anak, karena memang pada dasarnya kita hidup di dunia tidak bisa sendiri. Kadangkala kita membutuhkan bantuan oranglain, nah dalam hal ini anda perlu memberikan teladan yang baik untuk anak. Salah satunya yaitu dengan memberikan sikap sopan santun terhadap sesama.

4. Masa depan yang cerah

Dengan pendidikan yang baik dalam sebuah keluarga akan membuat masa depan anak bisa dibilang sangat baik. Karena memang seperti poin-poin yang sudah kami sebutkan diatas, tentu akan mendukung anak untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Karena memang sudah sepantasnya anda sebagai orangtua agar memberikan pendidikan yang baik kepada anak, dan sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika setiap orangtua menginginkan anaknya lebih baik.

Lalu seperti apa pendidikan yang baik untuk anak

Ada beberapa cara mendidik anak usia dini menurut Islam yang bisa anda terapkan, nah berikut beberapa caranya:

1. Ajarkan untuk membaca Al-Qur’anPenting sekali bagi setiap orangtua untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada anak sejak dini, karena memang saat ini sudah jarang sekali dijumpai generasi penerus Al-Qur’an. Padahal dalam Al-Qur’an terdapat makna yang sangat berarti untuk kehidupan anak. Terlebih ketika anak anda sudah dewasa tentu diharapkan bisa memahami isi dari kandungan ayat suci Al-Qur’an.

2. Ajarkan untuk shalatShalat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan bagi setiap umat muslim jika sudah baligh. Tentunya dalam hal ini anda perlu mengajarkan anak untuk mulai shalat, hal ini ditujukan ketika anak anda sudah dewasa. Maka kebiasaan shalat akan terus ada dalam jiwa anak. Tapi tentunya hal ini harus anda beri contoh.

3. Mengajarkan sifat social dalam diri anakMemiliki sifat social sangat penting sekali dimiliki oleh setiap orang, karena memang dalam sebuah kehidupan kita tidak bisa terus menerus melakukannya sendiri. Untuk itu penting sekali agar anda tanamkan sifat social dalam diri anak, dengan begitu anak anda akan menjadi seorang yang berkarakter dan tentunya bisa disegani oleh oranglain.

4. Memberikan teladan yang baik bagi anak

Ini merupakan hal yang sangat penting sekali kaitaannya dengan kepribadian anak, karena seorang anak cenderung akan mencontoh dan menirup apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jadi dalam hal ini anda perlu menjadi seorang teladan yang baik bagi anak. Dan hal yang tidak boleh anda lakukan yaitu bertengkar di depan anak, karena hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi psikis dari anak dan juga akan sangat berpengaruh sekali terhadap sifat anak anda. Jadi usahakan ketika anda mengalami suatu masalah, jangan perlihatkan masalah tersebut di depan anak.

Jadi itulah pembahasan mengapa parenting islami anak sangat penting sekali untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena memang orangtua memiliki tanggungjawab untuk mendidik anak, bukan hanya tanggungjawab di dunia saja. Namun apa yang sudah anda berikan kepada anak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here