Home Islami Tata Cara Berdoa Setelah Shalat Wajib

Tata Cara Berdoa Setelah Shalat Wajib

162
0

Safari Dakwah Agama islam mewajibkan kepada kaumnya untuk dapat melaksanakan shalat wajib dengan kondisi apapun. Shalat wajib jika ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa. Dengan kata lain harus dikerjakan dengan benar dan sesuai pada waktunya. Shalat wajib yaitu dilaksanakan dalam 5 waktu meliputi shubuh, dhuzhur,ashar,maghrib dan isya. Semuanya harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada. Allah sangat mencitai mereka yang mengerjakan shalat dengan benar. Setelah shalat, tentu dapat melakukan doa dengan cara yang benar. Berikut tata cara berdoa setelah shalat wajib.

Keutamaan dari shalat sendiri sangatlah banyak sekali. Justru, saat anda meninggalkan shalat maka akan terdapat banyak hal buruk yang bisa terjadi. Dengan mengerjakan shalat, maka anda mewujudkan rasa bersyukur akan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Setelah shalat, dapat melakukan doa yang berguna untuk dijabah apa yang diinginkan. Memintalah hanya kepada Allah, terlebih mengenai pertolongan dalam menjalani kehidupan ini. Sesungguhnya Allah maha mengetahui segala yang terjadi dalam kehidupan ini. Simak lebih lengkapnya tata cara berdoa setelah shalat wajib.

Tata cara Berdoa setelah shalat wajib lengkap

Terdapat langkah-langkah berdoa setelah shalat yang tepat dan digunakan untuk berdoa setelah melaksanakan shalat wajib. Simak lebih lengkapnya ada dibawah ini.

1. Dianjurkan untuk menghadap kiblatSama halnya saat sedang melakukan shalat, maka untuk berdoa pun sangat dianjurkan untuk menghadap ke arah kiblat. Kiblat merupakan pedoman umat muslim untuk melaksanakan ibadahnya. Dengan menghadap ke kiblat, maka doa yang dipanjatkan semakin lebih tertuju dan mudah untuk dijabah. Banyak orang yang masih belum paham akan hal ini dan menganggapnya sepele. Padahal, langkah ini sebagai awal untuk doa anda yang semakin mudah diterima oleh Allah SWT. Bagaimana mungkin seseorang yang tidak menghargai ingin dihargai?

Karena itu, alangkah baiknya untuk mulai memiliki sifat yang baik terlebih mengenai agama islam. Islam selalu mengajarkan kepada setiap umatnya untuk dapat berbuat hal-hal yang lebih baik. Bahkan, untuk berdoa pun harus dengan baik dan dilakukan secara khusuk menghadap ke arah kiblat. Lakukan doa dengan sungguh-sungguh dan memohon hanya kepada Allah SWT. Selain itu, tetaplah berusaha akan apa yang sedang di cita-citakan.

2. Mengangkat kedua tanganPada langkah selanjutnya, maka harus mengerti bagaimana kedua tangan tersebut untuk berdoa. Pada saat sedang melakukan doa maka harus mengangkat kedua tanggan pada posisi yang terbuka. Posisi ini dilakukan pada tepat depan dada dan berada pada pertangahan dada diri sendiri. Lakukan dengan posisi yang niat dan bersungguh-sungguh. Perhatikan bahwa posisi tangan telah benar dan sesuai pada prosedurnya. Dengan posisi yang benar, bukan tidak mungkin untuk membuat diri anda menjadi lebih nyaman dan aman dalam berdoa.

Saat sedang melakukan berdoa, tentu rasa nyaman dan aman menjadi pilihan yang cukup baik. Diri yang nyaman akan semakin mudah untuk berdoa meminta dan memohon ampunan dari Allah SWT. Sesungguhnya, Allah maha mengetahui apa yang digelisahkan oleh manusia. Maka, Allah merupakan tempat paling tepat untuk menyampaikan segala keluh dan kesah dalam menjalani kehidupan ini. Tentu, akan terdapat solusi yang diberikan olehNYA.

3. Bentuk tangan

Dalam melakukan doa khusyuk memang terdapat beberapa bentuk tangan yang umum diilihat. Sebenarnya untuk bentuk tangan sendiri tidak terlalu direpotkan. Yang terpenting ayitu seberapa nyaman anda melakukannya. Karena, dari kenyamanan itu tentu akan terdapat kemudahan dalam segala hal dalam melakukan doa. Beberapa bentuk ini mungkin dapat untuk anda coba :

  • Kedua telapak tangan membuaka namun tidak saling menempel. Kemudian, terdapat celah diantara keduangan namun tidak harus diarahkan mengarah ke langit.
  • Bentuk lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengarahkan tanggan ke langit dan punggun tangan berada ke arah bumi. Untuk bentuk tangan seperti ini dapat ditempelkan ataupun tidak.
  • Telapak dari tangan megarah ke langit dengan pungung tangan ke bumu. Kemudian keduanya di tempelkan.
  • Selain itu,dapat jugua dengan menutupkan telapak tangan dengan kedua punggung tangan serta menghadap ke kiblat.

4. Membaca doa yang baik

Sesuatu yang baik tentu akan mudah untuk dikabulkan jika Allah SWT mengijinkanya. Karena itu, dalam menyampaikan doa hendaknya untuk membaca hal-hal yang baik. Berdoa dengan hal-hal yang baik akan diberikan kemudahan oleh Allah. Barang siapa yang menanam kebaikan maka akan diberikan pula hasil yang baik. Dalam menjalani kehidupan ini, alangkah baik untuk dapat berkomunikasi satu sama dengan yang lainnnya lebih dekat lagi. Manusia merupakan makhluk sosial yang harus hidup secara bersama-sama.

Hendaknya, seseorang melakukan doa mujarab untuk yang baik dan sesuai pada tujuanya. Termasuk kepada orang tua maupun keluarga yang dicintai. Doa yang baik tentu akan memberikan hasil yang baik pula utuk kehidupan saat ini. Semua ornaang tentu ingin hidupnya berjalan lebih baik. Islam mengajarkan seseorang untuk hidup dengan baik dan tidak saling melakukan keburukan. Sesungguhnya, hal yang baik akan sangat baik pula hasilnya. Jangan sia-siakan waktu yang ada untuk berbuat buruk. Manfaatkan waktu untuk selalu memberikan yang terbaik.

5. Memuji Allah Serta Shalawat kepada Rasulullah

Manusia sebagai tempat salah tentu harus memohon dan meminta ampunan hanya kepada Allah. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rahmat kepada semua manusia untuk dapat beraktivitas dengan lebih baik. Manusia harus selalu meminta ampunan karena memang terkadang tidak merasa memiliki salah. Meskipun begitu, mungkin saja anda merasa dan ternyata justru orang lain yang terasa. Hal ini harus segera di hindarkan dengan cara meminta ampunan kepada Allah SWT.

Selain itu, doa yang lebih ampuh engan melakukan shalawat kepada pada Rasul Allah. Dengan melakukan shalawat maka mempercayai sekaligus menerima ajaran yang telah diberikan. Allah sendiri memberikan ketentuan kepada umatnya untuk dapat menaati aturan yang sudah ada. Jika di langgar, sudah pasti akan mendapatkan dosa yang besar. Ada baiknya untuk tidak berbuat kesalahan yang besar.

6. Tangan kembali pada posisi semula

Masih banyak masayarakat yang belum paham bagaimana proses setelah selesai memanjatkan doa. Cara terakhiryang dilakukan yaitu dengan mengembalikan posisi tangan pada posisi semula tanpa mengusapkan kepada wajah. Cukup dengan langsung saja dan tidak perlu diusapkan pada wajah. Hal ini tentu memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Namun hadits yang paling maqbul berbunyi :

Begitulah ulasan lengkap mengenai tata cara berdoa setelah shalat wajib yang wajib untuk anda lakukan. Doa setelah shalat memiliki banyak sekali keistimewaan. Karena , dengan menggunakan prosedur yang benar akan snagat membantu untuk menyampaikan doa kepada Allah SWT. Semoga artikel diatas bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here