Home Islami Prinsip Dan Cara Mendidik Anak Dalam Al-Qur’an Yang Wajib Diketahui

Prinsip Dan Cara Mendidik Anak Dalam Al-Qur’an Yang Wajib Diketahui

215
0

Safari DakwahSangat penting sekali untuk setiap orangtua mengetahui prinsip dan cara mendidik anak dalam Al-Qur’an, karena memang semua hal yang mereka ajarkan kepada anak. Akan di mintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat. Jadi dalam hal ini anda tidak boleh sembarangan dalam mendidik anak, karena hal tersebut selain berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak juga akan berpengaruh bagi anda di akhirat nantinya.

Untuk itu penting sekali jika anda harus mengetahui bagaimana cara mendidik anak menurut Islam yang baik. Tentunya dengan pendidikan yang baik akan memberikan dampak baik pula bagi perkembangan anak. Banyak sekali cara cara mendidik anak sesuai dengan tuntunan agama Islam, bagi anda yang mungkin belum mengetahuinya. Maka anda harus menyimak pembahasan berikut ini dengan baik, karena kami akan memberikan beberapa cara mendidik anak secara Islami.

Prinsip mendidik anak dalam Al-Qur’an

Hal pertama yang wajib anda ketahui yaitu beberapa prinsip untuk mendidik anak sesuai dengan apa yang ada di dalam Al-Qur’an. Berikut beberapa prinsipnya dibawah ini.

  • Penting sekali disadari oleh setiap orangtua bahwa anak bukanlah suatu pilihan, melainkan mereka merupakan takdir dari Allah SWT. Dengan kata lain anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus dijaga dan di didik dengan baik.
  • Setiap orangtua pastinya menginginkan untuk dikarunia seorang anak, karena hal tersebut permintaan dari orangtua. Maka mereka harus menepati janjinya untuk memberikan yang terbaik kepada anak, karena nantinya orangtua akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT.
  • Allah tidak akan pernah membebani hamba-Nya melampaui dari kemampuannya, maka bersungguh-sungguhlah anda dalam beribadah kepada Allah. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan yang baik kepada anak.
  • Jangan pernah mengharapkan sesuatu yang lebih dari sang anak, ketika anda tidak mampu mendidiknya dengan baik. Untuk itu anda perlu mendidik anak sesuai dengan fitrahnya, jangan berlebih dan jangan kurang.
  • Ketika anda menginginkan seorang anak shalih, maka anda harus menjadi shalih terlebih dahulu. Karena seorang anak tidak akan berbeda jauh dengan orangtuanya, jadi dalam hal ini ketika anda sudah shalih. Insallah anak anda juga akan shalih.
  • Sebagai orangtua anda tidak boleh menuntut hak, ketika anda belum mampu untuk memenuhi hak anak. Karena memang hal ini semacam timbal balik, ketika anda memberikan nafkah yang layak kepada anak. Maka suatu saat nanti pasti anak akan membalasnya.
  • Selalu berbuat kebaikan kepada anak, bahkan ketika mereka sebelum dilahirkan. Karena hal ini juga akan sangat berpengaruh sekali terhadap karakter dari anak. Ketika anda melakukan hal baik, maka itu bisa menjadi teladan yang baik pula bagi anak.
  • Ketika anda mendidik seorang anak, jangan pernah mengharapkan hasil akhir dari didikan. Melainkan anda harus bersungguh-sungguh dalam mendidik anak, pasti Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang akan membalas ketulusan anda. Karena memang itu merupakan tanggungjawab orangtua terhadap pendidikan anak.
  • Tidak ada kata berhenti untuk mendidik seorang anak, bahkan ketika mereka sudah dewasa dan menikah. Karena yang bisa menghentikan kita untuk mendidik anak hanyalah kematian saja. Jadi manfaatkan waktu dengan baik.

Cara mendidik anak menurut Islam yang baik

Setiap orangtua wajib memberikan pendidikan yang baik kepada anaknya, dan berikut beberapa cara mendidik anak menurut Islam

1. Senantiasa berdo’a dan memohon pertolongan Allah

Berdo’a tidak hanya dilakukan setelah anak anda lahir, bahkan ketika mereka masih dalam kandungan senantiasa panjatkan do’a kepada Allah SWT agar diberikan anak yang shalih. Karena do’a adalah hal paling utama yang harus dilakukan setiap orangtua kepada anaknya.

2. Memberikan nama yang baik

Anak adalah sebuah amanah dan anugrah terindah yang diberikan oleh Allah SWT. Untuk itu akan sangat bijak jika anda memberikan sebuah nama yang baik kepada anak, contohnya seperti mengambil nama dari para Nabi. Hal ini dengan harapan agar anak anda bisa mencontoh dan meneladani sifat baik yang dijunjung tinggi oleh para Nabi.

3. Akidah

Memberikan pendidikan agama kepada anak sejak dini sangatlah penting, namun perlu di ingat jangan pernah memaksakan kehendak anda tersebut ketika memang anak tidak mau menerimanya. Karena hal tersebut akan membuat anak menjadi merasa terkekang dan terbebani. Namun sangat penting sekali agar anda mengajarkan akidah kepada anak, akidah disini berarti mengajarkan bagaimana tingkah laku yang baik menurut Islam. Contoh mudahnya yaitu dengan cara menjauhkan hal-hal yang menyimpang dari ajaran Islam kepada anak.

4. Senantiasa mendirikan Shalat dan membaca Al-Qur’an

Cara mendidik anak menurut Islam selanjutnya yaitu dengan cara mengajarkan agar senantiasa mendirikan shalat dan membaca Al-Qur’an. Karena memang shalat adalah pondasi dan patokan pertama yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim, jadi mengajarkan anak untuk shalat sejak dini akan membuat terbiasa untuk menunaikan kewajiban tersebut. Selain itu biasakan anak untuk membaca Al-Qur’an, bahkan akan sangat baik sekali ketika anak masih dalam kandungan senantiasa anda membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an kepada anak.

5. Menanamkan rasa malu kepada anak

Yang dimaksud dengan menanamkan rasa malu disini bukan berarti rendah diri, melainkan mengajarkan kepada anak bahwa untuk selalu menjaga kesopanan. Karena memang ketika rasa malu sudah tinggi, tingkat kesopanan anak terhadap oranglain juga akan semakin tinggi. Dan tentunya hal ini harus dicontohkan langsung oleh orangtuanya.

6. Mendiskusikan masalah dan memecahkan bersama

Ketika anda mengalami suatu masalah, biasakan agar berkumpul bersama dengan keluarga dan menyampaikan masalah apa yang anda alami. Dengan begitu ketika anak mengalami permasalahan, mereka akan dengan nyama menceritakan masalah tersebut. Dan usahakan untuk memecahkan masalah sesuai dengan perpesktif agama. Karena memang semua solusi bisa didapatkan dari agama. Jadi berilah anak rujukan dan pengetahuan mengenai agama.

7. Melibatkan kegiatan social kepada anak

Kegiatan social disini sangat penting sekali untuk diterapkan kepada anak, karena memang dengan mengajak anak melakukan kegiatan social. Didalam jiwanya juga akan tumbuh rasa social terhadap sesama. Selain itu dengan melakukan kegiatan social, akan memupuk rasa cinta kasih kepada sesama yang mungkin masih kekurangan. Dan membuat anak menjad pribadi yang penuh dengan kasih sayang, baik, dan bertanggungjawab.

8. Jaga sikap anda jangan pernah menyakiti seorang anak

Hal ini seringkali dilakukan sebagian orangtua yang mungkin sedang mengalami permasalahan. Padahala seperti yang sudah kami sebutkan pada poin diatas, jika anda mengalami masalah lebih baik anda mendiskusikan dan memecahkannya bersama. Jangan sampai ketika ada suatu masalah malah anda melampiaskan hal tersebut kepada anak. Karena pada dasarnya anak tidak tahu menahu mengenai permasalah tersebut. Selain itu tindakan ini juga bisa mempengaruhi kondisi psikis dari anak, bahkan bisa mencontohnya di masa mendatang.

Itulah beberapa prinsip dan cara mendidik anak dalam Al-Qur’an, semoga informasi yang sudah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here