Wajibkah Seorang Ibu Menyusui Anaknya?

 

Menyusui Buah Hati, Apakah Sebuah Kewajiban?

Banyak wanita yang mengharuskan dirinya untuk menyusui anaknya. Baik itu menyusuinya secara langsung atau pun melalui pompa. Tapi banyak ibu yang tidak menyusui anaknya lantaran beberapa faktor.

Faktor yang membuat para ibu tidak mau menyusui anaknya ialah karena bayinya tidak doyan ASI sejak kecil. Biasanya bayi yang merasakan formula ketika lahir kemudian tidak menyukai air susu ibunya sendiri. Kemudian faktor karena ASI tidak keluar atau pun alasan ibu yang sibuk berkarier.

Tentunya kita perlu menelaah ini dengan dasar pandangan Islam yaitu sebagai berikut:

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” [Al Baqarah 233]

Menurut surah Al Baqarah 233 tersebut sudah dijelaskan bahwa memang wajib hukumnya seorang ibu menyusui anaknya sampai anak usia 2 tahun. Sekalipun berbagai faktor yang mungkin bisa menghambat, tentunya bisa diminimalisasi dengan cara yang lain.

Tentunya alasan tidak bisa menyusui bisa diupayakan dengan baik dengan meminum nutrisi agar ASI bisa keluar secara deras atau pun dengan cara yang lain. Terlebih jika alasannya karena sibuk, sang ibu bisa mensiasati untuk memompa air susunya sehingga anak tetap terjaga nutrisinya walaupun ibu harus terpaksa mencari rezeki atau memiliki kesibukan lain.

Anak merupakan anugerah terindah yang dititipkan kepada seorang ibu. Tentu wajib hukumnya untuk memberikan anak ASI dan kasih sayang. Anak merupakan asset bangsa karena akan menduduki posisi penting bagi nusa dan bangsa di kemudian hari.