Home Haji & Umroh Syarat Sah Dan Wajib Haji Yang Harus anda Perhatikan

Syarat Sah Dan Wajib Haji Yang Harus anda Perhatikan

118
2

Safari Dakwah – Ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang memiliki keutamaan di sisi Allah SWT. Dalam pelakasaan ibadah haji sendiri memuat beberapa ketentuan yang harus di penuhi, jika salah satu hal tersebut belum terpenuhi maka haji anda di anggap kurang sempurna. Walaupun begitu hal pokok yang tidak boleh anda lupakan yaitu rukun haji, dimana rukun haji adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan selama anda menuaikan ibadah haji.

Tapi pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai syarat sah dan wajib haji, karena mungkin masih banyak calon jamaah haji yang melupakan hal ini. Padahal ini merupakan perkara penting dalam ibadah haji, jika anda tidak melaksanakan salah satu dari wajib haji, maka anda harus membayar sebuah dam atau denda. Begitu juga ketika anda tidak mencukup syarat-syarat haji, maka anda tidak bisa menunainakannya. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, kami akan memberikan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian haji

Sebelum masuk ke dalam pembahasannya, ada baiknya anda mengetahui apa itu haji. Kata haji sendiri berasal dari kata benda “ hajja-yahijju-hijjun” atau dari kata sifat yaitu “hajja-yahujju-hajju”. Jika di artikan secara bahasa, haji sendiri berarti menunjungi, berziarah secara sengaja. Sedangkan untuk pengertian haji secara istilah yaitu melakukan perjalanan yang di sengaja ke tempat suci dengan niatan untuk beribadah dan mendapat keridhaan di sisi Allah SWT. Definisi lain dari haji yaitu melaksanakan rukun islam yang kelima sebagai syarat untuk menyempurnakan agama islamnya.

Syarat wajib haji

Syarat wajib haji merupakan hal-hal yang membuat seseorang wajib melakukan haji. Dengan kata lain sebelum orang tersebut berangkat ibadah haji, maka orang tersebut harus memenuhi syarat wajib haji. Nah berikut beberapa syarat wajib haji yang harus anda penuhi :

1. Islam

Sudah pasti ini menjadi syarat wajib untuk menuikan ibadah haji, karena memang haji sendiri merupakan rukun islam kelima. Dengan kata lain setiap orang yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji, maka sangat di anjurkan sekali untuk bersegera dalam melaksanakannya.

2. Berakal

Dalam agama islam sendiri juga memiliki beberapa kriteria untuk melakukan segala sesuatu, contoh gampangnya yaitu manusia yang berakal di tuntut untuk melaksanakan kewajibannya. Sedangkan untuk insan yang tidak memiliki akal, tidak di wajibkan untuk melaksanakan kewajibannya. Jadi dalam hal ini yang di insan yang berakal dan sudah mampu bisa menunaikan ibadah haji.

3. Baligh

Baligh merupakan tanda-tanda dari seseorang sudah dewasa, tentunya bagi seseorang yang sudah baligh di tuntut untuk melaksanakan kewajibannya. Seperti sholat, haji, zakat, dan rukun islam lainnya. apabila orang tersebut belum bisa memenuhi kewajiban tersebut, maka orang tersebut akan mendapatkan dosa. Karena dalam hal ini seseorang yang sudah baligh adalah orang-orang yang sudah memiliki akal pikiran lebih dewasa.

4. Merdeka

Yang dimaksud merdeka dalam hal ini yaitu anda sudah tidak terikat dengan orang lain. Karena memang pada zaman dahulu masih sering dijumpai yang namanya perbudakan, dan sampai sekarang pun masih ada yang menerapkan sistem ini. untuk itu bagi anda yang ingin menunaikan ibadah haji, maka anda harus merdeka dan bebas terlebih dahulu.

5. Mampu

Mampu di sini bisa berarti banyak hal, baik dari segi fisik, finansial, dll. Biasanya untuk bisa melakukan pendaftaran haji, anda akan di tuntut untuk menyerahkan beberapa hal, seperti melunasi pembayaran, cek kesehatan. Tentunya ini berarti anda harus mampu untuk mencukupi hal tersebut. Nah berikut beberapa syarat mampu yang harus anda penuhi :

  • Mampu dalam segi fisik, yatu memiliki biaya untuk naik haji.
  • Memiliki bekal yang cukup untuk di bawa pada saat haji.
  • Memiliki kendaraan ( hal ini sudah bisa anda dapatkan ketika mendaftar haji)
  • Aman dalam perjalanan (tentunya ini merupakan hal penting untuk bisa melakukan ibadah haji di tanah suci).
  • Bagi perempuan, alangkah baiknya bersama dengan muhrimnya paling tidak dengan seseorang yang benar-benar sudah di percaya.
  • Sehat secara jasmani maupun rohani (biasanya dalam pendaftaran haji, anda akan di suruh untuk melampirkan cek kesehatan terlebih dahulu).

Syarat sah haji

Nah setelah anda memenuhi syarat wajib haji di atas, maka pemahaman selanjutnya yang perlu anda perhatikan yaitu syarat sah dalam ibadah haji. Karena memang haji sendiri merupakan salah satu ibadah madhah, dengan kata lain harus dikerjakan dan dilaksanakan dengan apa yang sudah di contohkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini ditujukan untuk membuat haji yang anda lakukan di anggap sah secara hukum islam. adapaun syarat sah haji yaitu sebagai berikut :

  • Dilakukan dan dilaksanakan sesuai dengan batas-batas waktunya.
  • Melakukan urutan pelaksanaan haji sesuai dengan rukun dan wajib haji yang telah di tentukan.
  • Memenuhi segala macam syarat dari pelaksanaan serangkaian ibadah haji, contohnya seperti sa’i. thawaf, dan masih banyak lainnya.
  • Dilakukan dan dilaksanakan di tempat yang sudah di tentukan dalam syariat agama islam.

Wajib haji

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, jika wajib haji adalah perkara penting dan harus dilakukan selama anda menunaikan ibadah haji. Karena kalau salah satu wajib haji tidak anda lakukan, maka anda diharuskan untuk membayar dam atau denda sesuai dengan apa yang anda tinggalkan. Berikut beberapa wajib haji yang harus anda lakukan selama ibadah haji :

1. Berihram dan miqat

Wajib haji yang pertama yaitu menggunakan pakain ihram, pakaian ihram dalam hal ini adalah pakaian yang tidak menggunakan jahitan dengan balutan dua kain. Selain itu anda harus mengunjungi salah satu tempat miqat yang sudah di tentukan sambil membaca niatan untuk ibadah haji.

2. Mabbit atau bermalam di Muzdalifah

Wajib haji selanjutnya yaitu bermabbit atau bermalam di muzdalifah, dalam hal ini anda harus bermalam di muzdalifah setelah melakukan perjalanan di padang Arafah. Minimal waktu bermalam yang harus anda tempuh yaitu sesudah waktu tengah malam, dan idealnya anda bisa sampai dengan waktu shubuh.

3. Melempar jumrah aqabah

Melempar jumrah di sini di artikan sebagai perlambang untuk membuang diri anda dari jeratan setan. Dan dalam hal ini melempar jumrah aqabah adalah hal wajib yang harus anda lakukan selama beribadah haji. Dimana pelaksanaan dari pelemparan jumrah ini yaitu pada tanggal 10 Dzulhijah di Mina, atau setelah anda bermalam di Muzdalifah.

4. Melempar jumrah di hari Tasyrik

Setelah anda melakukan lemparan jumrah aqabah pada tanggal 10 Dzulhijah, maka pada hari-hari tasyrik yaitu tanggal 11, 12, 13 anda juga di wajibkan untuk melempar tiga buah jumrah. Idealnya setelah tergelincir matahari atau pada waktu dhuhur.

5. Bermalam di Mina

Sleanjutnya yaitu bermalam di Mina, hal ini dilakukan ketika anda ingin melakukan pelemparan jumrah.

6.Thawaf Wada’a

Ini merupakan salah satu wajib haji yang terakhir, dimana thawaf ini ditujukan untuk mengucapkan perpisahan ke Baitullah setelah melakukan serangkaian ibadah haji.

7.Menjauhkan diri dari segala larangan haji yang sudah di tentukan.

Nah itulah beberapa syarat sah dan wajib haji yang harus anda perhatikan selama menunaikan ibadah haji. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda.

 

 

2 COMMENTS

  1. Haji merupakan ibadah rukun islam yang kelima. Ibadah ini merupakan ibadah yang harus komplit dimiliki oleh seorang muslimin muslimat, baik segi ilmu, tenaga (fisik), waktu, dan terutama biaya. Oleh karena itu, sebaiknya dalam artikel dilengkapi dengan Syarat-Syarat Yang Membatalkan Ibadah Haji, agar dapat mendapatkan Haji yang Mabrur dan Mabruroh.. Amin,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here