Home Haji & Umroh Tips Memilih Biro Umrah Yang Wajib Anda Baca Sebelum Berangkat Umrah

Tips Memilih Biro Umrah Yang Wajib Anda Baca Sebelum Berangkat Umrah

166
0

Safari DakwahTips memilih biro umrah adalah hal penting dan pertama yang perlu anda perhatikan, karena layanan tersebutlah yang akan menjamin kelancaran anda dalam menjalankan ibadah umrah. Terlebih saat ini ibadah umrah sendiri sudah sangat populer kian menunggu waktu haji yang cukup lama. Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin berumrah, tentunya sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika banyak perusahaan yang memberikan pelayanan jasa travel umrah.

Tapi perlu di ingat bahwa tidak semua perusahaan tersebut sudah diberi izin resmi dari Kementrian Agama, untuk itu kita perlu hati-hati dalam memilih biro perjalanan umrah. Karena memang perusahaan inilah yang akan membantu kita dalam menjalan ibadah umrah, baik untuk persiapan keberangkatan sampai dengan kegiatan ibadah umrah kita di tanah suci. Agar anda tidak salah pilih memilih agen Travel umrah, berikut akan kami berikan beberapa tips memilih biro umrah.

Tips Memilih Biro Umrah Yang Wajib Anda Baca Sebelum Berangkat Umrah

Terdapat beberapa tips memilih biro umrah yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan tersebut. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Pilihlah Travel resmi yang sudah terdaftar di kementrian Agama

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan dalam memilih sebuah layanan Travel umrah adalah dari segi perizinan. Untuk perizinan ibadah umrah sendiri tentunya akan di tangani langsung oleh Kementrian Agama. Dan untuk bisa mendapatkan izin resmi dari Kemenag, biasanya layanan tersebut harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh Kemenag yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki surat izin tetap untuk usaha pariwisata
  • Memiliki tanda daftar perusahaan
  • Memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan
  • SK Menteri Kehakimah dibuktikan dengan Akta pendirian perusahaan
  • Surat keterangan domisili perusahaan
  • SK Depag sebagai penyelenggara ibadah haji dan umrah
  • Sertifikat anggota Amphuri
  • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI.

Untuk itu pilihlah biro perjalanan haji dan umrah yang resmi dan sudah terdaftar di Kemenag.

2. Periksa alamat kantor travel

Saat ini semua informasi bisa anda dapatkan dengan mudah secara online, begitu juga untuk pemesanan dan booking perjalanan umrah juga bisa dilakukan secara online. Dalam hal in anda perlu hati-hati sekali dalam memilih Travel umrah, karena masih banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dalam mengambil keuntungan tersebut. Untuk itu akan lebih baik jika anda datang langsung ke alamat kantor travel, dengan demikian travel yang anda pilih bisa dipercaya.

3. Perhatikan track record dan jejaknya

Sebuah layanan perusahaan biro umrah yang baik, tentunya memiliki jejak yang baik pula dalam hal menangani ibadah umrah. Dalam hal ini anda juga perlu memperhatikan rekam jejak dari perusahaan tersebut, yaitu bisa dengan cara melihat kapan perusahaan tersebut di dirikan. Tentunya dengan pendirian perusahaan yang sudah lama akan memiliki banyak pengelaman dalam hal melayani calon jamaah umrah.

Selain itu perhatikan juga sudah berapa kali perusahaan tersebut memberangkatkan calon jamaah untuk umrah, semakin sering dan rutin perusahaan tersebut melakukan pemberangkatan umrah. Maka hal tersebut bisa membuktikan bahwa perusahaan tersebut memiliki nilai kredit yang bagus. Dengan nilai kredit yang bagus tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi akan pelayanan yan memuaskan.

4. Jangan tergiur dengan harga murah

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menawarkan harga umrah sangatlah murah. Padahal perlu anda ketahui, bahwa travel tersebutlah yang paling banyak melakukan penipuan. Nah dalam hal ini anda perlu memwaspadai hal tersebut dan jangan sampai anda tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Karena memang hal tersebut hanyalah permainan dari perusahaan tidak bertanggung jawab dalam mengambil keuntungan.

5. Mengecek kembali fasilitas yang diberikan

Sebuah travel umrah yang baik, biasanya akan terbuka dalam menyampaikan fasilitas apa saja yang akan diberikan kepada calon jamaah umrah. Selain itu travel umrah yang baik juga akan memberikan penjelasan fasilitas apa saja yang harus dibayar sendiri oleh jamaah umrah. Dalam hal ini penting sekali agar anda memperhatikan dan mengecek ulang fasilitas yang akan diberikan oleh travel umrah. Dengan mengecek fasilitas yang akan diberikan anda tidak lagi merasa kecewa.

6. Cek cara pembayaran

Tips memilih biro umrah selanjutnya yaitu dengan cara mengecek cara pembayaran yang diberikan oleh travel umrah. Biasanya untuk sebuhah travel umrah yang resmi dan mendapat izin dari Kemenag akan menggunakan perbankan sebagai alat transaksinya. Untuk itu pastikan bahwa travel umrah yang nantinya akan anda pilih sudah memiliki rekening bank atas nama perusahaan bukan atas nama pribadi.

Dalam hal ini anda perlu hati-hati dengan perusahaan biro umrah nakal yang meminta melakukan pembayaran menggunakan rekening pribadi. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya penipuan. Karena memang saat ini sudah marak sekali penipuan-penipuan mengatasnamakan sebuah instansi untuk kepentingan pribadi. Dan untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi yaitu dengan cara mengecek alat transaksi yang digunakan.

7. Dapatkan informasi dari berbagai sumber

Sebelum anda memilih dan memutuskan untuk menggunakan biro umrah, ada baiknya anda menggali informasi terlebih dahulu seputar travel umrah tersebut. Anda bisa bertanya kepada kerabat atau teman anda yang sudah pernah melakukan perjalan umrah atau bisa juga bertanya kepada teman yang memiliki kenalan perusahaan travel umrah. Tanyakannlah informasi sebanyak mungkin seputar travel umrah, baik dalam bidang fasilitas yang diberikan, atau pelayanan dari travel umrah tersebut.

8. Pembimbing pada saat ibadah umrah

Hal ini juga tidak kalah pentingnya dan harus anda perhatikan, karena memang keberadaan dari pembimbing ibadah umrah sendiri sangatlah membantu sekali bagi jamaah. Dengan adanya pembimbing tersebut, tentunya akan memberikan tata cara umrah yang baik. Selain itu pembimbing umrah juga akan selalu mengingatkan kepada anda agar berbuat kebaikan. Untuk itu pastikanbahwa travel umrah yang anda pilih nantinya sudah menyediakan pembimbing umrah yang akan menemani ibadah umrah anda di tanah suci.

9. Jangan pilih travel umrah yang menjanjikan keberangkatan

Seperti yang kita ketahui salah satu contoh beda haji dan umrah bisa dilihat dari waktu pelaksanaanya. Jika haji dilakukan hanya setahun sekali,tapi lain halnya dengan ibadah umrah yang bisa dilakukan kapanpun. Untuk itu penting sekali agar anda memperhatikan layanan biro umrah yang anda pilih. Dan jangan pilih travel umrah yang menjanjikan keberangkatan terlalu lama, terlebih anda sudah melunasi semua persyaratan yang dibutuhkan. Karena hal tersebut akan sangat beresiko sekali terhadap batalnya pelaksaan ibadah umrah dan menghindari terjadinya penipuan.

Jadi itulah beberapa tips memilih biro umrah yang sangat penting sekali untuk selalu anda perhatikan. Karena travel umrah yang baik juga akan mendukung kegiatan anda selama menunaikan ibadah umrah di tanah suci. Untuk itu pilihlah travel umrah yang sudah memenuhi kriteria diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here