Home Haji & Umroh Simak 7 Fakta Ibadah Umrah Yang Wajib Anda Baca Dan Ketahui

Simak 7 Fakta Ibadah Umrah Yang Wajib Anda Baca Dan Ketahui

29
0

Safari DakwahUmrah merupakan salah satu ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT, banyak sekali keutamaan ibadah umrah sama seperti dengan apa yang sudah kami bahas pada minggu lalu. Pada dasarnya umrah sendiri sama seperti dengan haji, namun yang membedakan dalam hal ini yaitu bisa dilihat dari pelaksanaan rukun-rukunya. Selain itu untuk waktu pelaksanaanya sendiri ibadah umrah bisa dilakukan kapanpun, sedangkan untuk ibadah haji hanya dilakukan pada bulan haji saja atau bulan Dzulhijah.

Walaupun begitu banyak orang yang menganggap bahwa arti kata umrah adalah haji kecil, dan ada juga yang menganggap bahwa ibadah umrah adalah sebagai awalan untuk menunaikan ibadah haji. Pendapat tersebut tidaklah salah, karena memang pahala yang bisa kita dapatkan hampir setara ketika menunaikan ibadah haji. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa fakta ibadah umrah yang mungkin belum anda ketahui.

7 Fakta ibadah umrah yang wajib anda ketahui

Terdapat beberapa fakta ibadah umrah yang mungkin belum anda ketahui, anda penasaran? Langsung simak saja pembahasan yang akan kami sampaikan dibawah ini.

1. Thawaf

Ini merupakan salah satu rukun umrah yang wajib dilakukan, ketika anda meninggalkan rukun ini berarti ibadah umrah yang anda lakukan di anggap tidak sah. Walaupun begitu ternyata terdapat fakta dibalik rukun  umrah satu ini yang mungkin anda belum mengetahuinya. Dimana thawaf sendiri sudah ada dan dilakukan dari zaman Nabi-Nabi sebelum Nabi Ibrahim.

Untuk aktivitas Thawaf sendiri juga sama seperi Malaikat-Malaikat yang sedang berkeliling memutai Ka’bah nurani di surga. Selain itu perlu anda ketahui, bahwa Thawaf sendiri juga di simbolkan sebagai simbol penyatuan dengan gerakan alami, hal ini sama seperti dengan pergerakan bumi seisinya yang bergerak dan berputar sesuai dengan orbitnya.

2. Sa’i

Sa’I sendiri juga termasuk ke dalam salah satu rangkain kegiatan wajib yang perlu anda lakukan, karena memang sa’I termasuk dalam rukun umrah yang tidak boleh anda tinggalkan. Jika sebelumnya Thawaf sudah ada sejak sebelum Nabi Ibrahim, maka Sa’I sendiri dilakukan untuk mengenang dan mengingat istri Nabi Ibrahim yaitu Hajar. Pelaksanaan Sa’I sendiri yaitu dengan cara berlari-lari kecil dan berjalan dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah.

Mengapa hal ini disebut untuk mengenai istri Nabi Ibrahim? Yah hal ini perlu anda lakukan untuk mengenang dan mengingat begitu keras perjuangan Hajar atau istri Nabi Ibrahim dalam mencarikan air untuk anaknya yang sedang kehausan. Makna ibadah umrah yang esungguhnya dari melakukan Sa’I yaitu untuk melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan terus bekerja keras, karena Allah telah memperhitungkan segala sesuatu yang kita usahakan dengan sungguh-sungguh. Dan perlu anda ingat, bahwa tidak ada segala sesuatu yang anda perjuangkan akan sia-sia.

3. Luas Masjidil Haram

Pernahkah terbayang dalam benak anda mengenai luas Masjidil Haram? Padahalan Masjidil Haram merupakan tempat dimana anda menunaikan ibadah umrah. Perlu anda ketahui bahwa luas Masjidil Haram sekarang yaitu sekitar tiga ratus enam puluh lima ribu meter persegi. Hal ini masih bisa bertambah luas, karena pada tahun 2020 sudah dicanangkan untuk memperluas wilayah yaitu sekitar 597.257 meter persegi.

Ketika anda mengunjungi Masjidil Haram selain sedang menunaikan ibadah haji , maka area ini mampu menampung orang sebanyak 900 ribu jiwa. Tapi hal ini akan jauh berbeda ketika anda sedang menunaikan ibadah haji, karena area ini mampu menampung sebanyak 2 juta jiwa. Hal inilah yang membuat pembatasan kuota haji diberlakukan, tapi saat ini sudah di tinjaklanjuti dengan cara memperluas wilayah yang akan memungkinkan bisa menampung banyak jamaah.

4. Air Zam-Zam

Mungkin ketika mendengar air Zam-Zam sudah tidak asing lagi dengan banyaknya khasiat baik untuk kesehatan lahir dan batin. Banyak orang yang menganggap bahwa air ini adalah air ajaib yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh dokter. Dan ketika anda menunaikan ibadah umrah maupun haji, tentunya anda bisa dengan mudah mendapatkan air ajaib ini.

Walaupun dalam setiap tahunnya jutaan jamaah mengambil air ajaib ini, tapi sumber air ini tidak pernah habis. Bahkan bisa dibilang terus bertambah dan sumurnya tidak pernah kering, padahal kondisi cuaca di Kota Makkah sendiri bisa dibilang sangat kering. Fakta lainnya mengenai air ini yaitu sudah ada sejak Nabi Ibrahim, lebih tepatnya yaitu pada masa Nabi Ismail.

5. Ka’bah

Ketika anda menunaikan ibadah umrah atau haji, tentunya mengunjungi Masjidil Haram adalah suatu kewajiban untuk anda. setelah anda masuk ke dalam Masjid, anda akan melihat sebuah bangunan dengan kotak besar, yaitu Ka’bah. Perlu anda ketahui, bahwa bangunan ini dibangun oleh Nabi Adam AS, namun Ka’bah yang kita kenal sampai sekarang adalah hasil bangunan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail karena kuasa Allah SWT.

Dan saat ini Ka’bah sendiri terbuat dari granit dan marmer, untuk pintunya sendiri memiliki warna emas. Karena memang bahan yang digunakan terbuat dari emas murni seberat 280 Kg. untuk kain penghalangnya sendiri memiliki sebutan kiswah, dimana kiswah sendiri terbuat dari sutera yang tulisan kaligrafinya disulam menggunakan benang dari emas dan perak sebanyak 150 Kg.

6. Umrah dapat menghilangkan kefakiran dan kemiskinan

Perlu anda ketahui bahwa dengan menunaikan ibadah umrah, bukan berarti anda akan kehilangan banyak harta melainkan anda akan mendapatkan kemudahan rezeki dari Allah SWT. Namun dalam hal ini bukan berarti niatan anda dalam menunaikan ibadah umrah untuk jadi kaya raya, melainkan hanya Allah SWT yang akan membuat anda menjadi kaya. Untuk itu tunaikan ibadah umrah dengan niatan ikhlas dan sepenuh hati. Karena dengan niatan ikhlas tersebut akan membuat umrah anda menjadi mabrur.

7. Sebagai ampunan dosa

Fakta umrah lainnya yang perlu anda ketahui yaitu sebagai ikhtiar untuk menghapus dosa perbuatan. Ketika anda sudah menunaikan ibadah umrah satu kali, dan pada kesempatan lainnya anda memiliki kesempatan untuk menunaikannya kembali. Maka antara kedua umrah tersebut segala macam kejelekan kita akan dihapuskan, karena memang ibadah umrah sendiri adalah ibadah yang sangat muia di sisi Allah SWT.

Hal ini sudah diperjelas dalam sebuah Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim yaitu dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Antara umrah yang satu dengan umrah lainya, maka itu akan menghapuskan segala dosa diantara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasan baginya selain surga”. Untuk itu tunaikanlah umrah dengan segera ketika anda sudah memiliki kemampuan, baik dari segi materi maupun non materi.

Bagaimana sudah hilang rasa penasaran anda mengenai fakta ibadah umrah? Semoga informasi yang sudah kami sampaikan diatas bisa menambah pengetahuan anda. Dan semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here