Home Religi Kisah Inspirasi Tahukah Anda Pentingnya Hari Jumat?

Tahukah Anda Pentingnya Hari Jumat?

153
0

Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Keutamaan Hari Jumat

Bagi umat Islam, hari Jumat merupakan hari yang paling baik. Mengapa hari Jumat lebih diistimewakan? Tentu umat Islam memiliki alasan mendasar dimana dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Muhammad SAW berkata bahwa:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Tak heran, sebagian besar umat Muslim yang mengadakan berbagai acara keagamaan selalu dibuat pada hari Jumat. Secara mendasar pun, hari Sabtu merupakan hari istimewa orang Yahudi, mereka menyebutnya “Sabat”. Sedangkan hari Minggu merupakan hari istimewa orang Nasrani, mereka biasanya mengadakan kebaktian.

Sering kita mendengar “Jumat Berkah”, karena memang ada sholat Jumat bagi kaum mukmin untuk mendengar khutbah atau nasehat. Bahkan banyak pendapat yang mengatakan bahwa acara 212 di Jakarta tak lepas dari pemakaian hari Jumat sebagai hari besar tersebut.

Dikutip dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW berkata:

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy ra bahwa Rasulullah SAW berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

Berdasarkan penggalan tersebut, tak heran bahwa umat Islam yang meninggal hari Jumat biasanya dianggap sebagai orang yang baik atau pilihan. Keutamaan hari Jumat memang menjadi salah satu khas bagi umat Islam.

Jumat merupakan hari pendek dimana biasanya acara kantor dan sekolah selalu dihentikan sebelum mendengar azan Sholat Jumat. Sebagian besar instansi juga mengadakan acara keagamaan ketika hari Jumat seperti mengaji bersama atau pun istigozah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here