Home Islami Sunnah Wanita Dalam Islam, Wanita Harus Masuk !

Sunnah Wanita Dalam Islam, Wanita Harus Masuk !

56
0

Safari Dakwah – Seorang perempuan yang muslimah tentu harus mengikuti aturan yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Adanya aturan yang tertera tentu tidak boleh untuk dilanggar. Jika melanggar maka akan mendapatkan ganjaran berupa dosa. Karena itu, diperlukan pemahaman yang baik mengenai sunnah bagi wanita. Sesuatu yang sudah memang tidak wajib untuk dilakukan, namun jika dilaksanakan tentu akan mendapatkan pahala. Amalan-amalan sunnah wanita yang baik tentu menjadi pilihan yang baik agar lebih berkualitas. Simak lebih jelasnya tentang sunnah wanita dalam islam.

Agama islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk dapat berbuat kepada kebaikan. Semua hal yang dimulai dari kebaikan maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Karena itu, sebaik-bainya wanita menurut islam lakukanlah hal-hal yang lebih bermanfaat dan berguna untuk hidup yang lebih baik. Sunnah yang dikerjakan bagi wanita sendiri tentu sangat baik. Allah sangat mencintai kaumnya yang kerap kali melaksanakan sunnah-sunnah yang ada. Tentu, anda harus paham mengenai sunnah wanita dalam islam.

Beberapa Sunnah Wanita Dalam Islam

Semua hal yang dilaksanakan dengan baik tentu akan menghasilkan kebaikan pula. Karena itu,senantiasa menciptakan amalan baik untuk mendapatkan ganjaran yang baik pula.

1. Betah di rumah

Sebagai wanita muslimah, hendaknya dapat dijadikan sebagai teladan dalam membuat wanita lainnya menjadi lebih paham arti kehidupan. Wanita yang baik maka disunnahkan untuk lebih betah berada di rumah. Hal ini tentu memiliki tujuan yang baik, termasuk untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat terjadi kapanpun. Hendaknya wanita yang keluar rumah hanya pada kebutuhan-kebutuhan mendesak saja. Wanita memang merupakan godaan terbesar bagi para laki-laki. Seperti di jelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al Ahzab:33 :Dari ayat diatas sudah jelas bahwa memang seharusnya wanita menjaga dirinya sendiri dari hal-hal buruk yang dapat terjadi. Tentu, ada baiknya untuk melakukan kegiatan postif yang lebih baik dirumah. Selain itu, keluar rumah sendiri dapat menyebabkan dosa jika tidak digunakan dengan baik. Sebagai contoh banyak sekali wanita yang berkumpul pada suatu tempat kemudian saling menyebarkan gosip satu dengan yang lainnya. Tentu kegiatan yang termasuk ghibah ini sangat dilarang oleh Allah. Karena itu, alangkah baiknya untuk lebih betah berada di rumah.

2. Memperpanjang ujung kain bagi perempuan

Kebanyakan muslimah masih banyak yang belum paham akan hal ini. Dimana seharusnya muslimah lebih dapat mengerti akan hal yang dapat membuat dirinya menjadi celaka. Salah satunya yaitu dengan tidak menggunakan pakaian yang sesuai pada agama islam. Gunakanlah hijab sebagai bagian yang harus melekat setiap saat. Selain itu, wanita muslimah juga disunnahkan untuk dapat memperpanjang kainnya sampai dengan sejengkal mata. Tentu hal ini merupakan sunnah dan jika dilakukan akan mendapakan pahala.

Hal seperti ini tentu harus dilakukan pemberian informasi yang jelas. Karena kebanyakan muslimah menganggap bahwa hal tersebut sangat merepotkan untuk mengerjakan keperluannya. Namun, untuk kerepotan ini tentu hanya terdapat pada awalannya saja. Jika sudah dijalankan akan menjadi lebih mudah dan senang untuk menggunakannya setiap saat. Sebaiknya, muslimah dapat menggunakan kain yang dipanjangkan sampai dengan mata kaki dengan benar. Tentu hal ini merupakan amalan yang akan diberikan ganjaran kebaikan.

3. Mewarnai kuku dengan pacar

Di jaman sekarang ini, mungkin sudah tidak banyak yang menggunakan pacar sebagai bahan untuk mewarnai kuku. Padahal, di jaman Rasulullah SAW pacar dapat digunakan untuk mewarnai kuku sebagai penanda dari membedakan tangan perempuan. Tentu penggunaan pacar pada kuku di sunnahkan oleh Rasulullah SAW. Berbeda dengan jaman yang sekarang yang sudah meninggalkan sunnah atau bahkan menggantinya dengan bahan yang dilarang.Sesungguhnya mereka yang melakukan pewarnaan pada daerah kuku namun tidak menggunakan pacar akanlah dosa. Bahan-bahan yang digunakan jelas tidak alami dan dapat membuat adanya penyumbatan pada pori-pori. Mereka yang menggunakan kuteks justru lebih mirip dengan perempuan kafir. Karena itu, sebaiknya wanita yang mulia melaksakan hal-hal yang baik.

4. Saat keluar rumah, tidak menggunakan wangi-wangian

Sesungguhnya wangi-wangian sangatlah berpengaruh terhadap rangsangan maupun pikiran dari laki-laki. Karena itu, bagi wanita yang ingin keluar rumah hendaknya tidak menggunakan wangi-wangian. Wanita yang memiliki bau harum dengan semerbak tentu akan lebih mudah digoda oleh laki-laki. Sebagaimana manusia memiliki nafsu dan harus dikontrol dengan baik. Karena itu, alangkah baiknya untuk para wanita tidak keluar rumah dengan menggunakan wangi-wangian. Hal ini memang termasuk dalam sunnah wanita yang perlu untuk dipahami.

Karena itu, sebaiknya para wanita tidak menggunakan wangi-wangian saat sedang keluar dari rumah. Gunakanlah pakaian yang sesuai dengan syar’i dan tidak melanggar aturan dalam agama islam. Tentu akan ada kebaikan yang didapatkan dari hal yang baik pula. Sesunguhnya,Allah akan meridhai manusia yang mengerjakan hal-hal baik untuk kepentingan kaumnya.

5. Mengerjakan shalat sunnah

Shalat dalam sehari harus dilaksanakan dalam 5 waktu dan tidak boleh untuk ditinggalkan. Bagi umat islam yang meninggalkan shalat maka akan mendapatkan dosa yang setimpal pula. Mengerjakn shalat fardhu memang harus dilakukan dalam kondisi apapun. Untuk menyempurnakan shalat fardhu, maka dapat dengan mengerjakan shalat sunnah. Shalat sunnah sendiri dapat membantu untuk mendekatkan diri kepada Allah serta bersyukur akan segala nikmat yang telah diberikan. Akhlak wanita muslimah dalam islam harus baik dan menjalankan kegiatan yang bermanfaat.

Dengan menjalankan shalat sunnah, maka akan lebih mudah doanya untuk dijabah. Semua orang tentu ingin doanya dijabah lebih cepat. Banyak sekali keutamaan yang diberikan dari shalat sunnah ini. Terlebih dalam menjalankan shalat tahajud yang dilakukan dalam sepertiga malam. Dimana banyak orang yang terlelap dalam tidurnya, namun anda menyempatkan diri untuk lebih bersyukur atas segala nikmat yang diberikan. Muslimah seharusnya lebih paham dan mengerti akan apa yang dapat diberikan dalam kehidupan ini. Semua amalan baik yang dilakukan dengan baik harus tetap dipertahankan.

6. Menjalankan puasa

Puasa dapat dijalankan bagi mereka yang memang ingin untuk mendapatkan pahala secara lebih. Dengan menjalankan ibadah puasa tentu akan lebih nyaman hati dan pikiran yang ada. Bagi wanita muslimah sebaiknya menjalankan ibadah puasa sebisa mungkin. Dengan berpuasa maka akan menjauhkan diri dari hal-hal buruk yang dapat terjadi. Selain itu, kegiatan yang tidak bermanfaat perlu dihilangkan seperti melakkukan ghibah dan sebagainya.

Allah SWT sangat mencintai kaumnya yang menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh. Tentu, akan selalu ada kebaikan yang senantiasa bersamanya. Muslimah sebaiknya dapat menjadi contoh dari yang lainnya untuk memberikan kualitas diri yang lebih baik lagi. Dimana seseorang dapat tergoda karena banyak faktornya. Puasa merupakan solusi terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah serta memahami betul arti kehidupan.

Beberapa sunnah wanita dalam islam diatas tentu memiliki pahala yang melimpah jika dikerjakan. Sebaiknya, manusia harus selalu lebih dapat bersyukur dan paham akan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here